Tips Cara Memoles Cat Body Kendaraan Beroda Empat Sendiri

Teknik memoles cat kendaraan beroda empat sendiri - tidak selamanya acara detailing kendaraan beroda empat yang berupa pemolesan supaya cat kendaraan beroda empat terlihat kinclong bagaikan cermin spesialuntuk sanggup dilakukan pleh mereka para profesional yang ada di salon khusus detailing mobil, kita pun sebagai seorang awam sanggup melaksanakan pemolesan cat body kendaraan beroda empat sendiri dirumah loh, tentunya dengan memperhatikan step atau langkah demi langkah yang benar dalam melaksanakan pemolesan supaya akhirnya tidak kalah dengan salon detailing mobil.

Lalu apa sajakah yang perlu dipersiapkan seumpama kita ingin memoles kendaraan beroda empat keakungan sendiri dirumah, supaya selain lebih menambah pengalaman terkena detailing mobil, juga lebih menghemat pengeluaran jikalau dibandingkan kita memoles body kendaraan beroda empat ke salon mobil, alasannya yaitu segala sesuatu yang berafiliasi dengan kendaraan beroda empat harganya tidak mengecewakan mahal :), teladan kecil saja jikalau mencuci motor spesialuntuk dihargai 6 ribu, sedangkan untuk kendaraan beroda empat saja sanggup hingga 25 ribu :).


Tahapan melaksanakan poles cat kendaraan beroda empat sendiri dirumah


1. Pastikan anda mencuci kendaraan beroda empat hingga membersihkan

Sebelum melaksanakan tindakan pemolesan mobil, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yaitu mencuci kendaraan beroda empat hingga membersihkan dan tidakboleh lupa untuk menpetangnya hingga membersihkan dan kering menggunakan kguabo. Mencuci kendaraan beroda empat sebelum dipoles ini berkhasiat untuk melembabkan cat body kendaraan beroda empat dan juga meminimalisir adanya kotoran menyerupai debu dan pasir yang nantinya merusak permukaan cat ketika proses pemolesan berlangsung. Pastikan anda selalu mencuci kendaraan beroda empat menggunakan sabun khusus basuh kendaraan beroda empat ya, alasannya yaitu formula sabun khusus basuh kendaraan beroda empat ini sangat enteng sehingga tidak memudarkan warna cat. Oh iya ketika melaksanakan pembersihan ini usahakan cat kendaraan beroda empat dalam keadaan dingin, artinya tidakboleh sehabis kendaraan beroda empat diparkirkan dibawah terik matahari kemudian pribadi dicuci.

Baca juga : Teknik buat sampo basuh kendaraan beroda empat sendiri

2. Memarkirkan kendaraan beroda empat di lokasi teduh

Pengerjaan poles cat atau body kendaraan beroda empat ini sangat dimasukankan dilakukan di lokasi yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung, anda sanggup memanfaatkan garasi rumah atau halaman rumah yang terdapat kanopi. Atau jikalau tidak mempunyai garasi luar, anda sanggup melakukannya di garasi dalam dan pastikan penerangan ruangan garasi cukup. Dan bila terpaksa melakukannya di halaman luar rumah, pilih waktu yang sempurna yakni di pagi ataupun sore hari dimana matahari tidak terlalu terik dan tidak sedang terjadi angin ribut lantaran dikawatirkan debu dan material yang terbawa angin akan ikut menempel ke body mobil.

3. Mempersiapkan peralatan poles

Karena kita akan melaksanakan acara poles memoles body mobil, tentu anda membutuhkan seperangkat peralatan poles yang diantaranya yaitu kain halus secukupnya, spon halus secukupnya, kompon dan bila perlu belilah alat poles. Persiapkan pula obat poles, dimasukankan untuk menggunakan obat poles yang berkarakter bagus. Untuk isu obat poles kendaraan beroda empat yang cantik silahkan anda cari melalui internet. Selama pengalaman penulis, brand meguiar's dan turtle wax metalic car wax lebih simpel didapatkan di toko ACE hardware di seluruh indonesia dan pengaplikasian atau step by step nya simpel dilakukan.

4. Tahap pemolesan mobil

Aturan memoles body kendaraan beroda empat dimulai dari potongan yang paling bawah dan secara sedikit demi sedikit naik ke potongan atas, serta dimulai dari potongan depan kendaraan, kemudian ke potongan samping dan dilanjutkan ke potongan belakang body mobil. Poleslah permukaan cat secara merata dengan menggunakan kompon  halus dan gosok secara memutar menggunakan kain halus atau spons halus, jikalau anda mempunyai alat poles malah jauh lebih cantik lagi, cukup oleskan kompon ke permukaan cat dan anda tinggal memolesnya menggunakan alat pemoles.

