Mengenal Mekanisme Pembubutan Dan Penggantian Cakram Rem Mobil

Prosedur penggantian dan pembubutan cakram rem - pernahkah anda ditawari pembubutan ulang cakram rem depan kendaraan beroda empat yang biasanya dikenal dengan istilah remaching dikala kalian melaksanakan servis rutin / terencana di salah satu bengkel resmi kepercayaan anda ? Kemudian anda resah untuk memutuskan apakah akan melaksanakan tindakan pembubutan ataukah tidak ?

Sebenarnya proses membubut kembali cakram rem depan mobi atau disc brake bukanlah suatu kewajiban yang harus kalian lakukan dikala ditawari, alasannya ialah remaching atau pembubutan ulang semacam itu spesialuntuklah suatu aksesori yang pengerjaannya tidak dicantumkan didalam buku panduan servis. maka dari itu dikala anda ditawari untuk melaksanakan pembubutan / remaching ini sebaiknya ketahui terlebih lampau prosedurnya semoga kalian nanti tidak akan keluar uang secara sia sia.

Baca juga : Apakah boleh mencuci mesin kendaraan beroda empat ? Berikut penjelasannya

Prosedur penggantian dan pembubutan cakram rem Mengenal Prosedur Pembubutan Dan Penggantian Cakram Rem Mobil


#Pengertian remaching / bubut cakram instan

Remaching ialah suatu pengerjaan pembubutan pada komponen disc brake atau cakram rem kendaraan beroda empat baik bab depan maupun belakang memakai sebuah alat khusus sehingga prosesnya tidak terlalu memakan waktu usang bila dibandingkan dengan cara biasa dimana harus melepas komponen disc brake. melaluiataubersamaini memakai sebuah alat remaching ini proses pembubutan bisa dikerjakan langsung, cukup mendongkrak mobil, membuka ban dan mesin bubut eksklusif ditancapkan dan mulai bekerja.

Manfaat melaksanakan remaching cakram rem

  1. Dapat memperhalus permukaan cakram rem, dengan halusnya permukaan rem ini akan membuat tingkat abrasi kampas rem bisa diminimalisir sehingga lebih baka kampas rem nya.
  2. Bisa menghilangkan keolengan kecil pada bab cakram rem, cakram rem yang putarannya oleng sanggup berdampak pada bergetarnya pedal rem dikala dilakukan pengereman.
  3. Lebih menghemat ongkos bila dibandingkan mengganti cakram rem baru, harga cakram gres biasanya per paket kiri dan kanan bervariasi tergantung jenis mobil, ada yang 600 ribu sampai jutaan rupiah. Sedangkan pengerjaan remaching ini cukup dengan membayar 300 ribu untuk membubut dua buah cakram rem kendaraan beroda empat bab kiri dan kanan.

Prosedur Pembubutan disc brake / cakram rem

Sebelum dilakukan pembubutan ulang ini terlebih lampau disc brake harus dilakukan pengecekan baik secara visual maupun metodeal.

A. Pengecekan secara visual

Adalah dengan cara melihat eksklusif memakai mata, apakah cakram tersebut terdapat cacat ataukah tidak, bila ada cacat contohnya tergerus bab tengahnya pun harus dianalisa seberapa dalam serta bisa untuk dibubut ulang atau sebaiknya diganti baru.

B. Pengecekan secara metodeal

Adalah dengan memakai sebuah alat yang disebut dengan dial gauge, alat ini akan ditempel pada bab datar disekitar cakram, kemudian pada ujung pen pendial ditempelkan pada bab tepi cakram kemudian diputar. Fungsinya ialah untuk mengetahui apakah pienteng rem tersebut oleng ataukah tidak, seberapa besar keolengannya dan cocok dilakukan pembubutan ulang ataukah sebaiknya digantikan dengan yang baru.

Baca juga : Manfaat memakai angin nitrogen pada ban kendaraan beroda empat dan motor

Nah itulah tadi mekanisme yang harus anda ketahui terlebih lampau jikalau ditawari pengerjaan remaching atau pembubutan ulang pienteng rem tersebut. Jangan asal iya bila kalian tidak tahu apa fungsi dan keuntungannya suatu proposal pengerjaan baik baik kantong anda maupun kenyamanan berkendara kalian. Semoga goresan pena ini bermanfaa dan tidakboleh lupa untuk dimenolong share :).



0 Komentar untuk "Mengenal Mekanisme Pembubutan Dan Penggantian Cakram Rem Mobil"

Back To Top