Lebih Manis Pakai Oli Sintetis Atau Oli Mineral ?

Memilih oli yang manis untuk mobil - di dunia otomotif setidaknya kita mengenal 3 jenis oli mesin, yang pertama yakni oli mineral, oli ini didapatkan dari pemrosesan mineral tambang hasil bumi, dalam hal ini yakni minyak bumi. Selanjutnya oli semi sintetis yang berasal dari adonan antara oli mineral dan oli sintetis, dan yang ketiga yakni oli Full Sintetis yang dibentuk dari materi dasar kimia buatan, bukan dari hasil bumi.

Nah kemudian oli mana yang manis diantara ketiga oli diatas ? apakah lebih manis oli mineral ataukah malah lebih manis oli sintetis ? untuk menjawaban kebingungan anda dalam menentukan oli sintetis atau oli mineral, dibawah ini kami diberikan sedikit citra terkena oli mineral dan sintetis.

 di dunia otomotif setidaknya kita mengenal  Lebih Bagus Pakai Oli Sintetis Atau Oli Mineral ?


Oli mineral

Seperti yang kami jelaskan diatas bahwa oli mineral ini dibentuk dari minyak bumi yang diproses secara khusus sehingga menghasilkan sebuah oli pelumas yang mempunyai kegunaan untuk melumasi mesin kendaraan. Karena oli mineral ini ialah hasil pemrosesan dari materi baku minyak bumi, maka kepadatan molekulnya akan stabil atau tetap dan bisa melumasi serpihan mesin dengan sangat baik. Disamping itu,kelebihan dari jenis oli mineral harganya lebih murah bila dibandingkan dengan oli semi sintetis ataupun yang full sintetis. Namun oli mineral ini lebih simpel mengendap dan berlumpur / menghitam dibandingkan oli yang sintetis. hal ini dikarenakan kekentalan oli mineral lebih kental.

Oli sintetis

Oli sintetis ialah oli mesin yang dibentuk dari materi sintetis atau buatan, jadi artinya oli jenis ini tidak terbuat dari materi tambang layaknya oli mineral. Bentuk dari oli sintetis ini juga jauh lebih encer ketimbang oli mineral, sehingga hal ini akan memungkinkan oli sintetis bisa melumasi serpihan atau celah paling kecil yang ada didalam mesin mobil. Dan sebab bentuk oli yang encer ini membuat daya tahan oli bisa bertahan lebih usang bila dibandingkan dengan oli mineral. Oli sintetis ini juga tidak begitu banyak meninggalkan jelaga atau endapan sehingga kondisi mesin kendaraan beroda empat menjadi jauh lebih membersihkan bila dibandingkan menggunakan oli mineral. Interval penggantian untuk oli jenis sintetis ini juga lebih lama, bila menggunakan oli mineral anda harus rutin menggantinya setiap 10.000km, maka dengan menggunakan oli sintetis ini anda bisa menggantinya setiap 20.000 hingga 30.000km sekali, namun demikian harga yang ditawarkan untuk jenis oli sintetis ini bisa 3 kali lipat dari oli mineral.

Baca juga : Penyebab dan cara atasi air aki cepat habis / kering

Oli yang cocok untuk kendaraan beroda empat anda apa ?

Nah untuk menentukan oli terbaik untuk kendaraan anda, kalian juga harus melihat mobilnya juga, contohnya bila kendaraan beroda empat anda yakni kijang kapsul, sangat tidak dimasukankan menggunakan oli sintetis sebab selain harganya mahal, oli sintetis tidak cocok digunakan untuk kendaraan jadul atau model usang sebab sebagian besar kendaraan beroda empat jadul melarang penerapan oli jenis ini ( kecuali kendaraan beroda empat jadul yang diperbolehkan oleh manufaktur ). Begitu juga dengan kendaraan model sport contohnya saja Toyota Camry, Corolla Altis dan sejenisnya lebih manis menggunakan oli model sintetis sebab kendaraan beroda empat yang mempunyai performa tinggi semacam ini membutuhkan oli yang tidak terlalu kental sehingga performa mesinnya tetap terjaga dengan baik.

Kalau kendaraan beroda empat anda yakni kendaraan beroda empat biasa biasa saja, contohnya kijang innova, avanza, xenia dan sejenisnya untuk pemilihan jenis oli tergantung pertimbangan anda. Jika punya uang banyak dan tidak ingin repot selalu ke bengkel untuk ganti oli maka oli sintetis yakni pilihan yang manis buat anda. Namun bila anda yakni pemilik kendaraan beroda empat dengan kantong yang pas pasan, akan jauh lebih manis menggunakan oli mineral sebab harganya yang sangat terjangkau. Bila masih galau dengan kedua pilihan diatas anda masih bisa menentukan jalan tengah yakni menggunakan oli semi sintetis.

Baca juga : Fungsi dan manfaat memasang oil cooler di kendaraan beroda empat atau motor

Perbandingan harga oli mineral dan sintetis per liternya untuk oli mesin Genue Toyota dikala ini yakni Rp 60.000 : Rp 120.000. Harga oli mesin sintetis jauh lebih mahal 3 kali lipat dari oli mineral. Nah dari klarifikasi diatas silahkan anda timbang dan pikirkan kembali mau menggunakan oli jenis apa nantinya untuk kendaraan beroda empat kalian. Semoga bermanfaa.


0 Komentar untuk "Lebih Manis Pakai Oli Sintetis Atau Oli Mineral ?"

Back To Top