Cara Melepas Setir Kendaraan Beroda Empat Srs Airbag

Teknik melepas air bag setir mobil - salah satu hal yang ditakut dalam membongkar bab kemudi pada kendaraan roda empat yaitu kemudi kendaraan beroda empat yang memakai SRS Air Bag, alasannya yaitu sebagian teknisi pinggir jalan takut bila tanpa sengaja air bag tersebut meledak selain membahayakan si montir, biaya mengganti air bag inipun tidak murah.

Sebenarnya melaksanakan pembongkaran setir kendaraan beroda empat yang ada air bag nya tidaklah sesusah dan seseram yang dipikirkan banyak orang bila tahu tips dan trik membuka setir yang ada air bag nya ini. Perlu diketahui bahwa air bag ini sanggup mengembang bilamana ada suplay energi dari baterai aki yang dialirkan kedalam system air bag bila sensor air bag tersebut mendapatkan guncangan andal dengan bemasukan pukulan yang sudah diubahsuaikan oleh pabrikan.

 salah satu hal yang ditakut dalam membongkar bab kemudi pada kendaraan roda empat adal Teknik Melepas Setir Mobil SRS AirBag
Gambar system SRS AirBag mobil


Baca juga : Menggali lebih jauh fungsi dari lampu kabut atau fog lamp mobil

Teknik membongkar setir ber air bag

Nah untuk membongkar setir kendaraan beroda empat yang ada air bag nya ini, pertama kali yang harus kalian lakukan yaitu dengan melepaskan kutub negatif ( - ) aki atau yang biasa dikenal di dunia otomotif sebagai kutub / kabel massa. melaluiataubersamaini demikian seluruh body kendaraan beroda empat tidak akan mendapatkan sumber energi negatif dari aki.

Kemudian anda diharuskan menunggu setidaknya sekitar 90 detik atau 1.5 menit sebelum membongkar setir, hal ini bertujuan untuk menghilangkan muatan baterai dari kapasitor didalam sistem SRS Air Bag dimana kapasitor ini masih menyimpan energi cadangan yang akan perlahan berkurang dan habis dalam beberapa detik. Langkah ini harus diperhatikan bagi anda yang ingin membongkar air bag, alasannya yaitu meskipun kutub negatif AKI sudah dilepas, didalam system SRS Air Bag masih menyimpan tenaga yang memungkinkan untuk sanggup berbagi air bag.

Nah sehabis 90 detik silam, anda sudah sanggup mulai melaksanakan pembongkaran kemudi kendaraan beroda empat entah mau anda ganti setirnya atau spesialuntuk sekedar mencabut setir dan meluruskan setir yang miring.

Baca juga : Ban kendaraan beroda empat yang tipis bagusnya taruh depan atau belakang ? ketahui jawabanannya disini


Teknik memasang kembali setir ber air bag

Dalam pemasangannya kembali anda juga perlu memperhatikan hal hal diberikut ini.
Mengatur posisi kabel spiral ke posisi center atau tengah, silahkan anda bagi antara putaran ke kanan dan kekiri seimbang atau sama. Ini bertujuan biar kabel spiral tersebut tidak putus alasannya yaitu kalau putus nanti seluruh sistem didalam kemudi, mungkin sound control yang ada di setir tidak akan bekerja. Begitupun dengan indikator air bag didalam pgual indikator akan menyala merah yang menunjukan disfungsinya sistem. Untuk lebih terperinci silahkan lihat gambar dibawah ini.

 salah satu hal yang ditakut dalam membongkar bab kemudi pada kendaraan roda empat adal Teknik Melepas Setir Mobil SRS AirBag
gambar letak kabel spiral serta soket air bag


Selanjutnya sehabis kabel spiral di center kan, langkah selanjutnya sanggup anda pasangkan setir kemudi dan mengencangkan dengan memakai baut penguncinya. Kemudian memasang tutup atau pgual air bag dan mengunci dengan baut penguncinya. Sesudah tahap pemasangan selesai, langah terakhir yaitu memasang kembali kabel kutub negatif aki ke terminal negatif aki.

Baca juga : Tips berguru auto detailing kendaraan beroda empat untuk tingkat pemula

Sampai disini selesai proses pembongkaran dan pemasangan kembali setir kendaraan beroda empat yang terdapat SRS Air Bag nya. semoga artikel ini bermanfaa buat anda yang diluar sana kesusahan dan ketakutan dalam membongkar setir yang ada air bag nya. Tulisan ini menurut pengalaman saya langsung di bengkel servis resmi toyota. Ini yaitu cara yang direkomendasikan oleh service center resmi toyota diseluruh cabangnya melalui buku manual intruksi. Mungkin untuk jenis kendaraan beroda empat brand lain menyerupai honda, mazda, bmw, dan lain sebagainya caranya pun hampir sama. Jangan lupa dibagikan :).


Tag : tips mobil
0 Komentar untuk "Cara Melepas Setir Kendaraan Beroda Empat Srs Airbag"

Back To Top