Perhatian ! Jangan Asal Memasang Baut Jikalau Tidak Mau Celaka

Otomotif - Sering kali banyak para pemilik kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda dua yang menganggap remeh dari sebuah baut, dan sebab perilaku yang remeh inilah tak jarang para biker memasang baut secara asal pada motor mereka, tidak ada kunci pas/ ring tang buaya pun jadi.

Padahal fungsi dari baut tersebut sangatlah penting dan sebaiknya harus diperhatikan. Terlebih didalam hal pengencangan baut itu sendiri kita juga harus extra perhatian sebab jika baut yang terpasang itu tadi kendor sanggup bisa mengakibatkan kita atau orang lain celaka tentunya.

 Sering kali banyak para pemilik kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda dua yang meng Perhatian ! Jangan Asal Memasang Baut Bila Tidak Mau Celaka


Khusus dalam hal mengencangkan sebuah baut, kita pun dituntut untuk mengetahui seberapa keraskan kekerasan baut yang ideal sehingga tidak terlalu keras yang sanggup mengakibatkan baut menjadi aus, atau kekenduran yang menimbulkan baut menjadi lepas.

Lalu bagaimana kita mengukur kekencangan baut baut yang terpasang pada kendaraan bermotor kita?
Ada sebuah alat yang benama torque wrench ( torsi ) yang sanggup kita gunakan pola untuk mengencangkan baut, dan dari besar ukuran serta materi pembuatan baut pun kita juga harus memperlakukan dengan cara yang tidak sama. Misal nih , walaupun sama sama baut berukuran 21mm yang satu terbuat dari besi dan satunya lagi terbuat dari aluminium, tentu kita harus memakai nilai torsi yang tidak sama.

Dari segi material pembuat baut diusahakan memakai materi yang sama, misal jika mur nya terbuat dari aluminium ya pasangkanlah dengan baut yang berbahan aluminium, begitu pula dengan materi lain menyerupai besi,baja atau tembaga.



Tag : tips motor
0 Komentar untuk "Perhatian ! Jangan Asal Memasang Baut Jikalau Tidak Mau Celaka"

Back To Top