Mengenal Oli Sintetik Dan Segudang Kelebihannya

Kelebihan oli sintetik mesin mobil - intinya oli mesin kendaraan beroda empat dibagi menjadi dua golongan, yang pertama ialah oli mineral yang dibentuk dari hasil tambang minyak bumi yang selanjutnya dilakukan pemprosesan secara khusus sehingga terbentuklah oli yang nantinya disebut dengan oli mineral. Dan golongan jenis oli yang kedua ialah oli jenis sintetik atau sintetic oil yang dibentuk dari materi baku non minyak bumi, dalam artian materi baku dari oli sintetik ini yaitu selain dari minyak bumi, bisa menggunakan senyawa buah buahan ataupun senyawa lain yang diproses dengan lebih rumit ketimbang proses pembuatan oli mineral.

Dari kedua proses pembuatan oli, pembuatan oli sintetik ini mempunyai tahapan yang jauh lebih rumit lantaran dalam proses pembuatannya,perlu memisahkan banyak sekali kandungan senyawa yang kurang baik terhadap mesin mirip senyawa nitrogen, welirang dan senyawa lainnya sehingga tidak mengakibatkan pembentukan reaksi oksida dan asam sehingga merusak komponen mesin.

 intinya oli mesin kendaraan beroda empat dibagi menjadi dua golongan Mengenal Oli Sintetik Dan Segudang Kelebihannya

Makara kesimpulannya ialah kualitas dari oli sintetik ini jauh lebih bagus, selain itu proses pembuatan dan materi baku pembuatannya tidak terpaku pada hasil minyak bumi saja, Karena tingkat produksinya yang sangat amat susah serta banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh oli jenis sintetis, maka masuk akal saja kalau harga dari oli sintetis ini sangat mahal bahkan harganya bisa mencapai 3 kali lipat dari harga oli mineral biasa.

Baca juga : Waspada ancaman sering gonta ganti brand oli mesin

Apa saja kelebihan dari oli sintetik / sintetis ini ?

Karena oli ini bisa dikategorikan oli premium tentu saja banyak kelebihan yang ditawarkan oleh oli sintetis ini yang diantaranya ialah sebagai diberikut ini :

1. Tahan di suhu ekstrim

Satu kelebihan dari oli jenis sintetis ini yang tak dimiliki oleh oli mineral ialah tingkat ketahanan yang sangat tinggi di cuaca ekstrim, mirip contohnya kalau oli sintetis dipakai pada mesin kendaraan di tempat bersalju, maka oli ini tidak sanggup membeku walaupun suhu jauh berada di suhu minus 0 derajat sekalipun. Dan juga oli sintetis ini juga tahan terhadap suhu gerah yang ekstrim dimana oli sintetis ini tingkat kekentalannya bisa stabil dan tidak cepat encer. Berbeda halnya dengan oli mineral yang kalau kendaraan beroda empat dipakai di tempat bersuhu gerah, ataupun mesin kendaraan beroda empat ketika mencapai suhu gerah maka kekentalannya bisa berubah. Suhu oli yang memanas biasanya rentan mengakibatkan reaksi kimia mirip reaksi asam dan juga reaksi oksida yang bisa merusak mesin, namun pada oli jenis sintetis hal ini tidak terjadi. Meskipun terjadi pun tingkatannya jauh lebih rendah dibandingkan oli mineral.

2. Oli sintetis bebas dari unsur logam berbahaya

Karena oli ini yaitu jenis oli buatan maka dalam produksinya ada tahapan pemisahan antara kandungan oli murni dengan beberapa senyawa kimia yang bisa membahayakan mesin mirip unsur karbon reaktif, senyawa welirang dan nitrogen. Sehingga dengan minusnya kandungan logam didalam oli sintetis membuat oli menjadi lebih kekal dan tidak praktis meninggalkan residu atau kerak pada mesin mobil.

