Menyikapi Recall Motor Yang Kerap Terjadi Di Indonesia

Recall kendaraan bermotor - ketika ini santer terdengar dan sedang berjalan proses recall kendaraan bermotor khususnya kendaraan sport roda dua maupun kendaraan beroda empat dari sang produsennya. melihat banyaknya unit yang direcall ini membuat para pengguna serta fanboy 2 produsen ternama roda dua yakni Ya**** dan Ho*** beradu debat dan saling melempar ejek terkena produk sang rival yang buruk dan gagal produk. Memang sih Fanboy ini kalau dilihat melalui komentar mereka sedikit menjengkelkan :), dan memang begitulah keadaannya sob :).

Tapi tahukah anda bantu-membantu recall ini mempunyai tujuan yang sangat baik sekali, yaitu mempersembahkan salah satu pelayanan oleh pabrikan kepada konsumen untuk melaksanakan penggantian secara gratis beberapa part yang diketahui cacat dan membahayakan bagi mereka. Atau dengan kata lain perusahaan / pabrikan kendaraan bermotor ini sangat mempedulikan kualitas produk mereka bukan ?

 ketika ini santer terdengar dan sedang berjalan proses recall kendaraan bermotor khususnya  Menyikapi Recall Motor Yang Kerap Terjadi Di Indonesia
proses recall Yamaha YZF R25


#Definisi Produk recall

Produk recall yaitu suatu proses yang dilakukan oleh produsen / pabrikan untuk mengambil part yang terindikasikan cacat dari tangan konsumen dimana komponen yang cacat ini sanggup membahayakan para konsumen kalau tetap dipaksakan memakainya. Biasanya ketika suatu produk kendaraan bermotor terkena racall, pabrikan atau manufaktur akan mempersembahkan surat pengumuman publik terkena adanya problem keamanan pada produk yang mereka buat / ciptakan dan sebaiknya segera dilakukan penggantian dengan part atau komponen yang lebih aman. Dan recall ini ialah suatu bentuk tanggung tanggapan dari pihak manufaktur / perusahaan / pabrikan terhadap tiruana produk yang mereka buat dan mereka pasarkan.

Ingat bahwa pengujian suatu produk tidak saja dilakukan di lingkungan pabrik sebelum produk tersebut dibentuk dan dijual, akan tetapi mereka ( manufaktur ) juga melaksanakan monitoring ( pemantauan ) terhadap suatu produk yang sudah mereka jual dan dipakai oleh para konsumen. Biasanya mereka mendapat masukan serta keluhan dari beberapa konsumen kemudian menganalisanya. Dan biasanya keluhan semacam ini tidak spesialuntuk ditindak lanjuti ala kadarnya, namun mereka juga akan melaksanakan penelusuran penyebab kenapa hal itu ( keluhan ) sanggup terjadi.

Nah dengan keterangan diatas sanggup disimpulkan bahwa dengan adanya recall ini para konsumen tidak akan menjadi korban akhir kesalahan manufaktur dan tidak menderita kerugian yang jauh lebih besar dikemudian hari.

Baca juga : Berikut alasan kenapa mesin kendaraan beroda empat atau motor perlu digerahi



#1. Recall Produk Bagi konsumen 

laba recall :


  • Konsumen akan dijamin keamanan serta kualitas dari produk yang mereka pakai / beli serta mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh produk yang cacat dilain waktu.


kerugian recall :


  • Pihak konsumen atau pembeli tentu saja akan rugi kalau tidak tahu bahwa produk yang mereka gunakan tersebut sudah direcall. Atau dengan kata lain, produk yang direcall ini lebih mempersembahkan laba kepada konsumen.



#2. Recall produk bagi perusahaan


laba recall :


  • melaluiataubersamaini melaksanakan recall ini maka sanggup meningkatkan gambaran yang bagi bagi pihak manufaktur oleh para konsumennya alasannya yaitu mereka yaitu manufaktur yang bertanggung jawaban. Walaupun terkadang sebagian konsumen mempunyai anggapan yang sebaliknya.
  • Membuat tingkat kepercayaan para konsumen menjadi lebih meningkat alasannya yaitu mereka membeli produk dari perusahaan yang sangat bertanggung jawaban.


kerugian recall :


  • Kerugian dari proses recall ini bagi pihak manufaktur yaitu timbulnya kerugian material dan tenaga serta sumberdaya yang sangat besar dikarenakan mereka harus melaksanakan penggantian komponen / part dengan jumlah yang sangat banyak tergantung seberapa banyak produk yang direcall ( termasuk pemdiberian kompensasi bila ada ).
  • Menurunnya tingkat kepercayaan kepada manufaktur dilantai bursa saham yang biasanya akan berdampak pada menurunnya pergerakan harga saham mereka.
  • Biasanya kalau suatu manufaktur mengadakan recall produk, mereka harus siap dijatuhkan oleh manufaktur rival dengan anggapan mereka spesialuntuk menjual barang cacat.



Memang tidak tiruana produk kendaraan yang sudah dibentuk dan dipasarkan ini 100% sempurna, selalu ada kesalahan kesalahan yang menyebabkan beberapa komponen yang ada didalam kendaraan bermotor tersebut " cacat " sejak produksi sehingga praktis rusak dan sanggup berakibat fatal kalau tidak segera dilakukan penggantian. Dan melaksanakan recall ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis, bayangkan mereka mau mengeluarkan berbagai dana spesialuntuk untuk mempersembahkan pelayanan  terbaik semoga kualitas produk mereka terlihat baik dimata konsumennya.

Coba bayangkan saja kalau suatu produsen kendaraan bermotor mengetahui wacana adanya keganjilan dari produk mereka dan mereka spesialuntuk membisu membiarkan problem tersebut tanpa adanya tindakan recall, tentu konsumen lah yang dirugikan :).

Baca juga : Waspada ! Ketahui asal muasal motor murah non BPKB

Makara kalau anda yaitu salah satu pemilik motor yang terkena recall ibarat misalnya Yamaha YZF R25 yang ketika ini masih dalam proses recall, sebaiknya anda tidak mengabaikan hal dan sesegera mungkin memenuhi seruan recall yang sudah didiberikan kepada anda. Semoga goresan pena amburadul diatas sanggup mempersembahkan pencerahan bagi kalian kalian terkena problem recall sepeda motor ataupun mobil.


0 Komentar untuk "Menyikapi Recall Motor Yang Kerap Terjadi Di Indonesia"

Back To Top