Kapan Ganti Oli Mesin Diesel Yang Sempurna ?

automotiv - kendaraan beroda empat bermesin diesel ketika ini makin diminati, hal ini selain lantaran tenaga nya yang lebih baiklah dibandingkan dengan kendaraan beroda empat bermesin bensin, biaya penerapan/pembelian materi bakar pun terbilang lebih murah. Hal ini dapat dibilang masuk akal mengingat harga solar itu sedikit lebih murah bila dibandingkan dengan harga bensin.

Maka dari itu kendaraan beroda empat bermesin diesel ini sangat pas dipakai sebagai mobil pengiritan. Lalu gimana ya soal biaya perawatan kendaraan beroda empat diesel dibandingkan dengan biaya perawatan kendaraan beroda empat bermesin bensin ?

 kendaraan beroda empat bermesin diesel ketika ini makin diminati Kapan Ganti Oli Mesin Diesel Yang Tepat ?


Untuk biaya perawatan tampaknya kendaraan beroda empat bermesin bensin sedikit lebih unggul dibandingkan dengan ongkos merawat mesin diesel. Hal ini disebabkan lantaran hampir rata - rata kendaraan beroda empat bermesin diesel ini rawan terhadap kebocoran atau rembes oli jawaban saking tinggi nya kompresi serta suhu mesin.

Selain rawan akan kebocoran di area mesin, kendaraan beroda empat bermesin diesel ini juga lebih boros dalam hal penerapan oli mesin. Dimana bila kendaraan beroda empat bermesin bensin dapat melakukan penggantian oli tiap 10.000km, maka untuk kendaraan beroda empat bermesin diesel dianjurkan untuk mengganti oli nya tiap kelipatan 5000km. Atau dengan kata lain ongkos pembelian oli mesin kendaraan beroda empat diesel ini dua kali lipat dari kendaraan beroda empat bensin.

Terus katanya ketika ini untuk kendaraan beroda empat bermesin diesel sudah ada produsen oli yang mengklaim dengan produk mereka, kita dapat melakukan penggantian oli mesin layaknya kendaraan beroda empat bensin, yaitu tiap kelipatan 10.000km. Makara dengan menggunakan oli tersebut dapat donk biaya beli oli dapat sama atau setara dengan kendaraan beroda empat bensin ?

Nah untuk yang satu ini sebaiknya saya masukankan tetap melakukan penggantian oli mesin tiap kelipatan 5.000km saja apapun promo yang di klaim oleh pabrikan oli tersebut. Kenapa demikian ? Karena kendaraan beroda empat bermesin diesel ini saat proses pembakaran akan menghasilkan karbon yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan beroda empat bermesin diesel. Bahkan saking banyaknya terkadang karbon sisa pembakaran ini ikut keluar melalui knalpot berupa serbuk dan asap tebal.

melaluiataubersamaini banyaknya karbon yang dihasilkan oleh mesin diesel, sudah tentu pasti oli mesin akan cepat sekali kotor. Jika tidak segera diganti dengan interval yang lebih pendek tentunya akan berakibat kurang baik terhadap mesin kendaraan beroda empat bukan ?

Sebagai catatan kecil, tiruanrah dan setidak populer apapun brand oli yang kalian gunakan, bila kalian rutin melakukan penggantian oli mesin kendaraan beroda empat diesel keakunganmu, dapat dipastikan mesin akan senantiasa abadi dan terjaga dari kerusakan fatal.

Beberapa pengguna kendaraan beroda empat diesel jadul ibarat kijang diesel maupun Isuzu panther malah ada yang mengganti oli mesin mereka lebih cepat lagi di kelipatan 4.000km hingga 4.500km an loh.

Nah supaya sedikit gosip terkena kapan waktu sempurna ganti oli mesin diesel diatas dapat mempunyai kegunaan buat kalian, salam otomotif.




Tag : oli mesin
0 Komentar untuk "Kapan Ganti Oli Mesin Diesel Yang Sempurna ?"

Back To Top