Tips Memulai Perjuangan Otomotif Buka Bengkel Kendaraan Beroda Empat Motor

Teknik Memulai Bisnis Buka Bengkel - ibarat yang kita ketahui tiruana bahwa setiap tahun sasaran penjualan dari banyak sekali main dealer selalu dinaikkan, dengan demikian tentu jumlah kendaraan yang ada di jalanan akan semakin bertambah banyak lagi dan lagi sehingga hal ini akan diberimbas pada terciptanya sebuah peluang perjuangan dibidang otomotif khususnya peluang perjuangan bengkel kendaraan beroda empat atau motor.

Memang kalau ada modal perjuangan yang lebih dari cukup ini tidak akan menyulitkan anda untuk segera membuka bengkel. Namun hal yang anda butuhkan selain modal ialah perencanaan yang matang alasannya tanpa hal ini perjuangan yang kita dirikan akan susah untuk berkembang. Dalam membuka sebuah perjuangan bengkel kendaraan beroda empat atau bengkel  motor ini tidak sekedar mencari seorang teknisi, membeli peralatan bengkel dan beberapa produk pendukung ibarat oli dan suku cadang saja.

 ibarat yang kita ketahui tiruana bahwa setiap tahun sasaran penjualan dari banyak sekali main de Tips Memulai Usaha Otomotif Buka Bengkel Mobil Motor

Baca juga : Buka perjuangan basuh motor modal minim hasil terbaik

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk menjamin kelangsungan perjuangan yang sudah susah payah kalian berdiri semoga tidak macet ditengah jalan lantaran anda kalah dalam persaingan khususnya dengan mereka yang sudah usang membuka bengkel daripada anda.

Hal penting yang harus diketahui sebelum membuka bengkel


Nah guna membuat anda lebih mantap dan matang dalam membuka perjuangan perbengkelan ini, ada beberapa aspek yang wajib untuk anda ketahui, dan beberapa aspek penting tersebut diantaranya ialah sebagai diberikut :

1. Memilih Lokasi Yang Tepat

Salah satu langkah pertama sebelum anda benar benar membuka sebuah bengkel motor atau kendaraan beroda empat ialah menentukan lokasi perjuangan yang tepat, alasannya pemilihan lokasi ini kedepannya akan sangat menentukan sepi atau ramainya bengkel yang kalian rintis. Beberapa aspek penting dalam menentukan lokasi yang sebaiknya kalian hindari diantaranya ialah :

A. Lokasi yang membutuhkan ketenangan

Sebaiknya anda hindari beberapa lokasi yang memang mewajibkan adanya ketenangan disekitarnya, contohnya bersahabat dengan puskesmas, bersahabat dengan sekolahan, bersahabat dengan rumah sakit dan lain sejenisnya lantaran yang namanya perjuangan bengkel sudah niscaya akan menjadikan bunyi yang bising dan hal ini akan sangat mengganggu daerah tempat yang sudah disebutkan diatas.

B. Lokasi yang masyarakatnya banyak mempunyai kendaraan

Lokasi yang elok selanjutnya ialah membuka perjuangan bengkel yang lokasi disekitarnya terdapat masyarakat yang rata rata mempunyai kendaraan. Mungkin poin ini kini tidak begitu kuat alasannya ketika ini rata rata setiap rumah / keluarga niscaya mempunyai kendaraan.

C. Lokasi bengkel simpel dijangkau

Nah aspek pemilihan lokasi ketiga ialah mencari lokasi yang sangat simpel dijangkau oleh setiap orang dan kendaraan yang akan diservis bisa masuk. Jangan membuka bengkel kendaraan beroda empat dan motor yang lokasinya memasuki gang kecil dimana sepeda motor pun kesusahan untuk mengakses jalan. Bila diharapkan anda bisa membuka bengkel yang lokasinya tepat di pinggir jalan poros luar kota.


D. Pastikan lokasi bengkel terdapat lahan parkir

Pastikn juga anda mempunyai lahan parkiran yang tidak mengecewakan luas guna menampung unit kendaraan beroda empat atau motor yang membludak sehingga mereka tidak perlu antri dan memarkirkan kendaraan yang ingin diservis di pinggir jalan. Terutama untuk parkiran mobil, alasannya perbaikan kendaraan beroda empat lebih banyak membutuhkan waktu bahkan hingga harus menginap kalau kerusakan yang dialami sangat parah.

