Kampas kopling motor habis - keberadaan kompling sangat penting pada sepeda motor, alasannya ialah fungsi kopling disini ialah sebagai pemutus dan menghubung putaran mesin ke penggalan transmisi. Putaran mesin harus diputuskan hubungannya terlebih lampau ketika kita akan melaksanakan akselerasi maupun deselerasi. Tanpa adanya komponen kopling ini sudah tentu anda tidak akan bisa mengoper gigi persenling.
Seiring penerapannya cepat atau lambat kampas kopling motor pun akan habis dan perlu diganti dengan yang gres semoga performa mesin motor serta tenaga mesin sanggup tersalurkan ke roda dengan baik. Untuk itu anda perlu mengetahui beberapa ciri umum yang menandakan bahwa kampas kopling motor sudah habis / aus yang diantaranya ialah sebagai diberikut :
Seiring penerapannya cepat atau lambat kampas kopling motor pun akan habis dan perlu diganti dengan yang gres semoga performa mesin motor serta tenaga mesin sanggup tersalurkan ke roda dengan baik. Untuk itu anda perlu mengetahui beberapa ciri umum yang menandakan bahwa kampas kopling motor sudah habis / aus yang diantaranya ialah sebagai diberikut :
#Ciri kampas kopling motor habis / aus
1. Terjadi selip kopling
Ciri paling umum yang sanggup menjadi menerangkan bahwa kampas kopling motormu habis ialah adanya selip pada kopling. Hal ini sanggup terjadi alasannya ialah tenaga putaran mesin tidak sanggup disalurkan dengan terbaik ke penggalan transmisi motor walaupun tuas kopling sudah dilepas sepenuhnya. Gejala selip kopling akan sangat terasa ketika anda menggeber motor dengan kecepatan tinggi akan terdengar bunyi meraung raung dan tak bisa untuk berakselerasi dengan baik.2. Kopling kurang responsive
Gejala umum selanjutnya yang menandakan bahwa kampas kopling motormu sudah aus adalah, ketika pertama jalan meskipun kopling sudah dilepas motor tidak segera berjalan.3. speed motor menjadi berkurang
Karena kampas kopling motor aus dan slip, maka yang terjadi ialah tenaga yang dihasilkan mesin tidak sanggup disalurkan dengan tepat ke penggalan transmisi alasannya ialah adanya loss di penggalan kampas koplingnya. Karena hal inilah kecepatan motor ibarat berkurang dan dibarengi dengan konsumsi materi bakar yang boros dibanding biasanya.4. Mesin bernafsu dan getar di kecepatan tinggi
Kopling yang slip dan tidak segera diganti akan membuat penggalan kampasnya habis tergesek dan spesialuntuk menyisakan plat, yang nantinya akan saling bergesekan dengan fly wheel dan menimbulkan bunyi bernafsu pada mesin dan bahkan bergetar.5. Susah oper gigi perseneling
Karena kampas koplingnya sudah aus dan selip, maka putaran mesin tidak sanggup diputuskan dengan baik sehingga untuk mengoper gigi perseneling pun akan susah masuk walaupun tuas kopling sudah anda tekan sampai mentok grip motor.6. Suhu mesin cepat gerah
Dalam kondisi normal kampas kopling spesialuntuk akan bergesekan ketika tuas kopling dilepas secara perlahan sampai dilepas full. Sesudah tuas kopling dilepas full ukiran tadi seharunya tidak ada. Dan alasannya ialah ada penggalan kampas kopling yang aus lalu slip, ukiran yang seharusnya tidak terjadi ini akan terjadi secara terus menerus sehingga sanggup menimbulkan gerah yang berlebih pada mesin.Baca juga : Tips mengatasi tuas kopling motor keras
#Penyebab kampas kopling habis
Penyebab kenapa kampas kopling ini bisa habis ialah dikarenakan faktor pemakaian, semakin sering kopling dioperasikan maka resiko kampas kopling menipis semakin besar. Terlebih lagi bila anda sering memakai metode setengah kopling yang sering terjadi di jalanan yang macet, dalam waktu singkat pun kampas kopling akan segera habis.Tips semoga kampas kopling tak cepat habis
Nah semoga kampas kopling motor anda infinit dan tidak simpel aus, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan yang diantaranya ialah sebagai diberikut :- Atur jarak bebas kopling ( minimal 2 - 4 mm ) dan lakukan penyetelan secara berkala.
- Hindari penerapan setengah kopling ketika berkendara.
- Lakukan penggantian oli secara rutin sesuai rekomendasi bengkel.
- Gunakan oli pelumas sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dealer / bengkel resmi.
- Sebaiknya gunakan setelan jauh untuk tuas kopling motor.
Baca juga : Kelebihan belum sempurnanya velg racing VS jari jari
Tag :
kopling,
problem motor
0 Komentar untuk "Ciri - Ciri Kampas Kopling Motor Habis"