Penyebab Mesin Hilang Kompresi Dan Mengatasinya

Kompresi mesin hilang - syarat utama supaya mesin bisa menghasilkan tenaga selain materi bakar serta udara yang pas serta pengapian yang anggun juga harus ada kompresi yang anggun pula.

Kompresi yang anggun tentunya tidak ada kebocoran didalam sistemnya, lantaran kompresi mesin yang kurang atau bahkan tidak ada sanggup membuat semburan tenaga yang dihasilkan oleh mesin menjadi tidak terbaik. Selain itu juga membuat mesin menjadi knocking dan pincang.

 syarat utama supaya mesin bisa menghasilkan tenaga selain materi bakar serta udara yang pas Penyebab Mesin Hilang Kompresi Dan Mengatasinya


Teknik mengetahui kompresi mesin hilang

Satu satunya cara yang paling efektif dan akurat dalam mengetahui hilang atau tidaknya kompresi mesin ialah dengan memakai compression tester.

Penyebab kompresi mesin hilang

Ada beberapa penyebab umum kenapa kompresi mesin ini menjadi hilang adalah.

Pertama disebabkan oleh lengketnya komponen ring piston. Hal ini biasa disebabkan oleh keringnya komponen ini ( tidak menerima pelumasan ) atau bisa juga dikarenakan ring piston lengket lantaran oli pada celah celah ring mengeras dan menjadi ibarat gel.

Kedua disebabkan lantaran katup baik intake maupun exaust valve tidak tertutup secara tepat yang dikarenakan menumpuknya kotoran karbon dari hasil pembakaran yang tidak tepat sehingga katup ini terganjal dan tidak menutup secara presisi pada dudukan atau sitting klep nya.

Teknik mengatasi kompresi mesin hilang

Untuk mengatasinya anda perlu membawa kendaraan ke bengkel terdekat, disana nanti akan dianalisa oleh teknisi hal hal apa saja yang perlu diperbaiki. Biasanya anda akan disuruh untuk turun setengah mesin untuk membongkar dan melaksanakan penggantian serta melaksanakan skir klep atau skir valve.

Estimasi biaya untuk jasa turun setengah mesin biasanya 500 ribu keatas sedangkan jasa untuk skir klep antara 250 ribu sampai 400 ribu. Biaya diatas tidak termasuk part yang harus diganti ketika melaksanakan turun mesin ibarat ring piston jikalau harus diganti, seal cylinder head dan lain sebagainya.

Akibat kompresi mesin yang hilang

Hilangnya kompresi didalam ruang bakar akan menyebabkan beberapa hal dibawah ini.
Tenaga mesin menjadi loyo atau tidak bertenaga
timbulnya suara bunyi knocking didalam mesin yang mengganggu.
Kondisi paling parah ialah mesin menjadi pinjang lantaran salah satu pistonnya tidak bekerja dengan baik jawaban hilangnya kompresi.

 syarat utama supaya mesin bisa menghasilkan tenaga selain materi bakar serta udara yang pas Penyebab Mesin Hilang Kompresi Dan Mengatasinya
Pengetesan dengan memakai compression tester gauge


Baca juga : Nama pasta untuk skir klep atau katup valve mesin

Semoga artikel terkena penyebab hilangnya kompresi pada mesin bisa bermanfaa untuk anda yang mungkin ketika ini sedang mencari informasi ini.



Tag : engine, komponen
0 Komentar untuk "Penyebab Mesin Hilang Kompresi Dan Mengatasinya"

Back To Top