Fungsi Lampu Fog Lamp Mobil

Fungsi lampu kabut - beberapa lampu yang terdapat pada kendaraan bermotor mempunyai fungsi yang sangat penting baik bagi kelancaran, kenyamanan, keamanan dan keselamatan didalam berkendara.

Beberapa lampu diciptakan untuk dipakai pada posisi atau keadaan tertentu yang salah satunya yaitu lampu kabut atau fog lamp.

 beberapa lampu yang terdapat pada kendaraan bermotor mempunyai fungsi yang sangat penting  Fungsi Lampu Fog lamp Mobil
Image source : ebay.com


Kebanyakan pemilik kendaraan beroda empat tidak tahu menahu akan fungsi bergotong-royong dari fog lamp atau lampu kabut ini. Mereka bahkan menyalakan lampu kabut padahal cuacanya sedang terperinci benderang tanpa kabut dan tidak sedang hujan lebat. Dan bahkan ada juga loh yang menyalakan lampu ini di siang hari bolong.


Mungkin mereka menganggap lampu ini yaitu pecahan dari aksesoris kendaraan beroda empat saja ( gaya gayaan ). Yang lebih diakungkan lagi yaitu mereka menggantinya dari lampu standard pabrik dengan memakai lampu after market berwarna warni dimana lampu tersebut memang keren namun cahayanya tidak bisa menembus kabut tebal.

Padahal fungsi fog lamp ini yaitu sebagai penerangan tambahan dan dipakai pada waktu berkendara dalam keadaan cuaca berkabut ataupun hujan lebat dimana lampu kepala atau head lamp tidak bisa menembusnya, dan alasannya yaitu fungsinya inilah kenapa lampu tersebut dinamakan fog lamp atau lampu kabut.

Lampu kabut ini bentuknya bundar kecil yang terletak pada pecahan depan bawah pada kendaraan beroda empat dan mempunyai cahaya kuning terperinci sehingga bisa menembus pekatnya kabut maupun hujan lebat. Selain itu fog lamp juga mempunyai fungsi sebagai penanda kendaraan dari arah berlawanan dikala lampu kepala tidak bisa menembus tebalnya kabut.

Posisinya dibentuk lebih rendah dan lebih terperinci ini dimaksudkan supaya pengendara dari arah berlawanan tahu didepan ada kendaraan beroda empat dan juga tidak menyilaukan mata.


Nah bila sudah begitu siapa yang gagal paham ?. Semoga bermanfaa dan silahkan di share.



Tag : keamanan, lampu, news
0 Komentar untuk "Fungsi Lampu Fog Lamp Mobil"

Back To Top