Fungsi Starter Kendaraan Beroda Empat Dan Komponennya

Komponen motor starter - dinamo starter atau motor starter yakni salah satu komponen kendaraan yang mempunyai fungsi utama untuk menstart atau menyalakan kendaraan untuk pertama kalinya.
Bayangkan saja bila kendaraan beroda empat tidak dilengkapi dengan sistem starter elektrik menyerupai ini kemudian kemudian mengalami mogok ditengah jalanan yang macet.  Bisa sanggup anda akan diteriaki oleh antrian kendaraan beroda empat yang ada dibelakang bukan ?
 dinamo starter atau motor starter yakni salah satu komponen kendaraan yang mempunyai fung Fungsi Starter Mobil Dan Komponennya

Teknik kerja starter mobil

Dinamo starter akan mengubah energi listrik DC dari aki menjadi energi gerak atau kinetik putar yang selanjutnya putaran dinamo starter ini akan memutar fly wheel kendaraan. melaluiataubersamaini terputarnya fly wheel ini maka siklus kerja dari sebuah mesin akan terpicu dan berkelanjutan.

Didalam sistem starter sendiri terdiri dari beberapa komponen pendukung yang diantaranya yakni sebagai diberikut.

1. Solenoid (Magnetic Switch)

Disebut juga dengan istilah solenoid yang berfungsi untuk menghubungkan serta melepas pinion gear dari fly wheel. Selain itu selenoid juga berfungsi sebagai penghantar arus listrik pada sirkuit motor starter. Didalam magnetic switch ini terdapat dua buah kumparan yaitu pull in coil dan hold in coil yang masing masing komponen kalau teraliri arus akan menahan atau melepas pinion gear.

2. Armature dan Shaft

Komponen ini mempunyai fungsi sebagai pengubah energi listrik menjadi energi gerak atau kinetik. Bentuk dari Armature ini berupa pelat besi yang dirangkai pada sebuah besi poros kemudian didiberikan lilitan atau kumparan. Bahasa lain dari armature yakni angker.

3. Yoke and Pole Core

Yoke terbuat dari materi logam yang berbentuk cilinder, berfungsi sebagai dudukan pole core yang kemudian diikat dengan memakai sekrup. Sedsngkan Pole core berfungsi untuk penopang field coil serta memperkuat medan magnet yang diciptakan atau ditimbulkan oleh field.

4. Field Coil

Field coil terbuat dari lempengan lempengan tembaga yang dimaksudkan untuk sanggup mengalirkan arus listrik yang berpengaruh sehingga membuat medan magnet.

5. Brush dan Brush Holder

Terbuat dari tembaga lunak yang mempunyai fungsi sebagai penerus atau menyalur arus listrik dari field coil kedalam armature.

6. Armature Brake

Memiliki fungsi untuk pengereman dari putaran armature ketika pinion terlepas dari ring gear fly wheel sehingga armature tidak terus terputar.

7. Drive Lever/Shift Fork (Tuas Penggerak)

Drive lever meneruskan gerakan dari plunyer solenoid untuk menggerakkan roda gigi pinion. Drive lever berfungsi untuk mendorong/menghubungkan pinion gear ke arah posisi berkaitan dengan ring gear pada fly wheel, serta melepas perkaitan pinion gear dengan ring gear pada fly wheel.

8. Kopling Starter/Starter Clutch (Overrunning Clutch)

Kopling starter berfungsi untuk meneruskan momen putar armatur shaft kepada fly wheel melalui roda gigi pinion, sehingga fly wheel sanggup ikut berputar. Kopling starter juga berfungsi sebagai pengaman dari armature coil (mengecah kerusakan starter) bilamana putaran mesin yang tinggi cenderung memutarkan balik pinion gear. Kopling starter akan melepaskan dengan sendirinya bila putaran fly wheel (putaran mesin) lebih besar daripada putaran gear pinion (putaran starter).Kopling Starter

9. Gigi Pinion dan Helical Spline

Gigi pinion dan ring gear meneruskan daya putar starter ke mesin. helical spline mengubah daya putar dari motor ke tuas pinion dan menjadikan perkaiatan dan pelepasan gigi pinion dengan ring gear lebih lembut.

10. Reduction Gear (untuk starter type reduksi)

Komponen dari gear reduksi ini terdiri dari 3 buah gigi yang diantaranya yakni idle gear, drive gear dan juga reduction gear. Fungsi dari gear ini yakni untuk meneruskan daya putar dari motor starter ke gigi pinion serta meningkatkan momen atau torsi dengan mengurangi putatan motor. Rasio daya yang sanggup dihasilkan berkisar antara 1/3 sampai 1/4. Biasanya komponen ini dilengkapi dengan built in overrunning clutch.

11. Plguatari Gear ( untuk starter type plguatary)

Plguatari gear ini mempunyai fungsi sebagai gigi reduktor dimana gigi ini akan meneruskan daya putar dari armature ke ring gear guna memutar engkol mesin. Plguatary gear ini juga mempunyai fungsi untuk meningkatkan momen putar atau torsi.
 dinamo starter atau motor starter yakni salah satu komponen kendaraan yang mempunyai fung Fungsi Starter Mobil Dan Komponennya

Baca juga : INI fungsi penting dari lampu kabut

Beberapa artikel kami yang lain yang juga berafiliasi dengan starter silahkan baca daftarnya dibwah ini.



biar artikel wacana nama komponen dinamo starter dan fungsi nya ini bermanfaa dan tidakboleh lupa dimenolong share. Terimakasih.


0 Komentar untuk "Fungsi Starter Kendaraan Beroda Empat Dan Komponennya"

Back To Top