Cara Menghitung Barang Muatan Bagasi Kendaraan Beroda Empat Yang Benar

Teknik menghitung barang muatan di mobil - sebuah kendaraan tentu saja mempunyai kemampuan dalam mengangkut barang bawaan yang tidak sama, hal ini tergantung dengan kendaraan beroda empat jenis apa yang kalian gunakan dan juga seberapa besar kemampuan ban dalam menyangga muatan barang bawaan anda di bagasi mobil. Terkadang ketidak tahuan dari pengguna, mereka membawa muatan yang bobotnya melebihi kemampuan yang bisa dibebankan terhadap roda sehingga kemungkinan terjadinya kerusakan komponen kendaraan beroda empat menjadi lebih besar, terutama pada bab ban dan juga shock absorber.

Muatan yang terlalu berlebih ini sanggup merusak ban kendaraan beroda empat serta shockbreaker, serta sanggup meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan di jalan raya, oleh lantaran itu anda sebagai pengguna kendaraan bermotor roda empat wajib tahu bagaimana menghitung beban muatan kendaraan beroda empat yang hendak kalian bawa ini dengan membaca isu yang tertera pada ban mobil.

 sebuah kendaraan tentu saja mempunyai kemampuan dalam mengangkut barang bawaan yang berbed Teknik Menghitung Barang Muatan Bagasi Mobil Yang Benar

Teknik menghitung beban muatan barang bagasi mobil

Untuk melaksanakan perhitungan seberapa besar muatan yang bisa kalian angkut di kendaraan beroda empat eksklusif anda, anda harus mengetahui terlebih lampau berapa berat kosong kendaraan dan juga berat penumpang ( dikira kira saja tidak perlu ditimbang ). Biasanya berat kendaraan beroda empat bisa anda ketahui di brosur mobil, atau jikalau anda tidak mempunyai brosur bisa mencari berat kosong kendaraan yang kalian miliki di internet.

Sebagai contoh yaitu sebuah kendaraan beroda empat avanza mempunyai berat kosong sebesar 1045Kg yang nantinya akan dinaiki oleh 6 orang penumpang dengan total berat ke enam penumpang tadi setelah dikira kira yaitu seberat 6 x 70 = 420Kg.

Kemudian kendaraan beroda empat tersebut menggunakan ban brand Bridgestone Ecopia EP 150 dengan spesifikasi 175/65 R14 82H, maka ban jenis ini sesuai dengan tabel max load index ban sanggup mengangkut beban terbaik sebesar 475Kg, lantaran ban kendaraan beroda empat ada 4 maka sebuah kendaraan beroda empat avanza dengan menggunakan ban tersebut diatas bisa mengangkut beban total seberat 4 x 475 = 1900Kg.

Perhitungan beban bagasi terbaik yang bisa diangkut
Beban maximum - ( beban kendaraan beroda empat + beban 4 orang )
1900Kg - ( 1045 + 420 )
1900 - 1465
=435Kg

Makara berat barang bawaan yang bisa kalian angkut dengan menggunakan kendaraan beroda empat avanza yang menggunakan ban dengan ukuran ibarat diatas spesialuntuk bisa mengangkut barang muatan seberat 435Kg atau 4.3 kuintal saja. Nah bagi pemilik toko yang sering kulakan dengan menggunakan kendaraan beroda empat eksklusif bukan angkutan, sebaiknya tidakboleh terlalu memaksakan mobilnya untuk mengangkut ya.

Bagaimana jikalau kendaraan beroda empat mengangkut barang terlalu berat

Banyak sekali kerugian yang akan anda peroleh jikalau memaksakan mengangkut barang yang sangat berat jauh diluar max load index ban yang diantaranya yaitu sebagai diberikut :


  • Boros pemakaian materi bakar
  • Ban menjadi aus bab sisi luar dan dalam sedangkan yang bab tengah masih bagus
  • Pengendalian kemudi menjadi lebih susah terutama di tikungan
  • Resiko kecelakaan di jalan raya
  • Mobil menjadi praktis limbung ketika menikung dan resiko kendaraan beroda empat terbalik
  • Shock absorber / peredam kejut jadi praktis bocor atau rusak


Dibawah ini yaitu tabel max load index ban yang bisa kalian gunakan pola untuk mengukur seberapa berat barang bawaan yang bisa diangkut oleh kendaraan beroda empat yang menggunakan ban berkode load index diberikut :

 sebuah kendaraan tentu saja mempunyai kemampuan dalam mengangkut barang bawaan yang berbed Teknik Menghitung Barang Muatan Bagasi Mobil Yang Benar

Satuan load index diatas bersifat satuan internasional atau SI sehingga bisa digunakan pola untuk tiruana brand ban.

Baca juga : Waspada ancaman tambal ban yang bocor samping



Tag : ban
0 Komentar untuk "Cara Menghitung Barang Muatan Bagasi Kendaraan Beroda Empat Yang Benar"

Back To Top