Hati Hati Dikala Menambah Minyak Rem Jangan Hingga Tumpah Kena Cat Mobil

Perawatan komponen rem - salah satu hal yang harus diperhatikan didalam area ruang mesin kendaraan beroda empat yakni mengecek tinggi rendahnya fluida atau cairan minyak rem yang ada didalam tabung reservoir, bila ketinggiannya sudah menurun dan hampir mencapai batas bawah sebaiknya sesegera mungkin dilakukan penambahan minyak untuk menghindari terjadinya rem masuk angin sehingga tidak terjadi rem blong.

Turunnya fluida minyak rem ini bisa terjadi akhir dua hal, yang pertama yakni lantaran semakin menipisnya kampas rem sehingga membuat piston rem lebih menonjol keluar dan menghisap lebih banyak fluida pada tabung reservoir. Dan yang kedua yakni lantaran adanya kebocoran pada sistem pengereman itu sendiri.

 salah satu hal yang harus diperhatikan didalam area ruang mesin kendaraan beroda empat yakni mengecek tin Hati Hati Ketika Menambah Minyak Rem Jangan Sampai Tumpah kena Cat Mobil


Nah langkah pertama yang harus anda lakukan ketika mengetahui bahwa fluida minyak rem sudah menurun hingga batasnya ialah dengan melaksanakan penambahan fluida tersebut, barulah membawa unit kendaraan tersebut ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. Namun yang perlu kalian ingat ketika menambah fluida minyak rem yakni tidakboleh hingga fluida tersebut hingga tumpah terkena cat mobil, baik cat yang ada di body kendaraan beroda empat belahan luar maupun cat yang ada didalam kabin / ruang mesin.


#Sifat minyak rem terhadap cat dan karat

Bila minyak rem hingga terkena lapisan cat, maka dalam beberapa menit akan menimbulkan reaksi kimia yang bisa merontokkan atau mengelupaskan cat kendaraan beroda empat lantaran minyak rem ini sifatnya sangat korosif terhadap karat dan juga cat. Terkadang lantaran sifat minyak rem yang sangat korosif terhadap karat, seringkali minyak rem ini dipakai untuk merendam baut / mur yang berkarat dan rawan macet, serta dipakai melumasi mur / baut yang berkarat sebelum dibuka semoga tidak patah.

Lalu bagaimana jikalau minyak rem terlanjut tumpah terkena cat kendaraan beroda empat ?

Memang tidak tiruana orang bisa menjaga kestabilan tangannya ketika mengisi atau menambah cairan fluida rem ini sehingga cairannya tumpah kemana mana. Dan jikalau benar kalian melaksanakan kesalahan ini segeralah siram cat yang terkena tetesan minyak rem ini memakai air mengalir dan menggosoknya dengan kain membersihkan semoga minyak rem tersebut hilang. Kenapa harus memakai air ? alasannya yakni minyak rem ini tergolong minyak yang bisa larut dengan air sehingga cara mengatasinya yakni dengan menyiram air pada belahan cat yang terkena minyak rem.

Baca juga : Teknik mengajukan klaim kendaraan yang hilang

Nah hingga disini kalian sudah paham bukan terkena bahayanya jikalau hingga minyak rem tersebut tumpah terkena cat dan dibiarkan begitu saja ? Semoga bermanfaa dan silahkan dimenolong share :).


Tag : tips mobil
0 Komentar untuk "Hati Hati Dikala Menambah Minyak Rem Jangan Hingga Tumpah Kena Cat Mobil"

Back To Top