Inilah Fungsi Tali Kipas Atau Fan Belt

Fungsi tali kipas - pernahkah anda mendengar orang sebut tali kipas atau Van belt yang sudah rusak dan harus diganti. Lalu gotong royong apa sih fungsi dari tali kipas atau fan belt ini ?.

Pada kendaraan bermotor khususnya kendaraan beroda empat tentu istilah ini sudah tidak abnormal lagi alasannya ialah tanpa adanya komponen yang satu ini beberapa bab kendaraan tidak sanggup berfungsi sebagaimana mestinya. Nah maka dari itulah fungsi tali kipas ini sangatlah penting sekali.

 pernahkah anda mendengar orang sebut tali kipas atau Van belt yang sudah rusak dan  INI Fungsi Tali Kipas atau Fan Belt
tali kipas via autoservicecosts.com


Pengertian tali kipas atau Van belt

Tali kipas atau fan belt ialah sebuah komponen berbentuk menyerupai tali bulat dan terbuat dari materi karet khusus dan dilapisi dengan materi kampas pada bab sisi sisinya.

Fungsi tali kipas atau Van belt

Fungsi utama dari fan belt ini ialah untuk memindahkan tenaga, menggerakkan poros dari komponen menyerupai kompressor AC, poros alternator, waterpump dan lain sebagainya dengan jalan menghubungkan poros poros tersebut dengan sebuah tali khusus yang biasa disebut V-belt.

Jika komponen V belt ini rusak

Bila V belt atau tali kipas ini rusak maka sanggup menyebabkan komponen lain yang membutuhkan putaran dari mesin melalui V belt akan berhenti fungsinya dan menyebabkan ketidak nyamanan dalam berkendara sampai rusaknya kendaraan beroda empat itu sendiri. Misalkan saja V bel AC yang rusak, maka secara otomatis kompressor AC tidak akan sanggup terputar dan kesannya AC tidak sanggup berfungsi.

Perawatan V belt biar tidak simpel rusak

Untuk cara merawat v belt ini supaya tidak simpel rusak ialah dengan selalu memperhatikan ruang mesin, terutama mengatur kekencangan dari masing masing V belt yang ada, tidakboleh terlalu kendor ataupun terlalu kencang.

Baca juga : Manfaat carbon cleguar yang harus engkau ketahui

Nah itulah tadi fungsi dari tali kipas yang wajib kalian tahu. Pastikan selalu menilik kekencangan tali kipas dan segera melaksanakan penggantian kalau diketahui ada retakan pada V belt ini. Semoga bermanfaa.


Tag : tips mobil
0 Komentar untuk "Inilah Fungsi Tali Kipas Atau Fan Belt"

Back To Top