Tips Merawat Kompressor Angin Atau Udara Biar Awet

Teknik merawat kompressos udara - salah satu alat yang paling penting untuk mendukung perjuangan kita menyerupai perjuangan otomotif ataupun perjuangan bengkel guna mempercepat proses pekerjaan sehingga ekonomis waktu. Nah kompressor udara sendiri juga ialah sebuah peralatan mekanis yang juga dapat mengalami kerusakan bila tidak pernah dirawat sama sekali, bila sudah rusak tentu saja pekerjaan anda menjadi terganggu alasannya harus melaksanakan tiruananya kembali ke serba manual.

Nah pada peluang kali ini kita akan membagikan beberapa tips bagaimana cara melaksanakan perawatan kompressor udara ini semoga nantinya tidak praktis rusak dan merugikan anda. Dan beberapa tips sederhana dalam melaksanakan perawatan kompressos udara ini diantaranya yaitu sebagai diberikut.

 salah satu alat yang paling penting untuk mendukung perjuangan kita menyerupai perjuangan otomotif ata Tips Merawat Kompressor Angin Atau Udara Agar Awet

Tips merawat kompressor udara


1. Penempatan mesin kompressor di kawasan yang benar

Pastikan anda meletakkan kompressor udara ini dilokasi yang seharusnya, jauhkan dari jangkauan umum kalau dapat letakkan kompressor udara di ruangan khusus dan spesialuntuk operator saja yang boleh mengoperasikan. melaluiataubersamaini menciptakankan sebuah ruangan khusus untuk mesin kompressor, maka kemungkinan kompressor terkena debu atau kotoran lain dapat diminimalisir.

2. Inspeksi kecil sebelum mengoperasikan

Lakukan investigasi kecil setiap kali hendak menyalakan mesin kompressor ( biasanya dilakukan di pagi hari ) yang mencakup investigasi kekencangan belt, investigasi mur atau baut yang kendor, ketinggian oli kompressor dan lain sebagainya. Jika ada baut atau belt yang kendor sebaiknya dikencangkan terlebih lampau sebelum dinyalakan. Termasuk juga menyidik ada atau tidaknya benda ajaib disekitar mesin kompressor menyerupai sampah yang dapat menimbulkan terjadinya kerusakan.

3. Periksa tekanan udara didalam tabung

Periksa juga indikator tekanan udara atau pressure gauge guna mengetahui seberapa besar tekanan udara yang ada didalam kompressor, apakah tekanan udara tadi masih dibawah ambang batas kondusif ataukah tidak, bila melebihi sebaiknya lakukan penyetelan otomatis nya. Hal ini bertujuan semoga tabung penyimpanan udara tidak kelebihan muatan dan berpotensi meledak.

4. Ganti oli secara berkala

Lakukan penggantian oli kompressor secara terpola sesuai dengan buku petunjuk servis secara teratur dan gunakan oli yang dimasukankan. Sama hal nya kendaraan beroda empat atau motor yang memakai oli sebagai pelumasan mesin, kompressor pun juga membutuhkan oli guna melumasi seluruh bab bergerak yang berfungsi untuk menghisap dan memampatkan udara. melaluiataubersamaini melaksanakan penggantian oli secara teratur maka kemungkinan komponen bergerak didalam mesin kompressor dapat diminimalisir tingkat keausannya.

5. Buang sisa udara didalam kompressor

Setiap kali final memakai kompressor ( biasanya di sore hari ) membuanglah udara sisa yang tidak dipakai, tidakboleh malah membiarkan udara sisa ini didalam tabung dengan impian dapat digunakan lagi untuk keesokan harinya. Perlu anda ketahui bahwa udara yang terlalu usang membisu didalam tabung bila terkena udara malam dapat bermetamorfosis embun. Dan embun yang terbentuk pada dinding dalam tabung ini akan terkumpul dan menjadi air, bila ada kandungan air didalam kompressor tentu akan mempercepat munculnya karat didalam tabung yang lambat laun akan membuat tabung kompressor menjadi keropos dan bocor. Untuk lebih amannya anda dapat memmembuang angin yang bercampur air ini tiap final kerja dan pada jam 12 siang.

Baca juga : Perkiraan harga kompressor brand Swan dan Krisbow terbaru

Nah itulah tadi beberapa tips sederhana dalam melaksanakan perawatan mesin kompressor udara semoga awet, Selain cara perawatan yang benar menyerupai diatas kualitas dari mesin kompressor itu sendiri juga besar lengan berkuasa terhadap keawetannya, maka dari itu belilah mesin kompressor yang sudah mempunyai nama dan sudah terbukti kualitasnya. Jangan hingga spesialuntuk tergiur beli kompressor berharga murah dengan brand yang tidak jelas. Semoga bermanfaa dan salam otomotif.



Tag : tools
0 Komentar untuk "Tips Merawat Kompressor Angin Atau Udara Biar Awet"

Back To Top