Cara Memasang Relay Pada Klakson Mobil

Teknik memasang relay klakson - salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk membuat bunyi klakson kendaraan beroda empat kita menjadi lebih nyaring adalahengan jalan memasangkan sebuah relay pada rangkaian klakson, dengan penambahan relay pada sistem klakson, tentu arus listrik dibentuk lebih pendek tanpa harus melewati saklar utama.

melaluiataubersamaini lebih pendeknya sirkuit rangkaian ini, arus dari aki kendaraan beroda empat tidak akan berkurang dan akan eksklusif masuk kedalam horn sehingga bunyi klakson pun menjadi nyaring.

Hal ini tidak sama jikalau pada rangkaian klakson tersebut tidak dipasangkan relay, arus yang tiruanla besar dari aki akan menuju ke saklar, dalam hal ini tombol klakson yang ada di setir kendaraan beroda empat sehingga arusnya menjadi berkurang. Berkurangnya besar lengan berkuasa arus inilah yang menimbulkan klakson bunyinya terasa kurang nyaring.

Baca juga : Yuk mengenal sistem kelistrikan di sepeda motor

Wiring diagram relay pada klakson


 salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk membuat bunyi klakson kendaraan beroda empat kita menjadi leb Teknik Memasang Relay Pada Klakson Mobil

Diatas yakni diagram rangkaian relay pada sistem klakson kendaraan beroda empat yang bisa kalian contoh, untuk penjelasannya yakni sebagai diberikut :

Kaki relay terminal 30 disambungkan eksklusif menuju kutub nyata aki, untuk opsional kita bisa menambahkan sekring atau fuse untuk menjaga semoga relay tidak praktis rusak jikalau terjadi arus pendek. Pastikan juga anda menggunakan kabel warna merah berukuran besar disini.

Sedangkan kaki terminal 87 disambungkan menuju beban menyerupai klakson, lampu kendaraan beroda empat dan lain sebagainya. Karena kita ketika ini mengulas terkena relay pada klakson, maka kaki 87 ini disambungkan menuju ke klakson. Sedangkan arus negatif untuk klakson bisa eksklusif diambilkan ke massa atau ground di body mobil.

Dan terakhir untuk kaki terminal nomor 85 dan 86 ini salah satunya dihubungkan ke massa / ground, dan sisanya dihubungkan ke tombol klakson dan dilanjutkan ke kutub nyata aki mobil. Makara untuk kaki terminal 85 dan 86 ini terbalik tidak persoalan alasannya yakni fungsinya spesialuntuklah sebagai aktivasi kemagnetan saja, dimana ketika tombol klakson ditekan membuat lilitan yang teraliri listrik berkembang menjadi magnet yang nantinya akan menarikdanunik / menghubungkan arus dari terminal 30 menuju terminal 87.

Sekilas cara kerja relay 4 terminal

Sesuai dengan namanya relai ini mempunyai 4 kaki atau terminal utama yakni terminal nomor 85, 86, 87 dan 30. Terminal 85 dan 86 ini yakni satu rangkaian tertutup antara massa / ground - terminal 85 - kumparan relay - terminal 86 - tombol klakson - kutub nyata aki. Dimana nantinya ketika tombol klakson ditekan maka pada kumparan akan terjadi gaya magnet yang bisa menghubungkan saklar didalam relay.

Sedangkan terminal 87 dan 30 ini yakni rangkaian tertutup yang menghubungkan antara aki - terminal 30 - saklar relay - Terminal 87 - horn / klakson. Ketika tombol klakson ditekan, pada kumparan akan terjadi gaya kemagnetan yang nantinya bisa menyambungkan saklar relay ini, dan selanjutnya arus dari aki yang masuk melalui terminal 30 bisa terhubung ke terminal 87 menuju horn sehingga klakson bisa menyala.

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh ketika kita menambahkan relay pada sistem kelistrikan menyerupai misalnya sistem klakson diatas Yakni bisa memperbesar bunyi klakson kendaraan beroda empat ( motor juga bisa ). Untuk kelebihan lainnya silahkan bisa membaca goresan pena kami lainnya yang mengulas fungsi dari delay secara detail.

Baca juga : Berbagai manfaat pasang relay pada kelistrikan kendaraan beroda empat dan motor




Tag : elektrikal
0 Komentar untuk "Cara Memasang Relay Pada Klakson Mobil"

Back To Top