Cara Merawat Wiper Kendaraan Beroda Empat Yang Benar

Merawat wiper - apakah sebagian dari pemilik kendaraan roda empat melaksanakan perawatan wiper dengan baik?,atau spesialuntuk menyerahkan penanganannya kepada bengkel servis ketika mereka sedang melaksanakan servis mobil?,iya bila ingat servis,kalau tidak bagaimana?

Memeriksa wiper atau alat penyapu air hujan sangatlah perlu dan harus rutin dilakukan oleh masing masing pemilik ( bila tidak sanggup ya minta tolong pemmenolongnya ). Terlebih pada ketika ekspresi dominan hujan tiba,pastikan fungsi wiper ini dalam keadaan baik,karena bila tidak ,hal yang sangat sepele menyerupai ini sanggup menimbulkan tragedi menyerupai kecelakaan.

 apakah sebagian dari pemilik kendaraan roda empat melaksanakan perawatan wiper dengan baik Teknik Merawat Wiper Mobil Yang Benar


Banyak kecelakaan kendaraan beroda empat dialami alasannya yakni kondisi wiper yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya,sehingga air yang ada pada beling depan kendaraan tidak tersapu dengan sempurna,dan jarak pandang pun menjadi terbatas,nah kecelakaan lah akibatnya.

Berikut yakni tips cara merawat wiper mobil yang baik dan benar yang sanggup anda lakukan sendiri dirumah.

1.Jangan pernah mengangkat wiper dalam waktu yang lama

Pernahkah kalian melihat kendaraan beroda empat yang sedang diparkirkan,kemudian terlihat wiper dalam keadaan terangkat?. Menurut mereka hal ini bertujuan untuk memelihatra keawetan karet wiper,dengan mengangkatnya maka akan terhindar dari kontak gerah dari terik matahari yang pribadi terkena kaca. Padalah cara ini justru malah sanggup mempercepat kurusakan dari karet wiper itu sendiri loh,yang malah akan menjadikan karet melengkung tidak karuan. Bila memang terpaksa parkir di daerah gerah sebaiknya tutuplah kendaraan beroda empat memakai cover mobil.

2.Lumasi poros engkol secara berkala

Agar seluruh persendian ( poros engkol ) dari wiper sanggup bekerja dengan sempurna,lumasilah memakai 4WD pada potongan poros engkol wiper paling tidak 1 bulan sekali atau setelah dicuci bila ekspresi dominan hujan.

3.Coba periksa karet wiper sudah rusak ataukah tidak

Untuk memeriksanya cukup gampang,nyalakan wiper,semprotkan air dan lihat apakah wiper sanggup menyapu air secara tepat ataukah tidak ( timbul garis,baret dll ). Bila tidak sanggup menyapu dengan tepat sudah niscaya karet wiper sudah rusak. Lakukan penggantian di bengkel resmi terdekat dikota anda.

4.Periksa atau membersihkankan ujung nozzle air wiper

Pastikan ujung nozzle penyemprot air wiper tidak buntu. Bila terjadi buntu atau penyumbatan,ambil satu buah jarum pentul dan tusukkan pada lubang nozzle kemudian cek lagi,semprotkan sampai air keluar.

5.Gunakan spesialuntuk produk rekomendasi dealer ATPM

Memang diluar sana berbagai produk aftermarket menyerupai air wiper dengan harga jual yang lebih murah dari yang ditawarkan oleh pihak dealer. Tapi ingat,tidakboleh sembarangan membeli produk aftermarket secara sembarangan alasannya yakni dikhawatirkan kualitas nya jelek. Biasanya mengandung asam dan garam yang menimbulkan rusaknya karet wiper serta buntu nya nozzle air wiper.

6.Atur arah semprot air wiper

Kadangkala semprotan dari nozzle tidak pas tepat pada area beling depan,beberapa malah melenceng jauh keatas atau kebawah. Maka dari itu bila terjadi hal yang demikian lakukanlah penyesudah,caranya yakni ambil jarum pentul dan tusukkan kedalam lubang nozzle,kemudian goyangkan ujung nozzle semoga arah semprotan tepat ditengah kaca.

7.Jika beling depan kendaraan beroda empat berdebu,tidakboleh aktifkan wiper

Kadangkala beling kendaraan beroda empat akan berdebu bila terlalu usang diparkir di area terbuka. Bila ternyata beling depan kendaraan beroda empat banyak terdapat debu,tidakboleh pribadi mengaktifkan wiper. Namun terlebih lampau angkat kedua wiper,kemudian siram beling memakai air dan sapu dengan kguabo. Sesudah itu turunkan dan gres sanggup mengaktifkan wiper.

Nah,cukup simpel bukan dalam melaksanakan perawatan wiper sendiri dirumah. Bila kita rajin dalam memperhatikan wiper,sudah tentu wiper akan baka sehingga sanggup menghemat biaya bila melaksanakan penggantian.


Tag : tips mobil
0 Komentar untuk "Cara Merawat Wiper Kendaraan Beroda Empat Yang Benar"

Back To Top