Cara Detailing Kendaraan Beroda Empat Untuk Mencar Ilmu Pemula

Detailing kendaraan beroda empat untuk pemula - dalam proses detailing kendaraan beroda empat kita bukan saja memmembersihkankan debu serta mencuci kendaraan saja melainkan harus benar benar memperhatikan detail demi detail yang ada pada kendaraan tersebut sehingga kendaraan beroda empat itu terlihat lebih kinclong, indah dan sanggup dibanggakan oleh si pemiliknya

Detailing kendaraan beroda empat sendiri dibagi kedalam dua jenis yaitu detailing interior dan detailing eksterior yang biasanya pengerjaannya satu paket dan biasanya dilampaui dengan mengerjakan detailing interior gres kemudian detailing eksterior.

 dalam proses detailing kendaraan beroda empat kita bukan saja memmembersihkankan debu serta mencuci kendaraan sa Teknik Detailing Mobil Untuk Belajar Pemula


Sebab bila hingga terbalik prosesnya maka akan memmembuang membuang waktu alasannya yaitu dikala exterior dikerjakan terlebih lampau kemudian memmembersihkankan interiornya dikhawatirkan yang eksterior kembali kotor dan harus mengulangnya lagi.


1. Detailing interior

Point point yang harus diperhatikan dalam proses detailing interior ini lebih banyak ketimbang detailing eksterior. Anda wajib memperhatikan keseluruhan interior kendaraan beroda empat mulai dari plafon, dasboard, karpet lantai, jok, cuilan bawah jok hingga celah celah tombol dan blower perlu anda membersihkankan.

Keluarkan kotoran di mobil

Proses pengerjaan detailing interior yang pertama yaitu mengeluarkan tiruana kotoran didalam kendaraan beroda empat seperri tisu bekas, bungkus snack dan lain lain. Kemudian mengeluatkan karpet kendaraan beroda empat dan memmembersihkankannya baik dengan cara menyedot debunya maupun dilakukan pembersihan sanggup diubahsuaikan dengan baha karpet tersebut.

Bersihkan debu di dasboard mobil

Sesudah mengeluarkan tiruana kotoran dan karpet dari dalam mobil, langkah selanjutnya yaitu memmembersihkankan atau menyedot debu yang ada didalam kendaraan beroda empat mulai dari dasboard, jok mobil, lantai kendaraan beroda empat hingga pada lokasi lokasi sempit perlu anda sedot debunya.

Perbaiki cuilan interior yang rusak

Sesudah proses penyedotan debu selesai carilah cuilan bagian kendaraan beroda empat yang mungkin saja mengalami kerusakan dan perbaikilah dengan ijin pemilik, misal ada karpet yang robek anda sanggup menyarankan menambalnya dengan demo kecil guna meyakinkan si pemilik mobil.
Bersihkan plafon kendaraan beroda empat dari segala kotoran yang melekat, bila perlu lakukan pembersihan dan penyedotan dengan alat ekstraksi penyedot lembap biar warna plafon kendaraan beroda empat kembali menyerupai baru.

Cuci jok mobil

Sesudah itu anda sanggup memmembersihkankan jok dari kotoran yang membandel, anda juga wajib memperhatikan materi jok apakah kulit, vinil ataupun kain lantaran tiap materi tentu saja mempunyai cara memmembersihkankan yang tidak sama. Jika terbuat dari materi kulit tentu tidak simpel kotor dan pemmembersihkanannya cukup di lap memakai kain lembut serta mengoleskan kondisioner biar jok yang terbuat dari kulit terlihat lebih lembab.

Untuk jok berbahan dasar kain tentu saja sering terlihat kotor apalagi bila terkena tumbahan menyerupai minuman dan masakan niscaya akan membekas. Untuk memmembersihkankannya anda sanggup memakai alat pencuci jok yang ada dipamasukan atau sanggup mencuci secara manual memakai air sabun ramah lingkungan dan sikat halus, sehabis disikat anda sanggup eksklusif menyedot cuilan yang sudah dicuci dengan extraksi penyedot lembap biar sabun dan kotoran terhisap sehingga jok kembali membersihkan.

Kemudian selanjutnya anda sanggup memmembersihkankan detail yang lebih rumit yang ada pada instrumen dasboard kendaraan menyerupai kotoran yang terdapat pada pgual pgual, tombol, blower AC, setir kemudi dan lain sebagainya. Anda sanggup memmembersihkankannya dengan memakai kain lap halus atau sanggup memakai kuas berbahan lembut. Oleskan juga pelapis vinil biar dasboard terlihat mengkilap dan juga kinclong.

Jangan lupa juga untuk memmembersihkankan cuilan dalam beling kendaraan beroda empat dengan cairan pemmembersihkan berbahan lembut, aneka macam cairan pemmembersihkan untuk detailing kendaraan beroda empat yang dijual bebas dipamasukan. Untuk menpetang beling sebaiknya memakai materi lap yang lembut biar tidak menggores lapisan beling film sehingga beling film tetap dalam keadaan jernih.