Baca juga : Ini peralatan standar untuk perjuangan basuh motor


2. Menentukan Market Bengkel

Walaupun perjuangan yang kalian jalankan sama sama berupa perjuangan bengkel, ada setidaknya 4 varian perjuangan bengkel yang tentunya dari ke empat jenis perjuangan bengkel ini mempunyai perbedaan satu sama lain yang didasarkan pada pangsa pasar / sasaran pasar / market. Dan beberapa diantaranya ialah sebagai diberikut.

A. Membuka Bengkel Resmi

Jika anda mempunyai banyak sekali sumber dana dan ingin membuka sebuah bengkel resmi, anda harus disibukkan dengan tetek bengek ibarat menghubungi cabang sentra dan melaksanakan kontrak perjanjian kerjasama. Biasanya bengkel resmi sentra akan mempersembahkan sejumlah syarat yang harus senantiasa kalian patuhi sebelum anda didiberikan ijin dan lisensi khusus dari dealer resmi pusat.

B. Membuka Bengkel Umum

Buat anda yang masih dalam tahap pemula, membuka bengkel jenis umum ini bisa dijadikan alternatif kalau sumber dana yang dimiliki sangat terbatas. Biasanya bengkel umum ini melaksanakan pekerjaan yang mencakup ganti oli, jual beli dan jasa pasang sparepart, perbaikan enteng terhadap elektrikal mesin, servis terpola standar dan lain sebagainya.

C. Membuka Bengkel Tune Up

Sesuai dengan namanya yaitu bengkel Tune Up tentu mempunyai pelayanan yang lebih khusus atau spesifik buat mereka yang hendak melaksanakan sedikit perubahan / modifikasi mesin yang bertujuan untuk meningkatkan performa kendaraan. Salah satu poin penting yang harus kalian miliki ialah seorang mekanik atau teknisi yang handal dan mempunyai kemampuan khusus untuk bisa melaksanakan tiruana ini.

D. Buka Bengkel Aksesoris dan Modifikasi

Beberapa orang juga tertarik dengan perubahan penampilan tunggangan mereka, yang tujuannya ialah semoga smeua mata orang di jalanan akan tertuju pada kendaraan yang mereka miliki atau bahasa kerennya semoga menerima perhatian. Dan sebagian besar dari pemilik kendaraan bermotor pun terlintas dibenaknya untuk melaksanakan modifikasi mulai dari modifikasi enteng ibarat pemasangan aksesoris hingga modifikasi ekstrim berupa mengubah total tampilan motor / mobilnya. Oleh alasannya itu membuka bengkel modifikasi dan jual beli aksesoris ini juga terbuka lebar buat anda.


3. Jangan Lupa Memperhitungkan Kompetitor

Selain beberapa poin diatas ada satu poin lagi yang perlu kalian ketahui sebelum membuka sebuah bengkel, yakni dengan memperhitungkan seberapa banyak jumlah kompetitor atau tentangan anda. Baik dari segi layanan konsumen ataupun dari jumlah bengkel yang ada disekitar. Sebisa mungkin anda menekan tingkat persaingan yang tinggi, terlebih lagi tidakboleh membuka bengkel yang mempunyai pelayanan yang sama dari bengkel disekitar, alasannya hal ini juga akan berdampak pada persaingan yang tidak sehat bagi tiruana pihak. Namun kalau anda sudah mendapatkan lokasi yang sangat cocok dan tidak bisa menghindari adanya persaingan bisnis, sebaiknya anda harus menghitung seberapa hebat layanan yang didiberikan oleh bengkel tandingan, kemudian melaksanakan analisa lebih dalam untuk lebih meterbaikkan layanan yang anda besikan ke konsumen, atau bahasa singkatnya ialah mencari belum sempurnanya bengkel tentangan sehingga kita bisa melayani konsumen dengan jauh lebih baik.

