Penyebab Kendaraan Beroda Empat Belok Kekiri Atau Kekanan Sendiri Dan Cara Mengatasinya

automotiv - seringkali para pemilik kendaraan beroda empat dibentuk jengkel dengan kendaraan yang dikemudikannya, pasalnya dikala setir di lepas sebentar saja eksklusif belok sendiri baik itu kekiri ataupun kekanan. Tentunya ini tidak mengenakkan mengingat ancaman yang timbul akhir dari hal ini menyerupai contohnya kendaraan beroda empat eksklusif keluar jalur dan terjadi kecelakaan.

Ada beberapa faktor yang membuat kenapa setir kendaraan beroda empat belok sendiri dikala dilepas yang diantaranya ialah sebagai diberikut ini :

 seringkali para pemilik kendaraan beroda empat dibentuk jengkel dengan kendaraan yang dikemudikannya Penyebab Mobil Belok Kekiri Atau Kekanan Sendiri Dan Teknik Mengatasinya
Proses spooring kendaraan beroda empat untuk menselaraskan geometri / sudut kemienteng roda

#1. Rem depan kendaraan beroda empat macet

Salah satu penyebab kenapa kendaraan beroda empat menjadi belok sendiri dikala setir dilepas yang pertama ialah alasannya ialah adanya salah satu rem serpihan depan kendaraan beroda empat mengalami kemacetan. Karena adanya salah satu rem yang macet ini menjadikan putaran antara kedua roda menjadi tidak sama. Biasanya kendaraan beroda empat akan membelok atau narik ke arah yang rem nya mengalami kemacetan, misal kalau rem sebelah depan serpihan kanan macet, maka kendaraan beroda empat akan narik ke kanan begitu pun sebaliknya.

Teknik mengetahui apakah memang ada rem yang macet kalian dapat mendongkrak roda serpihan depan mobil, lalu memutarnya dengan tangan. Jika dirasa berat apalagi tidak terputar sama sekali sudah niscaya rem tersebut macet dan sebaiknya dilakukan Over Haul rem.

Baca juga : Kendaraan anda hilang, begini cara klaim asuransi kehilangan kendaraan yang hilang

#2. Adanya ban yang benjol

Ternyata ban yang dalam kondisi tidak bundar tepat alias ada benjolannya juga dapat mengakibatkan kendaraan beroda empat narik ke salah satu sisi. Hal ini dikarenakan pada serpihan yang bengkak tadi bila menyentuh aspal, maka seolah olah mendorong atau menghentak sehingga bodi kendaraan beroda empat terasa menyerupai didorong dorong kesamping. Untuk melaksanakan pengecekan caranya ialah dengan mendongkrak serpihan depan kendaraan beroda empat hingga ban terangkat, lalu memutar ban tersebut serta perhatikan apakah ada yang bengkak ataukah tidak dan segera lakukan penggantian ban dengan yang anggun ( tidak bengkak ).

#3. Sudut geometri kendaraan beroda empat berubah ( spooring )

Ketika kendaraan dikendarai dalam waktu tertentu, ada beberapa serpihan baut penyetel sudut sudut kemienteng roda bergeser akhir getaran yang diterima dalam jangka waktu tertentu. Bergesernya sudut sudut geometri roda inilah yang membuat kendaraan beroda empat menjadi belok sendiri atau narik. Untuk mengatasi hal ini kendaraan beroda empat dianjurkan untuk dilakukan spooring baik di bengkel resmi maupun di bengkel seorang jago spooring.

Untuk alasan lain menyerupai tekanan angin yang tidak sama antara ban serpihan kiri dengan ban serpihan kanan kemungkinan pengaruhnya sangatlah kecil namun kalian juga tetap harus mempersembahkan perhatian khusus terhadap tekanan ban kendaraan beroda empat anda.

Baca juga : INI faktor penyebab kendaraan beroda empat jadi boros BBM

Nah itulah tadi beberapa hal yang menyebankan mobil belok kekiri sendiri atau kendaraan beroda empat belok kekanan sendiri dikala setir dilepas. Semoga bermanfaa.


0 Komentar untuk "Penyebab Kendaraan Beroda Empat Belok Kekiri Atau Kekanan Sendiri Dan Cara Mengatasinya"

Back To Top