Master rem radial - pada sistem rem hidrolik pada sepeda motor tentunya kita akan menemukan istilah menyerupai master rem, kaliper rem, selang hidrolik rem dan lain sebagainya. Nah pada peluang kali ini kita spesialuntuk akan serius mengulas terkena bab master rem nya saja.
Setidaknya kita mengenal 2 type master rem yang ada pada sistem rem hidrolis sepeda motor yaitu master rem type radial dan master rem type Axial. Dari kedua type master rem diatas, yang paling sering diaplikasikan dan kita lihat sehari - hari pada sepeda motor kita ialah yang type "Axial", sedangkan master rem Radial biasanya secara bawaan diaplikasikan pada kendaraan moge atau superbike.
Karena adanya perbedaan pada posisi piston, maka daya tekan antar keduanya pun juga tidak sama sehingga pengaruh pengereman juga balasannya tidak sama pula. Pada master rem axial dimana posisi piston berada di bab samping tuas rem, ketika tuas rem ditarik besar kemungkinan daya yang termembuang lebih besar dibandingkan dengan master rem radial.
Berbeda dengan master rem radial yang posisi piston rem berada sempurna di bab belakang tuas rem, dimana gerakannya menjadi searah dengan gerakan tuas rem, sehingga ketika tuas rem ditarik akan menghasilkan daya tekan yang lebih besar.
Karena hasil pengereman pada master rem type radial ini lebih terbaik dibandingkan dengan yang type axial, maka motor yang berkapasitas besar wajib memakai master rem model ini. Bila kalian sedikit memperhatikan motor moge, hampir seluruhnya memakai master rem jenis radial.
Nah agar sedikit warta diatas dapan bermanfaa buat kalian.
Setidaknya kita mengenal 2 type master rem yang ada pada sistem rem hidrolis sepeda motor yaitu master rem type radial dan master rem type Axial. Dari kedua type master rem diatas, yang paling sering diaplikasikan dan kita lihat sehari - hari pada sepeda motor kita ialah yang type "Axial", sedangkan master rem Radial biasanya secara bawaan diaplikasikan pada kendaraan moge atau superbike.
Ducati 999 monoposto https://automotivexist.blogspot.com/ |
Perbedaan master rem Radial dan Non radial
Perbedaan yang paling mencolok diantara keduanya ialah terletak pada posisi penempatan piston rem. Pada master rem type radial posisi piston berada di bab belakang dari tuas rem, sedangkan pada mastre rem Axial posisi piston rem berada di bab samping tuas rem. Agar kalian lebih paham perbedaannya silahkan lihat gambar yang kami sediakan dibawah ini.Karena adanya perbedaan pada posisi piston, maka daya tekan antar keduanya pun juga tidak sama sehingga pengaruh pengereman juga balasannya tidak sama pula. Pada master rem axial dimana posisi piston berada di bab samping tuas rem, ketika tuas rem ditarik besar kemungkinan daya yang termembuang lebih besar dibandingkan dengan master rem radial.
Berbeda dengan master rem radial yang posisi piston rem berada sempurna di bab belakang tuas rem, dimana gerakannya menjadi searah dengan gerakan tuas rem, sehingga ketika tuas rem ditarik akan menghasilkan daya tekan yang lebih besar.
Karena hasil pengereman pada master rem type radial ini lebih terbaik dibandingkan dengan yang type axial, maka motor yang berkapasitas besar wajib memakai master rem model ini. Bila kalian sedikit memperhatikan motor moge, hampir seluruhnya memakai master rem jenis radial.
Baca juga : Nih fungsi dari lubang yang ada di rem cakram motor
Nah agar sedikit warta diatas dapan bermanfaa buat kalian.
Tag :
sistem rem,
tips motor
0 Komentar untuk "Perbedaan Master Rem Radial Dan Axial Motor"