Pastikan juga anda melaksanakan persaingan yang sehat, tidakboleh pernah menjatuhkan atau menjelek jelekkan perjuangan orang lain, atau memasang harga yang jauh dipamasukan lantaran anda akan dianggap menjatuhkan harga pamasukan. Berikan pelayaan yang memuaskan ibarat menyiapkan ruang tunggu pelanggan ataupun mempersembahkan snack bagi pelanggan yang menunggu dan mempersembahkan makan siang untuk pelanggan yang menunggu hingga jam makan siang, ramah terhadap konsumen dan kecepatan dalam menservis unit kendaraan. Bila perlu setiap final servis diberikan bonus tambahan berupa basuh motor atau kendaraan beroda empat gratis, siapa sih yang tidak mau dicucikan kendaraannya secara gratis ?


4. Mempersiapkan Manajemen dan Teknisi Yang Baik

Manajemen yang baik serta teknisi yang handal ialah bab terpenting dari perjuangan perbengkelan, khususnya buat anda yang masih dalam tahap merintis / memulai. Adapun administrasi yang dimaksud mencakup administrasi internal dan administrasi after sales. Manajemen internal ini contohnya ibarat kemampuan anda dalam melaksanakan pengelolaan keuangan, kemampuan menstock suku cadang yang cepat habis dan lain sejenisnya. Dan administrasi aftersales ini mencakup pelayanan dan kepuasan pelanggan, ramahnya para pegawai terhadap konsumen, teknisi yang selalu terlihat membersihkan dan rapi, serta yang tak kalah penting ialah follow up terhadap konsumen, menanyakan puas dan tidaknnya pelanggan untuk mendeteksi hal hal apa saja yang kurang dan kita dengan secepat mungkin melaksanakan perbaikan.

Begitu juga dengan mempersiapkan teknisi atau mekanik yang sudah paham dengan dunia bengkel ( mempunyai pengalaman kerja yang cukup dibidangnya ), teknisi handal tentu sanggup mendapatkan amanah untuk mengatasi banyak sekali keluhan konsumen terhadap kendaraan yang dimilikinya. Pastikan kalian mempersembahkan penghasilan yang tepat waktu, dan bonus sesuai dengan pencapaian mereka semoga tenaga yang handal ini betah bekerja di daerah anda dan tidak kabur ke bengkel lain. Ingat teknisi handal ini juga ialah investasi berharga bagi kalian calon pemilik bengkel.


5. Perlengkapan dan Peralatan Kerja

Bagian yang tidak bisa dipisahkan di dunia perbengkelan ialah perlengkapan kerja yang komplit. Lengkap tidaknya peralatan kerja ini nantinya akan mempengaruhi terhadap kualitas dan hasil pekerjaan. Lakukan penggantian peralatan kerja secara berkala, ibarat mengganti kunci kunci yang sudah mulai aus ataupun rusak. Selain itu anda juga harus melek wawasan mengingat perkembangan teknologi ketika ini semakin pesat, sehingga anda bisa mengupdate peralatan bengkel dengan teknologi terbaru semoga pekerjaan bisa terselesaikan dengan cepat, terutama terkena peralatan khusus atau SST ( Special Service Tools ).

 ibarat yang kita ketahui tiruana bahwa setiap tahun sasaran penjualan dari banyak sekali main de Tips Memulai Usaha Otomotif Buka Bengkel Mobil Motor

Baca juga : Apa yang dimaksud dengan SST Spesial Servis Tools

Tersedianya peralatan yang komplit ini disamping sanggup menuntaskan pekerjaan dengan sempurna, juga akan kuat terhadap tingkat kepercayaan konsumen. Konsumen tentu akan lebih mempercayakan unit kendaraan mereka diservis di bengkel yang mempunyai peralatan lengkap dibandingkan bengkel yang ala kadarnya.

Nah diatas ialah beberapa hal yang bisa kalian pelajari sebelum memutuskan untuk benar benar membuka perjuangan bengkel semoga kedepannya semakin bertambah maju. Banyak bengkel gres bermunculan dan tak usang kemudian gulung tikar jawaban kurangnya pengetahuan mereka didalam bisnis ini. Kunci utama semoga sukses untuk membuka bengkel ialah modal yag cukup, teknisi yang handal dan peralatan kerja yang lengkap. Semoga bermanfaa.


0 Komentar untuk "Tips Memulai Perjuangan Otomotif Buka Bengkel Kendaraan Beroda Empat Motor"

Back To Top