2. Detailing eksterior mobil

Sebelum anda melaksanakan proses detailing eksterior ada baiknya kalian mencuci seluruh body kendaraan beroda empat termasuk hingga ke velg serta kolong kendaraan beroda empat dan menpetangnya dengan lap khusus guna merontokkan debu dan pasir. Beberapa cuilan yang perlu anda membersihkankan diantaranya yaitu sebagai diberikut :

Rapikan ruang mesin mobil

Buka kap mesin kendaraan beroda empat dan lakukan perapian beberapa komponen elektronik menyerupai kabel yang mungkin saja ada yang awut-awutan memakai klip atau pengikat khusus kabel. Semprotkan cairan pemmembersihkan minyak dan semprot dengan memakai air gun biar merata. Semprot juga cuilan lapisan non logam anti gerah yang biasanya terdapat dibawah kap kendaraan beroda empat ( bila ada ) dengan pelindung vinil / karet biar tampilannya menjadi berkilau.


Cuci ruang mesin / engine

Jika pemilik mau, anda sanggup mencuci cuilan dalam ruang mesin tentunya dengan keahlian khusus yang biasa disebut dengan engine care. Memdiberikan lapisan silikon dan meratakannya dengan memakai angin bertekanan biar merata sehingga ruang mesin kembali kinclong menyerupai kendaraan beroda empat gres beli. Kebanyakan orang takut mencuci ruang mesin kendaraan beroda empat mereka dengan alasan takut terjadi kerusakan atau konsleting, jikalau ingin mencuci ruang mesin kendaraan beroda empat namun merasa takut, anda sanggup mencucikannya di bengkel khusus yang menyediakan jasa Engine Care.

Baca juga : Langkah cara mencuci ruang mesin kendaraan beroda empat ala Engine Care

Cuci body mobil

Sesudah tiruananya beres langkah terakhir yaitu mencuci body kendaraan beroda empat memakai sabun khusus basuh kendaraan beroda empat dengan merata termasuk kolong kendaraan beroda empat juga sebaiknya dicuci. Proses mencuci juga wajib anda perhatikan, gunakan dua buah baskom tidak sama dengan kain basuh yang tidak sama pula, satu khusus untuk mencuci body kendaraan beroda empat sedangkan yang lainnya untuk mencuci cuilan bagian lain menyerupai liner dan kolong mobil. Sesudah proses mencuci selesai pastikan anda eksklusif menpetang permukaan body memakai kguabo camois untuk menyerap air sisa pembersihan biar tidak ada kerak air yang mengendap dan menjadikan tampilan yang tidak menarikdanunik. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel kami terpisah tentang cara basuh body kendaraan beroda empat yang benar melalui tautan diberikut .

Baca juga : Langkah atau tahapan mencuci body kendaraan beroda empat yang benar


Bersihkan velg dan ban, tidakboleh lupa di semir

Bersihkan velg kendaraan beroda empat memakai sikat khusus untuk velg dan memakai pemmembersihkan khusus velg atau cairan penghilang minyak khusus untuk memmembersihkankan cuilan kaki kaki kendaraan alasannya yaitu disini yaitu tempatnya kotoran, minyak dan debu melekat. Anda harus menmembersihkankan cuilan velg kendaraan beroda empat dan ban untuk tahap pertama detailing eksterior. Beberapa produk pemmembersihkan velg yang dijual dipamasukan mungkin saja membutuhkan waktu beberapa menit guna meluruhkan minyak atau kotoran yang menempel pada cuilan velg mobil, jadi diberikanlah waktu antara 1 hingga 2 menit sehabis menyemprotkan pemmembersihkan dan sehabis itu barulah disikat.



Proses selanjutnya basuh ban kendaraan beroda empat memakai materi pemmembersihkan khusus untuk ban guna merontokkan kotoran serta jamur yang mungkin saja menempel pada ban tersebut. Sesudah ban dicuci membersihkan langkah selanjutnya diberikan pelapis ban / semir dan tunggu semir ban terserap, kemudian di lap dengan kain berbahan katun untuk mempersembahkan sentuhan mengkilap.


Lapisi cat dengan wax

Bila perlu diberi lapisan wax pada permukaan cat body kendaraan beroda empat guna mendapat warna kilau pada cat dan menciptakannya lebih tahan dari cuacs ekstrim menyerupai hujan maupun gerah. Teknik kerja lapisan wax ini hampir menyerupai dengan tabir surya, yakni menghalau sinar infra merah dari matahari biar tidak menembus dan menerpa permukaan cat, sehingga cat body kendaraan beroda empat tidak cepat pudar.


Nah itulah tadi sekilas terkena panduan cara melaksanakan detailing kendaraan beroda empat bagi pemula. Jika anda tertarik untuk membuka perjuangan salon kendaraan beroda empat dan detailing saya rasa artikel ini sangat cocok untuk anda baca. Jangan lupa dibagikan :).



Tag : detailing
0 Komentar untuk "Cara Detailing Kendaraan Beroda Empat Untuk Mencar Ilmu Pemula"

Back To Top