Penyebab As Roda Truk Patah Dan Cara Antisipasinya

Sebab as roda sering patah - sering kali kita menemukan kecelakaan sebuah truk di jalan raya yang patah as atau poros roda kepingan belakangnya. Nah bagi sebagian orang pun juga bertanya tanya mengapa roda truk tersebut sanggup patah padahal sebuah truk itu didesain dengan tingkat kekokohan yang lebih dibandingkan kendaraan beroda empat biasa.

Jika sudah demikian kemacetan pun jadi tak terhindarkan lagi hingga truk tersebut benar benar disingkirkan ke pinggir jalan raya. Biasanya membutuhkan waktu yang usang mengingat truk truk yang terlepas As rodanya biasanya mengangkut sarat dengan muatan.

 sering kali kita menemukan kecelakaan sebuah truk di jalan raya yang patah as atau poros  Penyebab As Roda Truk Patah Dan Teknik Antisipasinya
truk mengalami patah sumbu roda

Banyak sekali penyebab kenapa As roda truk tersebut sanggup patah yang diantaranya ialah muatan truk yang terlalu berlebihan atau overload, juga sanggup disebabkan lantaran faktor usia komponen truk tersebut yang sudah dimakan usia.

Setiap truk pastinya mempunyai batas muatan maksimum ( tonase ), dan kebiasaan orang di indonesia ialah memaksakan mengangkut barang yang terlalu berlebih dengan alasan hemat, tidak bolak balik dan sebagainya. Memang pada pertama pertamanya tidak ada masalah, namun kalau hal ini terus dilakukan secara berulang maka rear housing axle akan melengkung dan pada hasilnya akan patah.

Beberapa kemungkinan kerusakan pada pelopor truk kalau kelebihan muatan

  • Gear differential akan rontok, rompal atau hancur
  • Axle shaf akan patah
  • Batang As roda patah




Maka dari itu untuk menghindari tragedi ibarat ini sebaiknya anda melaksanakan hal hal dibawah ini.

  • Jangan pernah memuat barang yang melebihi kapasitas angkutan ( melebihi tonase maksimum ).
  • Pastikan anda selalu rajin melaksanakan pengecekan fisik kondisi gardan truk.
  • Pastikan laju truk anda tidak melebihi batas kecepatan maksimum muatan ( ngebut ugal ugalan ) dan sebaiknya pelankan laju truk kalau melewati lubang yang menganga dijalanan.

 sering kali kita menemukan kecelakaan sebuah truk di jalan raya yang patah as atau poros  Penyebab As Roda Truk Patah Dan Teknik Antisipasinya
houshing axle patah


Nah tahu kan kini alasan kenapa truk sanggup mengalami patah as roda. Bagi anda yang mempunyai truk pastikan anda selalu memperhatikan perawatan kendaraan anda, dan bagi anda penunggang kendaraan bermotor pastikan anda tidak berkendara didekat truk besar alasannya sanggup membahayakan jiwa anda. Semoga selamat di jalan dan biar bermanfaa.


0 Komentar untuk "Penyebab As Roda Truk Patah Dan Cara Antisipasinya"

Back To Top