Penyebab Munculnya Kerak Putih Di Aki Dan Cara Mengatasinya

Tips cara merawat aki - pernahkah anda melihat adanya kotoran berupa serbuk berwarna putih hingga kehijauan yang muncul pada kutub terminal aki, biasanya paling banyak dijumpai pada kutub nyata ( + ) aki ? Serbuk tersebut yaitu sebuah residu yang biasanya terjadi didalam proses pengisian pada baterai aki, dan bila residu ini dibiarkan saja tanpa anda tangani dengan baik, tidak menutup kemungkinan performa dari komponen aki ini akan menjadi kurang baik dan berdampak pada kendaraan bermotor kalian tentunya.

#Penyebab munculnya serbuk putih pada kepala aki

Penyebab utama kenapa bisa hingga muncul serbuk putih pada kepala aki ( biasanya paling banyak di kutub nyata ) yaitu lantaran adanya ketidak seimbangan pada proses pengisian dari ALTERNATOR menuju kedalam aki, biasanya terjadi overcarger sehingga reaksi kimia yang ada didalam aki menjadikan suhu terminal menjadi lebih gerah, dan lalu gerah pada kutub aki ini mengikan beberapa senyawa penyebab kerak dan mengumpul pada kutub terminal aki. Jika dibiarkan maka jumlahnya akan semakin banyak dan bisa membuat korosi pada penggalan yang terdapat kerak ini.

Baca juga : Perhatikan hal ini sebelum membeli panther bekas

 pernahkah anda melihat adanya kotoran berupa serbuk berwarna putih hingga kehijauan yang  Penyebab Munculnya Kerak Putih Di Aki Dan Teknik Mengatasinya


Pada pertamanya kerak ini pada umumnya berwarna putih salju, namun saat mesin dimatikan dan kendaraan beroda empat disimpan didalam ruangan yang bersuhu dingin, terjadilah pengembunan pada penggalan kerak putih ini sehingga embun yang mengumpul membuat tembaga di terminal aki berkarat. Ingat karat tembaga yaitu berwarna hijau kebiru biruan, sehingga terkadang kerak hasil residu dari proses pengisian AKI yang tidak tepat ini berwarna hijau kebiru biruan juga akhir kerja sama antara residu AKI dengan karat tembaga.

Makara jikalau ada yang bilang ada retak pada penggalan kepala aki lah itu tidaklah benar dan tidak masuk logika alasannya yaitu timbulnya serbuk putih di kepala aki tadi yaitu hasil residu dari proses pengisian yang tidak seimbang, overcass / overcharger.

#Teknik memmembersihkankan terminal aki dari serbuk putih residu aki

Kita mengingat lebih jauh ihwal inovasi penemuan baterai dari jaman lampau yang bahkan dalam tes kemampuan dan pemahamannya, baterai akan pribadi bereaksi dan muncul residu pada kedua ujung kutub kutubnya yang membuat baterai tersebut usang kelabuaan akan pribadi kehilangan tenaga bukan ? hal ini pun juga akan terjadi pada AKI yang diklaim bisa bertahan dari hal demikian bila tidak anda perhatikan tentunya.

Oleh alasannya yaitu itu mengatasi hal ini sangatlah perlu dilakukan, menyerupai mengecek arus masuk pengisian hingga melaksanakan pemmembersihkanan terminal AKI. Teknik memmembersihkankannya pun cukup praktis sekali, spesialuntuk dengan melepas kabel terminal aki, menyiramnya dengan memakai air gerah serta menyikatnya sudah cukup untuk memmembersihkankan penggalan ini. Bila perlu anda bisa mengoleskan grease / gemuk pada ujung terminal aki semoga proses munculnya residu bisa dihambat akhir tertutupnya kutub terminal aki oleh grease / gemuk.

Pengecekan tingkat lanjut terhadap aki

Sesudah dilakukan pemmembersihkanan pada terminal aki, ada baiknya kalian memeriksakan tegangan pengisian dari alternator kedalam aki lantaran biasanya pengisian yang terlampau besar atau overcarger sanggup mempercepat munculnya serbuk putih pada aki bahkan sanggup merusak serta memperpendek usia aki akhir overcas ini. Anda bisa meminta pengecekan tegangan pengisian baterai aki setiap kali melaksanakan servis dan biasanya tidak dipungut biaya alias gratis, lha wong mek ngecek pake avometer doank kok!!

Baca juga : Aki gres perlu di cas atau tidak sebelum dipasang ?

Itulah tadi informasi terkena penyebab munculnya serbuk putih pada aki, tips memmembersihkankan serbuk putih pada aki dan juga hal apa saja yang sebaiknya dilakukan sehabis itu, semoga informasi diatas sanggup mempersembahkan manfaat bagi anda pembaca setia blog ini dan tak lupa saya ucapkan terimakasih atas menolongan share nya :).


Tag : aki
0 Komentar untuk "Penyebab Munculnya Kerak Putih Di Aki Dan Cara Mengatasinya"

Back To Top