Cara Cek Kebocoran Evaporator Ac

Penyebab AC tidak dingin - berbagai yang diantaranya yaitu lantaran gas freon yang berfungsi sebagai penyerap gerah tersebut sudah habis sehingga AC kendaraan beroda empat pun tidak lagi menjadi dingin. Lalu bagaimana jikalau ternyata sudah di isi freon gres namun AC kendaraan beroda empat tetap saja tidak dingin?. Bisa jadi terdapat kebocoran di beberapa kepingan menyerupai selang kanal distribusi atau evaporator AC itu sendiri yang mengalami kebocoran entah cacat bawaan pabrik ataupun lantaran karena lain.


Untuk lebih memastikan dimana letak kebocoran anda harus mengurut satu persatu dimulai dari selang selang distribusi. Untuk mengecek apakah selangnya yang bocor sanggup dilakukan dengan cara melepas selang,menutup ujung selang yang satu dengan epilog khusus sedangkan pada ujung lainnya kita diberikan tekanan angin dan merendam selang tersebut kedalam air. Lalu bagaimana cara untuk mengecek evaporatornya yang bocor?.

Baca juga : Fungsi dari evaporator AC dan cara kerja sistem AC mobil

Tekniknya sama dengan yang saya jelaskan diatas yakni dengan mempersembahkan tekanan udara lalu merendam evaporator tersebut kedalam air,biladijumpai gelembung / buih yang keluar berarti evaporator tersebut bocor dan sebaiknya diganti saja. Untuk mengeceknya gunakan pipa kanal yang sudah tidak digunakan dan dimodivikasi sedemikian rupa menyerupai yang terlihat pada gambar dibawah ini :

Teknik Mengecek Kebocoran Evaporator AC


proses pengecekan kebocoran evaporator

pipa lain yang sudah dimodivikasi sebagai alat menolong pengecekan

evaporator direndam pada kolam meliputi air yang sebelumnya sudah didiberikan tekanan udara

Sebenarnya sanggup dilakukan pengeleman memakai lem besi untuk menghemat pengeluaran daripada membeli sebuah evaporator baru, namun hal ini tidak sanggup bertahan cukup usang dan lem akan terbuka kembali. Bila kendaraan beroda empat anda masih dalam kondisi gres sebaiknya anda bawa eksklusif ke dealer resmi kawasan anda membeli kendaraan beroda empat tersebut,dealer resmi biasanya mempersembahkan penggantian part garansi ( gratis ).

Apakah kendaraan beroda empat anda terasa boros materi bakar?,tidakboleh lupa juga untuk membaca penyebab kendaraan beroda empat boros materi bakar.


Tag : AC, problem mobil
0 Komentar untuk "Cara Cek Kebocoran Evaporator Ac"

Back To Top