Penyebab Kiprok Motor Rusak

Penyebab kiprok rusak - kiprok atau dalam bahasa teknisnya disebut regulator yaitu salah satu komponen penting yang ada pada sepeda motor, alasannya bila kiprok motor ini hingga rusak akan menjadikan aneka macam duduk kasus pada kuda besi kita. Mulai dari lampu - lampu motor yang sering putus, motor jadi susah starter bahkan hingga duduk kasus pada sistem pembakaran mesin.


Fungsi kiprok sepeda motor

Secara teknis fungsi dari kiprok atau regulator ini yaitu sebagai pembatas, pengatur dan pembagi sistem kelistrikan pada kendaraan roda dua. Umumnya kiprok ini mempunyai 2 buah jalur kelistrikan yakni satu jalur untuk kelistrikan AC yang biasanya disalurkan untuk menyalakan lampu utama ( walaupun ketika ini banyak yang sudah memakai jalur DC ), dan sisanya yaitu untuk jalur kelistrikan DC yang dipakai untuk pengisian aki, pompa materi bakar, lampu - lampu kecil ibarat lampu sein dan lain sebagainya.

Jika hingga kiprok ini rusak, maka akan menjadikan pengisian listrik menuju aki menjadi terganggu alias tidak bisa mengisi aki dengan baik. Bisa dipastikan bila aki tidak terisi dengan baik, sedangkan energi listrik didalamnya tetap dipakai untuk proses pembakaran, usang kelabuaan akan habis sehingga motor pun akan mogok di jalan.

Baca juga : Yuk berguru ihwal kelistrikan sepeda motor disini

Penyebab kiprok motor rusak

Adapun penyebab kenapa kiprok motor bisa hingga rusak biasanya dikarenakan kiprok tersebut mengalami overheating. Ketika kiprok motor bekerja mengubah aurs AC menjadi DC tentu saja akan menghasilkan gerah. Semakin anda sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, maka kinerja kiprok pun akan semakin berat serta gerah yang dihasilkan pun akan semakin tinggi.

Karena menghasilkan gerah ketika bekerja inilah kenapa pada penggalan kiprok terdapat kisi kisi / sirip yang dipakai untuk memmembuang gerah. Bila gerah yang dihasilkan oleh kiprok tidak bisa didinginkan dengan baik, tentu saja kiprok akan mengalami overheating dan rusak.

Selain faktor penerapan sepeda motor, kualitas dari kiprok tersebut juga akan mensugesti tingkat keawetannya. Kiprok yang kualitasnya buruk pastinya akan praktis sekali rusak.

Baca menarikdanunik lainnya : Masalah yang siap mengintai anda bila kiprok hingga rusak

Nah sedikit tips semoga kiprok anda tetap awet, pastikan posisi kiprok tersebut dialiri oleh udara sehingga pendinginan sanggup diterbaikkan dengan baik. Kemudian tidakboleh sering sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, lantaran selain sanggup menjadikan umur kiprok pendek juga ancaman terhadap keselamatan.

Dan untuk motor yang sudah dimodifikasi kelistrikannya, contohnya memakai lampu HID dan semacamnya, sebaiknya ganti kiprok bawaan dengan kiprok yang spesifikasinya lebih diatasnya. Atau bisa juga di modifikasi kiproknya semoga sanggup memenuhi kebutuhan kelistrikan motor sehabis dimodifikasi. Semoga bermanfaa.



0 Komentar untuk "Penyebab Kiprok Motor Rusak"

Back To Top