Baca juga : Bagus mana antara oli sintetis dengan oli mineral


3. Memiliki bentuk molekul yang sama

Pernahkah anda melihat iklan oli sintetis  astrol dimana pada iklan ini menunjukan bahwa molekul dari oli sintetis ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dan juga sama, sehingga dengan begitu oli sintetis ini bisa untuk masuk ke celah terkecil dari pecahan mesin kendaraan beroda empat tanpa adanya hambatan.

4. Lebih tahan dari reaksi oksidasi dan penguapan

Oli sintetis ini tidak praktis bereaksi dengan oksigen yang masuk kedalam ruang mesin yang bisa menimbulkan kekentalan dari oli tersebut berubah dan bisa mengubah senyawa kimia dari oli. Selain itu oli sintetis ini juga tidak praktis menguap di suhu tinggi.


5. Usia pakai oli sintetis lama

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa oli sintetis ini dibentuk dengan teknologi tinggi yang bisa menghasilkan oli dengan kualitas yang unggul, sehingga membuat usia pakai oli sintetis ini menjadi jauh lebih usang daripada oli mineral / standard. Perbandingan antara oli mineral dengan oli sintetis ini bahkan bisa 1:3 yang artinya kalau oli mineral bisa dipakai dan bertahan spesialuntuk 10.000km, maka untuk oli sintetis ini bisa dipakai dan bisa bertahan hingga 30.000km.

6. Tidak menyumbat lubang susukan oli

Pada sebuah mesin kendaraan beroda empat banyak sekali lubang lubang yang dipakai untuk mendistribusikan oli biar bisa melumasi tiruana komponen mesin dengan baik. Beberapa oli mineral ada yang bisa mengendap dan mengakibatkan jelaga / residu yang sanggup menyumbat lubang distribusi oli tersebut. Sedangkan untuk oli sintetis tidak demikian, oli sintetis ini hampir dipastikan tidak meninggalkan jelaga atau residu apapun sehingga tiruana komponen mesin terhindar dari yang namanya endapan oli.

7. Membuat tarikan mesin enteng

Anda bisa membandingkannya sendiri kalau anda pernah menggunakan oli mineral biasa dan beralih untuk menggunakan oli sintetis. Karena kondisi oli sintetis ini lebih encer namun tetap stabil pada suhu gerah maupun dingin, membuat tarikan mesin kendaraan beroda empat menjadi lebih enteng dan lebih bertenaga. Kenapa demikian ? ibaratnya orang sedang berenang, tentu gerakan anda lebih gesit ketika berenang di air daripada di kubangan lumpur bukan ? Itulah sebabnya kenapa hampir tiruana kendaraan beroda empat sport dan kendaraan beroda empat balap menggunakan oli jenis sintetis. Bahkan untuk dikala ini kendaraan beroda empat glamor tidak dimasukankan menggunakan oli mineral dan lebih dianjurkan untuk menggunakan oli sintetis untuk menjaga performa mesin mobil.

Baca juga : Ketahui banyak sekali fungsi dari oli pada mesin kendaraan

Catatan penting

Untuk penerapan oli mineral ini juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan, anda harus mengerti dan tahu mesin kendaraan beroda empat anda membutuhkan oli mesin dengan standar SAE berapa, apakah 10w-40, 20w-40, 20w-50 dan lain sebagainya. Anda bisa menyidik buku panduan pemilik untuk mengetahui hal ini atau konsultasikan ke bengkel resmi untuk memperoleh infromasi lengkapnya.

Untuk pembelian oli sintetis pun sangat dimasukankan membeli di dealer / bengkel resmi yang ada dikota anda lantaran selain kualitasnya terjamin, anda juga mendapat garansi kalau melaksanakan penggantian di bengkel resmi tersebut.


Tag : oli mesin
0 Komentar untuk "Mengenal Oli Sintetik Dan Segudang Kelebihannya"

Back To Top