Plus minus kopling motor - salah satu komponen penting yang ada pada kendaraan bermotor yakni kopling, dimana komponen ini mempunyai fungsi penting untuk memutus dan menyambungkan putaran mesin menuju transmisi sebelumnya diteruskan pada gear penggerak.
Tanpa adanya komponen kopling ini tentu saja perpindahan gigi transmisi motor tidak akan sanggup berjalan dengan mulus.
Untuk jenis kopling pun bermacam macam, mulai dari kopling gesek, kopling magnet, kopling sentrifugal sampai ada juga jenis kopling fluida, namun kebanyakan kendaraan roda dua yang beredar mengaplikasikan kopling jenis gesek atau plat.
Untuk model kopling gesek ini masih dibagi lagi kedalam dua jenis yaitu kopling berair dan kopling kering. Dinamakan kopling berair ini alasannya yakni letak dan posisinya berada didalam mesin motor dan ikut terendam oleh oli mesin, sedangkan untuk kopling kering ini posisinya diluar kolam mesin dan tidak ikut terendam oleh oli.
Dari masing masing jenis kopling diatas tentunya mempunyai kelebihan serta belum sempurnanyanya masing masing, nah diantara kelebihan dan belum sempurnanya dari masing masing jenis kopling diatas ialah sebagai diberikut :
Karena kampas kopling berair ini terlumasi oleh oli mesin, menjadikan kendala gesek pada kopling menjadi kurang sehingga untuk efektifitas jauh lebih efektif kopling kering.
Nah itulah tadi sedikit klarifikasi terkena kelebihan dan belum sempurnanya antara kopling berair dan kopling kering sepeda motor. Semoga bermanfaa dan salam otomotif.
Tanpa adanya komponen kopling ini tentu saja perpindahan gigi transmisi motor tidak akan sanggup berjalan dengan mulus.
Untuk jenis kopling pun bermacam macam, mulai dari kopling gesek, kopling magnet, kopling sentrifugal sampai ada juga jenis kopling fluida, namun kebanyakan kendaraan roda dua yang beredar mengaplikasikan kopling jenis gesek atau plat.
Untuk model kopling gesek ini masih dibagi lagi kedalam dua jenis yaitu kopling berair dan kopling kering. Dinamakan kopling berair ini alasannya yakni letak dan posisinya berada didalam mesin motor dan ikut terendam oleh oli mesin, sedangkan untuk kopling kering ini posisinya diluar kolam mesin dan tidak ikut terendam oleh oli.
Baca juga : Tips mengatasi tuas kopling motor yang keras
Dari masing masing jenis kopling diatas tentunya mempunyai kelebihan serta belum sempurnanyanya masing masing, nah diantara kelebihan dan belum sempurnanya dari masing masing jenis kopling diatas ialah sebagai diberikut :
Kelebihan kopling basah
Kelebihan kopling berair yakni ada pada tingkat keausan kopling yang lebih rendah dibandingkan dengan kopling kering, alasannya yakni pada kopling berair terdapat oli yang melumasi sehingga keausan sanggup diminimalisir.Kekurangan kopling basah
Kekurangan dari kopling berair yang pertama yakni problem slip kopling, hal ini sanggup terjadi karena kualitas oli mesin yang mungkin kurang cantik atau jarang dilakukan pengantian. Atau dengan kata lain oli mesin sangat besar lengan berkuasa terhadap performa kopling motor.Karena kampas kopling berair ini terlumasi oleh oli mesin, menjadikan kendala gesek pada kopling menjadi kurang sehingga untuk efektifitas jauh lebih efektif kopling kering.
Kelebihan kopling kering
Karena kopling kering ini bekerja tanpa pelumasan oli menciptakannya tidak akan menjadikan slip kecuali kalau kampasnya memang sudah aus. melaluiataubersamaini kondisi menyerupai ini tentu saja daya cengkram dari kopling kering lebih akrab dan lebih cantik dibandingkan dengan kopling basah.Kekurangan kopling kering
Kampas kopling kering ini lebih cepat aus alasannya yakni tidak adanya pelumasan menyerupai yang terjadi pada jenis kopling berair sehingga penggantian kampas kopling lebih sering terjadi pada kopling kering dibandingkan dengan kopling berair kalau ketebalan kampas diasumsikan sama.Baca juga : Nih ciri umum kampas kopling motor mulai aus
Nah itulah tadi sedikit klarifikasi terkena kelebihan dan belum sempurnanya antara kopling berair dan kopling kering sepeda motor. Semoga bermanfaa dan salam otomotif.
Tag :
kopling,
tips motor
0 Komentar untuk "Kelebihan Kekurangan Kopling Lembap Vs Kopling Kering Motor"