Sebab mesin ngelitik rpm rendah - knocking atau yang umum di sebut dengan istilah ngelitik yaitu suatu kondisi dimana mesin kendaraan beroda empat mengalami proses pembakaran yang tidak normal ibarat yang seharusnya. Ciri kendaraan beroda empat mengalami ngelitik ini sanggup anda rasakan ketika menginjak gas dalam dalam kemudian melepaskannya, anda akan mendengar suara yang kurang begitu lezat didengar, serta mesin kendaraan beroda empat yang terasa bergetar.
Gejala ngelitik atau knocking ini sanggup terjadi baik pada kendaraan beroda empat renta / klasik, ataupun kendaraan beroda empat yang bahkan gres beli dari dealer sanggup mengalami hal ini. Ada dua tanda-tanda ngelitik yang biasanya terjadi pada mesin mobil, yang pertama yaitu ngelitik disaat rpm mesin rendah, dan yang kedua yaitu ngelitik disaat rpm mesin kendaraan beroda empat sedang tinggi. Namun pada artikel kali ini kami akan serius mengulas terkena faktor penyebab kenapa mesin kendaraan beroda empat ngelitik di rpm rendah.
Gejala ngelitik atau knocking ini sanggup terjadi baik pada kendaraan beroda empat renta / klasik, ataupun kendaraan beroda empat yang bahkan gres beli dari dealer sanggup mengalami hal ini. Ada dua tanda-tanda ngelitik yang biasanya terjadi pada mesin mobil, yang pertama yaitu ngelitik disaat rpm mesin rendah, dan yang kedua yaitu ngelitik disaat rpm mesin kendaraan beroda empat sedang tinggi. Namun pada artikel kali ini kami akan serius mengulas terkena faktor penyebab kenapa mesin kendaraan beroda empat ngelitik di rpm rendah.
Faktor penyebab mesin kendaraan beroda empat ngelitik di rpm rendah
1. Saenteng udara sudah kotor
Fungsi dari saenteng udara yaitu untuk menyaring segala macam benda ajaib yang terhisap pada ketika mesin melaksanakan langkah hisap, semoga nantinya tidak ikut masuk kedalam ruang mesin. Kotornya saenteng udara ini akan menjadikan pasokan udara yang masuk kedalam ruang bakar menjadi kurang sehingga timbul tanda-tanda ngelitik. Untuk mengatasi hal ini anda sanggup secara rutin memmembersihkankan saenteng udara dengan menyemprotkan udara bertekann, namun kalau kondisi saenteng sudah sangat kotor sebaiknya diganti dengan elemen yang baru.Baca juga : Pengertian rasio kompresi pada mesin kendaraan
2. Banyaknya karbon di intake manifold
Banyaknya karbon yang bermasukang di pecahan intake manifold mesin tentunya akan menghambat pedoman udara yang akan masuk kedalam ruang bakar, sehingga komposisi adonan udara dan materi bakar menjadi kurang ideal sehingga memicu terjadinya ngelitik. Untuk mengatasi karbon yang menumpuk di pecahan intake manifold, anda sanggup rutin memmembersihkankannya dengan memakai cairan karbon cleguar.3. Kotornya sensor ISC mesin mobil
Sensor ISC yaitu sebuah sensor yang biasanya ditanam atau menjadi satu dengan throttle body. Jika sensor ISC ini hingga kotor sanggup menjadikan komputer kendaraan beroda empat tidak sanggup mengontrol seberapa banyak pasokan udara yang harus disuplay kedalam ruang mesin. Dan tentu saja efeknya akan membuat mesin kendaraan beroda empat menjadi ngelitik. Untuk mengatasi hal ini anda sanggup memmembersihkankan ISC mesin kendaraan beroda empat dengan memakai pemmembersihkan semacam WD-40 maupun foaming.4. Setelan pengapian mesin terlalu rendah
Menyetel pengapian mesin yang terlalu rendah juga sanggup menjadikan mesin kendaraan beroda empat jadi ngelitik ketika berada di rpm rendah. Untuk mengatasi hal ini anda sanggup menaikkan / memajulan sedikit derajat pengapian semoga tanda-tanda ngelitik di rpm rendah ini menghilang.Baca juga : Ini bedanya ngelitik di mesin diesel dan mesin bensin
Tag :
engine,
problem mobil
0 Komentar untuk "Penyebab Mesin Kendaraan Beroda Empat Ngelitik Di Rpm Rendah"