Penyebab Ac Kendaraan Beroda Empat Bau Tidak Sedap

Penyebab amis pada AC mobil - mengendarai kendaraan beroda empat dengan AC yang menyala tentu akan menambah kenyamanan kita terlebih lagi bila suhu diluar sangat gerah, kita didalam kendaraan beroda empat masih sanggup tersenyum senang lantaran tetap mencicipi hawa yang sejuk dari AC mobil.

Namun apa balasannya bila ternyata udara yang keluar melalui blower AC tersebut mengeluarkan amis yang apek, tidak segar, bahkan amis busuk yang berhembus, menyalakan AC eh baunya menusuk hidung, tidak dinyalakan kok ya hawa didalam kabin kendaraan beroda empat sangat gerah sekali. tentu saja hal ini akan menambah ketidak nyamanan kita dalam berkendara memakai kendaraan beroda empat keakungan.

 mengendarai kendaraan beroda empat dengan AC yang menyala tentu akan menambah kenyamanan kita terlebih lag Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap
image source : e-airllc.com


Penyebab AC kendaraan beroda empat amis busuk

Kebanyakan duduk kasus amis bauan yang keluar dari AC ini disebabkan oleh evaporator AC yang kotor baik itu kotor lantaran jarang dimembersihkankan, lantaran kesalahan kita yang suka merokok didalam kabin kendaraan beroda empat dengan keadaan AC menyala, ataupun adanya binatang menyerupai cicak atau kadal yang terjebak didalam kisi kisi evaporator kemudian mati dan amis bangkai tersebut ditiup oleh blower keseluruh kabin.

Apa itu evaporator ?

Evaporator yaitu salah satu komponen penting didalam sistem AC kendaraan beroda empat yang berfungsi untuk menyerap seluruh hawa gerah disekitarnya lantaran proses perubahan freon dari cair menjadi gas. Suhu gerah disekitar evaporator akan diserap dan dibawa menuju ke serpihan kondensor dan dimembuang ke udara bebas dengan proses kebalikannya yakni dari freon gas yang dicairkan. Kemudian hawa hambar ini akan ditangkap oleh kisi kisi evaporator yang nantinya akan ditiup oleh blower keseluruh ruang kabin sehingga kabin kendaraan beroda empat akan terasa sejuk sangat bahagia.

 mengendarai kendaraan beroda empat dengan AC yang menyala tentu akan menambah kenyamanan kita terlebih lag Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap
image source from : autoscope.co

Penyebab evaporator menjadi kotor

Banyak sekali kenapa evaporator ini menjadi kotor dan mengeluarkan amis yang sangat busuk yang diantaranya yaitu sebagai diberikut:

1. Merokok ketika AC sedang menyala
Hal ini sanggup membuat asap rokok terhisap oleh blower dan sisa sisa asap tersebut akan menempel pada kisi kisi evaporator. Lama kelabuaan akan membuat evaporator berlendir dan mengakibatkan amis yang tidak sedap. Itulah kenapa berbagai peringatan dihentikan merokok pada ruangan ber AC termasuk didalam mobil.

2. Adanya binatang kecil yang jatuh ke evaporator
Terkadang tanpa sepengetahuan kita ada binatang kecil menyerupai cicak, kecoa, kadal dan lain sebagainya yang keluyuran didalam kabin kendaraan beroda empat milik kita. Ketika melewati serpihan tertentu binatang ini akan terhisap dan jatuh kedalam evaporator dan terjebak disini kemudian mati. Nah bangkai binatang mati ini pastilah busuk sekali, dan ketika blower AC menyemburkan udara hambar dari evaporator otomatis amis busuk dari bangkai akan menyebar.

3. Usia evaporator yang sudah tua
Kejadian AC kendaraan beroda empat amis yang diakibatkan lantaran sudah terlalu tuanya evaporator ini jarang terjadi, namun beberapa kasus memang demikian, AC amis busuk lantaran usia evap yang sudah renta dan perlu dilakukan penggantian.

4. Saenteng udara atau filter kabin kotor
Beberapa jenis kendaraan beroda empat memasang filter udara yang menyaring debu atau kotoran yang dibawa oleh blower semoga tidak masuk kedalam kabin mobil. Selain menjaga kemembersihkanan kendaraan beroda empat keberadaan cabin filter ini juga bermanfaa bagi kesehatan pengendara lantaran debu tidak masuk dan terhisap oleh paru paru. Dan seiring lamanya waktu berbagai debu dan kotoran yang menumpuk pada filter udara ini sehingga membuat amis apek keluar. Disamping itu juga membuat AC menjadi terasa tidak hambar atau dinginnya berkurang.

 mengendarai kendaraan beroda empat dengan AC yang menyala tentu akan menambah kenyamanan kita terlebih lag Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap


Teknik mengatasi amis busuk pada AC mobil

Untuk mengatasi hal ini satu satunya jalan yaitu anda harus melaksanakan pemmembersihkanan komponen evaporator ini. Karena letak dari evaporator ini berada dibawah dasboard kendaraan beroda empat dan spesialuntuk tukang AC kendaraan beroda empat saja yang mengerti maka sebaiknya serahkan pada ahlinya. Biaya pemmembersihkanan evaporator pun ketika ini sangat terjangkan berkisar minimal 250 ribu hingga 400 ribu rupiah.

Baca juga : Fungsi dari oil cooler pada kendaraan beroda empat atau motor

Nah sudah tahu kan apa penyebab amis pada AC dan cara mengatasinya ? semoga bermanfaa dan tidakboleh lupa untuk dibagikan kepada mitra kawan lainnya.


Tag : AC
0 Komentar untuk "Penyebab Ac Kendaraan Beroda Empat Bau Tidak Sedap"

Back To Top