Resiko Menutup Kanal Egr Turbocharger Dapat Rusak

Kerusakan turbocharger akhir menutup EGR - salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh pemilik kendaraan bermesin diesel guna meningkatkan tenaga mesin ialah dengan jalan menutup saluran EGR atau Engine Gas Recirculating, yakni sebuah saluran yang menyalurkan sisa gas membuang untuk dikembalikan lagi kedalam ruang mesin untuk selanjutnya bakar lagi pada proses pembakaran selanjutnya.

Alasan kenapa orang lebih menentukan untuk menutup saluran EGR ini ialah semoga udara gerah yang dihasilkan dari sisa pembakaran tidak masuk lagi kedalam ruang mesin, mengingat udara ini masih sangat gerah sehingga kalau dimasukkan kembali ke ruang mesin dan dikompresi, kompresi yang dihasilkan menjadi lemah dan tenaga mesin diesel menjadi loyo. Istilah untuk penutupan saluran EGR ini dikenal dengan istilah POWER UP MESIN DIESEL. Untuk penjelasannya akan kami sertakan link tutorial diakhir artikel.

Kerusakan turbocharger akhir menutup EGR Resiko Menutup Saluran EGR Turbocharger bisa rusak


Resiko menutup saluran EGR di mesin diesel

Melakukan power up mesin diesel dengan jalan menutup saluran EGR ini bukan tanpa resiko, bahkan resiko menutup saluran EGR ini bahkan sangat beresiko terhadap usia pakai mesin turbocharger. Alasannya ialah dikala kita menutup saluran EGR, maka gas sisa pembakaran ini tidak bisa kembali kedalam ruang mesin melalui intake, dan akhirnya gas sisa ini eksklusif didistribusikan eksklusif keluar melalui lubang knalpot mobil, sedangkan besarnya lubang knalpot dengan gas sisa yang di keluarkan akhir ditutupnya saluran EGR ini menjadi tidak seimbang.

Gas sisa lebih banyak dari kemampuan knalpot dalam memmembuang gas membuang, risikonya ialah naiknya tekanan gas membuang didalam saluran turbocharger serta lebih meningkatnya suhu gerah dari mesin turbocharger akhir menumpuknya udara gerah dari dalam ruang bakar. Dan pada akhirnya hal ini lambat laun akan membuat mesin turbocharger menjadi cepat mengalami kerusakan, terutama pada bab turbin dan juga ring cartridge turbin yang mengakibatkan oli masuk kedalam ruang bakar dan malah juga mengganggu kinerja mesin diesel.

Lalu bagaimana cara menaikkan tenaga mesin selain menutup saluran EGR ?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tenaga atau power dari sebuah mesin yang salah satunya ialah dengan memasang komponen intercooler pada perangkat turbocharger anda. melaluiataubersamaini adanya komponen intercooler ini, maka udara terkompresi yang dihisap dan didorong oleh mesin turbocharger kedalam ruang bakar menjadi lebih dingin. Hasilnya ialah kompresi mesin menjadi lebih tinggi sehingga tenaga atau power yang dihasilkan oleh mesin menjadi meningkat. Untuk pembelian perangkat intercooler bisa kalian tanyakan di toko aksesoris dan modifikasi mesin di kota kawasan anda tinggal.

Nah bagaimana ternyata menutup saluran EGR juga mempunyai resiko bukan ? Selain beresiko mempercepat kerusakan mesin turbo yang harganya sangat mahal itu, juga bisa mengganggu kinerja mesin mobil. Semoga goresan pena ini bisa mempersembahkan wawasan kepada anda terkena efek yang ditimbulkan dari menutup saluran EGR pada mesin diesel, dan tidakboleh lupa dimenolong share :).

Untuk artikel lain yang berkaitan dengan tulian diatas bisa kalian baca juga melalui list dibawah ini.






Tag : turbo
0 Komentar untuk "Resiko Menutup Kanal Egr Turbocharger Dapat Rusak"

Back To Top