Inilah Tips Berkendara Motor Di Jalanan Basah

Tips motor - seringkali orang menyepelekan kondisi jalanan yang berair lantaran diguyur hujan dengan memacu kendaraan mereka dengan kencang, padahal hal yang menyerupai ini sangat membahayakan sekali khususnya bagi pengendara sepeda motor.

Pasalnya ketika aspal jalanan diguyur hujan dan berair membuat daya cengkeram roda kendaraan tersebut menjadi lemah serta grip ban pun menjadi tidak terbaik. Jangankan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat menyerupai kendaraan beroda empat saja sanggup terjadi slip apalagi motor yang spesialuntuk mengandalkan dua roda sebagai tumpuannya.

Baca juga : Hindari kesalahan ini ketika kredit motor

 seringkali orang menyepelekan kondisi jalanan yang berair lantaran diguyur hujan dengan mema INI Tips Berkendara Motor Di Jalanan Basah


Maka dari itu sebaiknya anda tidak memacu kendaraan terutama sepeda motor dengan ugal ugalan semoga tidak terjadi hal hal yang tak di inginkan ketika sedang bepergian di ekspresi dominan hujan. Dan diberikut yaitu beberapa tips yang perlu anda terapkan ketika sedang bepergian menggunakan sepeda motor di waktu hujan.


Mengunakan alat pelindung diri

Setiap pengguna kendaraan roda dua wajib hukumnya menggunakan alat pelindung diri, salah satunya yaitu helm yang berlogo SNI. Adapun alat pelindung diri lainnya selain helm yaitu jaket/jas hujan, sepatu dan juga sarung tangan.

Pakai jas hujan yang terpisah

 seringkali orang menyepelekan kondisi jalanan yang berair lantaran diguyur hujan dengan mema INI Tips Berkendara Motor Di Jalanan Basah
foto via mortech.co.id


Banyak sekali model jas hujan yang ditawarkan dipamasukan mulai dari yang bentuknya menyerupai jubah batman hingga yang model terpisah menyerupai jaket dan celananya. Nah masukan terbaik yaitu gunakan yang model terpisah dan tidakboleh menggunakan model batman, lantaran jas hujan model batman dikhawatirkan jas hujan tersebut melambai lambai dan masuk ke jeruji sepeda motor. Dan bayangkan saja sendiri akibatnya.


Pakai sarung tangan yang tahan air

Sarung tangan yaitu salah satu peralatan pertolongan diri terutama pada bab jari dan tangan dari terik matahari ataupun luka kalau sewaktu waktu terjadi kecelakaan. Ada baiknya anda membeli sarung tangan yang tahan terhadap air sehingga ketika digunakan diwaktu hujan, anda tidak khawatir terjadi slip pada gagang setir ketika berkendara.

Wajib pakai sepatu

Kebiasaan para pengguna kendaraan roda dua ketika hujan datang yaitu melepas sepatu kemudian menyimpannya kedalam tas, sedangkan mereka kemudian berkendara tanpa bantalan kaki alias nyekermen. Padahal hal ini sangatlah berbahaya mengingat kalau terjadi kecelakaan, minimal dengan menggunakan sepatu kalau sewaktu waktu terjadi kecelakaan maka kaki atau jari kaki anda tidak hancur yang mungkin terjepit atau tertimpa kendaraan.

Wajib menyalakan lampu kota / lampu dekat

Menyalakan lampu di ekspresi dominan hujan sangat mempunyai kegunaan sekali dalam hal keselamatan. melaluiataubersamaini menyalakan lampu motor membuat kehadiran kita sanggup di prediksi oleh pengguna lain dari arah berlawanan sehingga kemungkinan terjadi gesekan ADU BANTENG sanggup dihindari mengingat jarak pandang ketika hujan akan berkurang. Maka dari itu pastikan keadaan lampu OK, kalau rusak segera diganti.

Kendalikan akselerasi dan pengereman

Seperti yang sudah saya sebutkan di pertama bahwa pada kondisi hujan daya cengkeram ban serta grip ban tidak tepat dan rawan terjadinya slip. Maka dari itu dalam berkendara di ekspresi dominan hujan harus selalu waspada, tidakboleh ngebut dan pastikan anda mengendalikan akselerasi motor dengan baik, tidakboleh mengerem dan menge gas secara mendadak kalau tidak ingin jatuh dan ditertawakan.

Waspada genangan air

 seringkali orang menyepelekan kondisi jalanan yang berair lantaran diguyur hujan dengan mema INI Tips Berkendara Motor Di Jalanan Basah


Biasanya ketika hujan berbagai jalanan di indonesia yang masih tergenang oleh air hujan. Sebaiknya anda perlu waspada bila menemui jalanan menyerupai ini, turunkan kecepatan dan lewati jalanan bergenang ini dengan sangat hati hati lantaran biasanya dibawah genangan air ini terdapat jebakan berupa lubang menganga yang siap menjungkalkan anda.

Jangan arogan

Nah yang terakhir ini yaitu berkaitan dengan arogansi kita baik terhadap sesama pengendara roda dua maupun dengan pengendara roda empat. Lebih baik anda menyerah saja ketimbang terjadi sesuatu yang tak di inginkan kalau bersikap besar kepala di jalan raya.


Berhenti dan berteduh kalau merasa takut

Biasanya ketika hujan lebat ada beberapa orang yang ragu ragu untuk berkendara kemudian dipaksakan, tentu saja hal ini sangat berbahaya lantaran berkendara dijalan raya dilarang ragu ragu. Jika anda yaitu orang yang mempunyai keraguan akan sanggup atau tidak berkendara di ekspresi dominan hujan sebaiknya menepi dan menunggu hujan sedikit reda gres kemudian melanjutkan perjalanan ketimbang memaksakan diri melanjutkan namun malah apes. Amit amit kan.

Baca juga : Mau membeli GPS kendaraan beroda empat ? Baca ini doloe


Nah diatas yaitu beberapa tips mengendarai motor di ekspresi dominan hujan yang perlu anda cermati dan patuhi semoga perjalanan anda selamat hingga tujuan walaupun diguyur hujan lebat. Semoga bermanfaa.


Tag : tips motor
0 Komentar untuk "Inilah Tips Berkendara Motor Di Jalanan Basah"

Back To Top