Fungsi Turbocharger Pada Mesin Diesel

Fungsi mesin turbo diesel - pernahkah anda mendengar istilah turbocharger pada kendaraan roda empat bermesin diesel ibarat truk dan beberapa varian kendaraan beroda empat yang memakai mesin diesel ?. Turbocharger ini yaitu salah satu komponen paling penting yang bisa mempersembahkan perhiasan tenaga pada kendaraan yang bermesin diesel.

Tanda adanya komponen yang satu ini sudah bisa dipastikan mesin mesin diesel pada kendaraan roda empat tersebut tidak mempunyai power yang bandel. Nah dalam edisi kali ini kami akan membagikan sebuah artikel terkena seluk beluk mesin turbocharger ini dan semoga sanggup mempersembahkan manfaat buat anda.

 pernahkah anda mendengar istilah turbocharger pada kendaraan roda empat bermesin diesel s Fungsi Turbocharger Pada Mesin Diesel


Fungsi dan cara kerja mesin turbocharger

Turbocharger yaitu sebuah mesin khusus yang mempunyai bentuk ibarat rumah keong, yang dipasang tepat berada pada ujung susukan exaust yang kemudian memanfaatkan tekanan dari gas membuang tadi untuk memutar turbin yang berada pada exaust kemudian turbin inipun memutar kompressor wheel sehingga suplay oksigen yang masuk dari luar menuju kedalam ruang bakar menjadi lebih banyak. Selain itu mesin ini juga bisa memanfaatkan sisa uap materi bakar yang belum terbakar tepat dan mengembalikannya lagi kedalam ruang bakar untuk dilakukan pembakaran ulang.

Bahasa yang paling sederhana dari uraian panjang diatas terkena fungsi turbocharger yaitu untuk mengkonversikan energi energi gerah serta tekanan gas membuang dari hasil pembakaran untuk dijadikan energi mekanis putar poros yang nantinya akan dipergunakan untuk mengkompresi udara masuk dari intake manifold. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar diberikut.


Keterangan untuk gambar dibawah

  1. Warna merah yaitu pemikiran udara hasil pembakaran ( gas membuang ) yang menuju dan memutar turbin wheel. Selanjutnya turbin wheel akan berputar pada porosnya dan memutar compressor wheel.
  2. Warna biru yaitu pemikiran udara yang dihisap dari luar oleh compressor whell, kemudian dialirkan dan distabilkan suhunya kedalam intercooler dan selanjutnya dimasukkan kedalam ruang bakar.

 pernahkah anda mendengar istilah turbocharger pada kendaraan roda empat bermesin diesel s Fungsi Turbocharger Pada Mesin Diesel


Manfaat turbocharger


  1. Meningkatkan tenaga pada sebuah mesin diesel menjadi berlipat ganda
  2. Menghemat materi bakar alasannya sisa pembakaran akan dimampatkan dan dikembalikan ke ruang bakar
  3. Lebih ramah lingkungan alasannya pasokan udara kedalam mesin melimpah membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna.


melaluiataubersamaini adanya teknologi ini memungkinkan sebuah mesin yang berkapasitas atau ber cc kecil menghasilkan tenaga yang sangat besar. Setiap teknologi mempunyai kelebihan dan juga belum sempurnanya pastinya, dan belum sempurnanya pada teknologi ini yaitu ketidak responsivan mesin atau turbo lag. Turbo lag yaitu kondisi dimana saat kita menginjak pedal gas, mesin tidak akan pribadi mempersembahkan tenaga atau dorongan, namun selang beberapa detik mesin akan menghasilkan tenaga dua kali lipat.

Selain itu mesin yang mengadopsi teknologi ini pada umumnya terdengar mencakupk ibarat suara nging yang sangat berkoar koar yang dikarenakan putaran turbin didalam mesin turbo. Selain itu perawatan turbocharger pun harus selalu diperhatikan semoga tidak simpel rusak. Untuk meminimalisir kerusakan anda juga bisa memanfaatkan sebuah alat yang berjulukan Turbo Timer.

Baca juga : Pengertian angka cetgua pada materi bakar solar

Nah bagaimana apakah kalian sudah memahami pengertian turbocharger dan juga fungsinya ?. Silahkan dibagikan ke yang lain.

Untuk artikel yang berkaitan dengan mesin turbo, silahkan baca juga yang menarikdanunik dibawah ini :







Tag : turbo
0 Komentar untuk "Fungsi Turbocharger Pada Mesin Diesel"

Back To Top