Kapan Ban Kendaraan Beroda Empat Harus Diganti ? Ini Jawabannya

fungsi roda atau ban ialah salah satu komponen paling vital yang menyangkut keselamatan berkendara pasalnya ban inilah yang mengatur laju dan kendali sebuah kendaraan.

Seringkali kita menunda untuk mengganti ban mobil yang sudah tida layak pakai dengan alasan keuangan yang sedang menipis,coba anda pilih mana antara mengeluarkan ongkos membeli ban gres atau celaka dikala sedang berkendara?

 terkadang mereka para pemilik kendaraan beroda empat seringkali mengabaikan keselamatan dalam berkendara t Kapan Ban Mobil Harus Diganti ? Ini Jawabannya


Bagaimana jikalau kita memang benar benar tidak tahu menahu kapan ban tersebut harus diganti?.Sebenarnya ada kriteria tertentu yang mengharuskan anda melakukan penggantian ban,dan diberikut ialah beberapa kriteria ban yang sudah waktunya untuk diganti.

Bila ban sudah aus

Keausan ban membuktikan bahwa kondisi ban sudah menipis,caranya ialah dengan melihat indikator keausan ban ( Tread Wear Indicator ) yang disimbolkan dengan tanda segitiga di cuilan sisi ban.
Ban yang sudah mengalami keausan akan mempunyai daya cengkeram ke aspal yang melemah,dan akhirnya ban akan praktis sekali slip dan tentu sangat berbahaya bagi anda dan juga orang disekitar anda bukan?.

Ban sering bocor dan mempunyai banyak lubang tambalan

Ban yang banyak mempunyai lubang tambalan juga sangat TIDAK dimasukankan untuk tetap digunakan alasannya ialah dikhawatirkan akan meledak sewaktu waktu akhir tambalan yang terlepas ( untuk ban tubeless ). Untuk lubang tambalan sendiri yang masih diperbolehkan tidak lebih dari 2 lubang tambalan,jika ban kendaraan beroda empat anda sudah ditambal sebanyak 3 kali sebaiknya anda ganti dengan ban yang baru,sedangkan ban tadi dipindah posisinya ke Serep.

Bila ban terlihat retak retak dan terdapat benjolan

Ban yang mempunyai kondisi retak biasanya diakibatkan seringnya terkena gerah,pemakaian dengan jarak tempuh yang jauh namun kurang diperhatikan kelembabannya. Kondisi ban yang ibarat ini sangat rawan sekali terjadi PECAH BAN di jalanan. Penamasukan ingin melihat kendaraan beroda empat yang mengalami pecah ban?,silahkan anda cari di youtube.

Untuk kondisi ban yang benjol pun demikian,harus sesegera mungkin diganti alasannya ialah biasanya ban yang abuh akan mengalami pecah ban.

Usia ban yang terlalu tua

Baik ban yang sering digunakan ataupun yang jarang sekali dipakai,bila usianya sudah terbilang renta maka sebaiknya anda ganti denga ban yang gres alasannya ialah ban yang mempunyai usia renta secara otomatis akan kehilangan elastisitasnya ( getas ) dan biasanya mempunyai tada tanda umum yakni berwarna kusam,terlihat retak retak walaupun sebesar rambut, dan tidak lentur ( kaku )
Untuk usia ban sendiri yang dimasukankan ialah dibawah 8 tahun,diatas itu silahkan sebaiknya diganti saja.
Oh iya,dalam membeli ban gres tanyakan pula tanggal produksi ban yang akan dibeli kepada penjual,produsen ban pada umumnya memproduksi ban gres setiap 5 tahun sekali.

Terasa getar bila kendaraan beroda empat digunakan pada kecepatan tertentu

Setir yang bergetar dikala kendaraan sedang digunakan sungguh terasa tidak yummy alasannya ialah akan mengakibatkan tangan kram. cobalah untuk melaksanakan balancing roda guna menetralisir getaran,namun bila ternyata masih terasa bergetar segeralah ganti ban tersebut dengan yang baru.


Nah itulah tadi hal hal yang mengharuskan anda untuk mengganti ban,ingat keselamatan anda lebih penting.


Tag : ban, tips mobil
0 Komentar untuk "Kapan Ban Kendaraan Beroda Empat Harus Diganti ? Ini Jawabannya"

Back To Top