Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras

Pedal kopling kendaraan beroda empat keras memang menjadi problem tersendiri bagi pemilik kendaraan beroda empat bertransmisi manual, terlebih lagi bila terjebak macet tentu akan membuat kaki terasa pegal akhir terus menerus memainkan pedal kopling yang keras tadi.

Bahaya lain pun mulai timbul menyerupai berkurangnya serius atau serius mengemudi akhir kejadian pedal kopling keras yang amat sangat berbahaya. Berkendara dengan serius yang tidak serius sanggup mengakibatkan kecelakaan di jalan raya dan tentu saja hal ini akan merugikan kita ataupun orang lain bukan.

 memang menjadi problem tersendiri bagi pemilik kendaraan beroda empat bertransmisi manual Teknik Mengatasi Pedal Kopling Keras


Lalu apa penyebab pedal kopling terasa keras kalau di injak ?. Banyak sekali faktor yang menghipnotis penyebab pedal kopling kendaraan beroda empat terasa keras saat di injak baik dari segi cara pemakaian ataupun perawatan yang kurang dipedulikan oleh para pemilik mobil, diberikut yaitu beberapa penyebab pedal kopling sanggup menjadi keras diantaranya yaitu sebagai diberikut :

Cover clutch sudah usang

Ada beberapa pemilik kendaraan beroda empat yang mungkin ingin menghemat pengeluaran dan saat melaksanakan penggantian komponen kopling mereka spesialuntuk mengganti kampas koplingnya saja, padahal seharusnya setiap melaksanakan penggantian wajib mengganti satu set komponen yakni release bearing, cover clutch dan juga kampas kopling. Cover clutch yang sudah lama tentu pelat dari sekat diafragmanya akan mengeras sehingga membutuhkan tenaga extra untuk menekannya. Baca juga Ciri kampas kopling mulai habis .

Release bearing dan pilot bearing sudah rusak

Penyebab pedal kopling menjadi keras yang kedua ialah akhir sudah rusaknya komponen release bearing dan juga pilot bearing yang sanggup mengakibatkan kerasnya pedal kopling.

Kampas kopling jelek

Tidak tiruana produk memenuhi kualifikasi, ada beberapa produk yang kurang anggun lolos dari pensortiran dan terjual di pamasukan. Salah satu faktor yang mengakibatkan pedal kopling menjadi keras saat di injak juga berasal dari kampas kopling yang buruk ini ( walaupun kondisinya gres dan tebal ).

Teknik memakai kopling yang salah

Tidak diperbolehkan memakai pedal kopling secara bernafsu menyerupai melepaskan dan menginjak pedal kopling secara keras dan cepat kolam pembalap kendaraan beroda empat di televisi. Sebab kalau melaksanakan hal yang demikian akan membuat pelat kopling menjadi keras dan mengakibatkan kerasnya injakan pddal.

Teknik mengatasi pedal kopling yang keras saat di injak diantaranya yaitu sebagai diberikut :

  1. Melakukan penggantian komponen kampas kopling satu set yang terdiri dari cover clutch, disk clutch, dan juga release bearing / pilot bearing.
  2. Memdiberikan cairan pelumas 4WD pada belahan release bearing melalui but atau epilog karet yang ada pada tuas penekan kopling.
  3. Usahakan memakai gigi satu saat start, tidakboleh pribadi memakai gigi dua atau tiga.
  4. Menginjak dan melepas pedal kopling secara halus.
  5. Jangan terlalu sering menginjak pedal setengah kopling, kopling spesialuntuk di injak saat kendaraan beroda empat akan berhenti atau akan melaksanakan perpindahan gigi saja.
  6. Jangan menaruh kaki pada pedal kopling di sepanjang perjalanan.


Baca juga : Fungsi V belt yang harus kalian ketahui

Nah itulah tadi cara mengatasi pedal kopling yang keras dan juga mengetahui penyebab pedal kopling yang menjadi keras saat di injak. Semoga bermanfaa.


0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras"

Back To Top