Untuk hasil yang lebih cantik lakukan pemolesan ini per pgual supaya anda tidak kelewatan satu potongan pun, mulai memoles potongan grill depan, potongan kap mobil, dilanjutkan ke potongan pgual fender terus menuju pintu depan. Kemudian lanjutkan lagi memutar hingga seluruh body kendaraan beroda empat terpoles seluruhnya dan yang terakhir yaitu memoles potongan atap mobil. Selesai memoles pastikan anda menpetang permukaan body menggunakan kain halus untuk menghilangkan sisa kompon. Untuk potongan bagian yang susah dijangkau anda sanggup memmembersihkankan potongan tersebut menggunakan kuas. Tahapan ini gunanya untuk memperhalus permukaan cat kendaraan beroda empat saja, jikalau permukaan cat kendaraan beroda empat sudah halus anda sanggup melewati tahap ini dan pribadi sanggup mengaplikasikan obat poles mobil.

Sesudah permukaan body kendaraan beroda empat dipoles hingga halus dan dimembersihkankan kembali secara menyeluruh, tahapan selanjutnya yaitu dengan mengaplikasikan obat poles yang sanggup membuat cat kendaraan beroda empat anda terlihat kinclong kolam kermin. Silahkan anda teteskan obat poles ke permukaan spons halus membersihkan atau kain haus membersihkan terlebih lampau, gres kemudian sanggup kita balurkan obat poles tadi ke seluruh permukaan body mobil, lagi lagi lakukan per pgual supaya akhirnya lebih terbaik. Jangan meneteskan obat poles pribadi ke permukaan cat atau bahkan ke tangan anda, alasannya yaitu obat poles ini yaitu materi kimia yang dihentikan hingga terkena permukaan kulit, itulah sebabnya kenapa anda juga dimasukankan menggunakan sarung tangan karet ketika mengaplikasikan obat poles ini.

Sesudah obat poles dilapiskan ke seluruh permukaan cat mobil, saatnya anda menunggu beberapa menit antara 5 menit hingga 10 menit untuk waktu tunggu yang lebih bagus. Sesudah waktu tunggu selesai gunakanlah kain halus untuk menpetang permukaan cat kendaraan beroda empat guna mengangkat sisa sisa obat poles yang melekat. Dan tahap terakhir yaitu menpetang kembali permukaan cat kendaraan beroda empat menggunakan kain micro fiber yang sanggup kalian beli di toko aksesoris kendaraan beroda empat atau di hipermarket untuk finishing.

Sampai disini tahap pemolesan body kendaraan beroda empat anda selesai dan kendaraan beroda empat pun akan tampil cemerlang menyerupai kendaraan beroda empat yang ada di showroom mobil.

Tips penting detailing mobil


  • Agar cat kendaraan beroda empat anda senantiasa terjaga maka lakukan perawatan cat ini semenjak kendaraan beroda empat keluar dari dealer ( gres beli ).
  • Usahakan anda tidakboleh pribadi mencuci kendaraan beroda empat ketika permukaan cat masih gerah, gres terpapar sinar matahari lantaran akan berakibat jelek menyerupai munculnya retak pada cat dan lain sejenisnya.
  • Selalu pergunakan sampo khusus basuh kendaraan beroda empat yang mempunyai formula khusus untuk merawat cat kendaraan beroda empat supaya tidak simpel kusam.
  • Usahakan tidakboleh terlalu sering berkendara dibelakang kendaraan besar bermesin diesel menyerupai truk ataupun bus, dimana kedua jenis kendaraan ini mempunyai gas membuang yang mungkin masih mengandung partikel solar yang jikalau menempel ke permukaan cat dan mengering akan susah dimembersihkankan.
  • Lakukan pemolesan cat kendaraan beroda empat ini secara terjadwal supaya cat kendaraan anda senantiasa terjaga, lakukan setidaknya antara 3 bulan atau 4 bulan sekali untuk memoles body mobil.


Nah hingga disini tutorial memoles cat kendaraan beroda empat sendiri dirumah, jikalau kalian ragu alangkah baiknya serahkan pribadi kepada ahlinya. Semoga bermanfaa. Untuk artikel seputar detailing kendaraan beroda empat lainnya anda sanggup membacanya melalui dartar dibawah ini :







Tag : detailing
0 Komentar untuk "Tips Cara Memoles Cat Body Kendaraan Beroda Empat Sendiri"

Back To Top