Kerusakan pada gardan mobil - salah satu komponen yang mempunyai peranan penting pada kendaraan roda empat ialah gardan atau differential yang mempunyai fungsi paling utama sebagai pembeda putaran as roda kiri dan kanan pada kendaraan. melaluiataubersamaini adanya gardan inilah radius sudut belok kendaraan beroda empat menjadi lebih pendek.
Komponen differential ini terdiri dari beberapa rangkaian gear serta laher atau bearing yang dilengkapi dengan oli pelumas supaya gear yang ada didalam gardan tidak cepat aus dan rusak. Karena sistem kerjanya yang selalu bergesekan inilah gardan akan cepat mengalami kerusakan kalau kita hingga telat dalam melaksanakan penggantian oli gardan. Gear gardan yang sudah aus ini selain menurunkan kinerja akselerasi disaat belok juga membuat bunyi dengung yang menganggu.
Bunyi gardan yang mendengung dengung ini biasanya diakibatkan lantaran kondisi laher bearing ataupun gear yang ada didalamnya terlalu rapat ( tidak ada celah ) sehingga timbul bunyi yang demikian.
Selain bunyi dengung yang menjengkelkan layaknya bunyi pesawat terbang ini, ada juga beberapa persoalan lain yang seringkali timbul pada gardan atau differential kendaraan beroda empat yang diantaranya ialah sebagai diberikut :
Nah itulah tadi aneka macam masalah yang sering kali menghampiri gardan mobil keakungan anda. Agar gardan kendaraan beroda empat selalu abadi dan tidak terjadi kebocoran yang demikian sebaiknya lakukan perawatan pada kepingan ini, ibarat melaksanakan penggantian oli gardan sempurna waktu, selalu mengganti packing sumbat oli dengan yang gres setiap kali mengganti oli gardan, dan bila sewaktu waktu anda harus membongkar gardan lantaran alasan tertentu di bengkel repair, pastikan gunakan lem dan packing berkarakter elok supaya tidak terjadi bocor berulang. Semoga bermanfaa.
Komponen differential ini terdiri dari beberapa rangkaian gear serta laher atau bearing yang dilengkapi dengan oli pelumas supaya gear yang ada didalam gardan tidak cepat aus dan rusak. Karena sistem kerjanya yang selalu bergesekan inilah gardan akan cepat mengalami kerusakan kalau kita hingga telat dalam melaksanakan penggantian oli gardan. Gear gardan yang sudah aus ini selain menurunkan kinerja akselerasi disaat belok juga membuat bunyi dengung yang menganggu.
Bunyi gardan yang mendengung dengung ini biasanya diakibatkan lantaran kondisi laher bearing ataupun gear yang ada didalamnya terlalu rapat ( tidak ada celah ) sehingga timbul bunyi yang demikian.
Baca juga : Teknik kerja fitur cruise control pada mobil
Selain bunyi dengung yang menjengkelkan layaknya bunyi pesawat terbang ini, ada juga beberapa persoalan lain yang seringkali timbul pada gardan atau differential kendaraan beroda empat yang diantaranya ialah sebagai diberikut :
Gardan kendaraan beroda empat terasa bergetar dikala akselerasi
Terkadang gardan juga bisa bergetar ketika kendaraan beroda empat sedang dipacu dijalan raya, hal ini disebabkan lantaran adanya salah satu atau komponen bearing yang ada didalam gardan kendaraan beroda empat rusak, hancur atau ambrol. Ambrolnya bearing yang ada didalam gardan ini pun dipengaruhi oleh banyak faktor, selain faktor usia bisa disebabkan lantaran kualitas material yang dipakai jelek ( imitasi ) dikala melaksanakan penggantian, atau bisa juga lantaran penyetelan yang salah kalau gardan pernah dibongkar.Oli gardan bocor atau merembes
Masalah yang kerap kali menghampiri gardan selanjutnya ialah lantaran adanya kebocoran ataupun adanya rembesan oli gardan yang keluar. Hal ini biasanya diakibatkan lantaran baut sumbat oli gardan kurang kencang, bisa juga lantaran sumbat oli tidak menggunakan packing baru. Jika gardan kendaraan beroda empat pernah dilakukan pembongkaran dan ternyata bocor kembali, besar kemungkinan lantaran sewaktu mekanik merakit kembali gardan, pemasangan packing kurang sempurna dan atau lantaran cara pemdiberian lem sealer yang kurang rata sehingga terjadi kebocoran berulang.Oli gardan bocor lantaran Seal pinion gear yang sudah aus
Ada beberapa kendaraan beroda empat yang juga mengalami kebocoran di kepingan gardan tepatnya pada pertama pinion gear, yakni sebuah gear yang menghubungkan antara ring gear menuju batang propeller. Di kepingan pinion ini juga terdapat sebuah seal yang menahan supaya oli gardan tidak bocor ataupun merembes melalui celah ini, dan lantaran mungkin usia seal yang sudah bau tanah dan aus membuat oli gardan bisa meresap dan merembes dari celah ini.Oli gardan bocor lantaran Seal as roda sudah aus
Kebocoran oli gardan bisa juga melalui as roda belakang kendaraan beroda empat yang dikarenakan seal as roda juga mengalami keausan sehingga lambat laun oli bisa bocor melalui kepingan as roda, yang selanjutnya akan merembes kedalam drum brake dan mempengaruhi kinerja rem tromol belakang mobil.Adanya retak di kepingan gardan
Kejadian retaknya gardan sebuah kendaraan memang sangat jarang sekali terjadi, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kebocoran oli gardan bisa berasal dari retak pada kepingan gardan, alasannya penulis sendiri pun pernah mendapati kendaraan beroda empat isuzu panther gardan nya retak sebesar rambut dan oli selalu keluar melalui celah retakan ini. Foto akan penulis upload untuk yang keretakan kecil ini, masih dicari di file folder soalnya :).Gardan kendaraan beroda empat retak |
Baca juga : Ketahui penyebab kendaraan beroda empat diesel masuk angin
Nah itulah tadi aneka macam masalah yang sering kali menghampiri gardan mobil keakungan anda. Agar gardan kendaraan beroda empat selalu abadi dan tidak terjadi kebocoran yang demikian sebaiknya lakukan perawatan pada kepingan ini, ibarat melaksanakan penggantian oli gardan sempurna waktu, selalu mengganti packing sumbat oli dengan yang gres setiap kali mengganti oli gardan, dan bila sewaktu waktu anda harus membongkar gardan lantaran alasan tertentu di bengkel repair, pastikan gunakan lem dan packing berkarakter elok supaya tidak terjadi bocor berulang. Semoga bermanfaa.
Tag :
problem mobil
0 Komentar untuk "Masalah Yang Sering Timbul Pada Gardan Mobil"