Tips Cara Merawat Fan Belt

Perawatan fan belt - salah satu bab dari mesin yang mempunyai peranan yang sangat penting untuk menggerakkan beberapa komponen lain menyerupai pulley kompressor AC, pulley alternator, pulley powersteering, pulley waterpump dan sebagainya yaitu fan belt ( V belt ) atau orang biasa myebutnya dengan tali kipas.

Jika terjadi kerusakan terhadap V belt ini tentu saja beberapa komponen lain yang saya sebutkan diatas tidak sanggup bekerja dengan baik dan jadinya sudah terperinci kendaraan beroda empat pun akan mengalami kerusakan fokus.

 salah satu bab dari mesin yang mempunyai peranan yang sangat penting untuk menggerakkan Tips Teknik Merawat Fan Belt


Setiap kendaraan beroda empat mempunyai jumlah V belt yang tidak sama beda, bahkan ada kendaraan beroda empat yang spesialuntuk mempunyai 1 buah V belt, yang mempunyai kiprah untuk menggerakkan beberapa komponen diatas, dan kalau V belt ini putus maka kendaraan beroda empat sudah tidak sanggup dijalankan.

Didalam sebuah kendaraan menyerupai panther mempunyai 3 buah fan belt, 1 buah jenis v belt bergerigi untuk memutar alternator dan kipas radiator, dan 2 buah v belt dipakai untuk memutar poros powes steering dan kompressor AC bersamaan.

V belt yang menghubungkan poros engkol - alternator - kipas radiator

Jika fan belt ini putus maka sanggup dipastikan kipas radiator tidak akan sanggup terputar dan sanggup mengakibatkan suhu mesin menjadi naik.  Dan untuk alternator yang tidak terputar akan membuat kendaraan beroda empat lambat laun akan mengalami mogok alasannya tidak mendapat pasokan energi listrik dari alternator lantaran spesialuntuk mengandalkan energi dari Aki ( accu ), aki kendaraan beroda empat pun sanggup dipastikan tujung.


V belt yang menghubungkan poros engkol - kompressor AC - kompressor power steering

Jika fan belt ini putus maka sanggup dipastikan power steering tidak skan bekerja dan setir pun akan menjadi berat. Begitu pula hal nya dengan kompressor AC yang tak terputar akan membuat AC menjadi tidak dingin.

Lalu apa jadinya kalau anda tidak pernah memperhatikan dan melaksanakan perawatan pada fan belt, kemudian kemudian datang tiba dikala kendaraan beroda empat anda gunakan untuk perjalanan jauh dan v beltnya putus tentu akan menjadi persoalan besar nantinya.

Untuk itu rajin rajinlah melaksanakan perawatan fan belt mobil anda dengan beberapa tips dibawah ini :

  1. Selalu periksa kekencangan dari fan belt mobil, usahakan tidakboleh terlalu kendur ataupun terlalu kencang lantaran keduanya tidak baik. Terlalu kendur sanggup mengakibatkan slip, sedangkan terlalu kencang akan membuat komponen lain yang diputar menjadi tidak awet.
  2. Periksalah fan belt dari kerusakan umum menyerupai adanya retakan ataukah tidak, sudah tipis ataukah belum. Jika terdapat retak pada v belt segeralah dilakukan penggantian.
  3. Jangan mengoleskan grease atau gemuk ke v belt lantaran hal ini sanggup mengakibatkan menumpuknya kotoran dan malah akan membuat kerusakan lain. Selain itu dengan mengoleskan grease, sanggup membuat fan belt menjadi slip yang sanggup memperpendek usia fan belt itu sendiri dan tentu saja fungsinya juga menjadi tidak terbaik.
  4. Jika timbul bunyi berdecit pada fan belt ada kemungkinan tali kipas tersebut kering dan perlu di diberikan sedikit pelumasan dengan memakai cairan pelumas khusus aftermarket yang tidak berbahaya.
 salah satu bab dari mesin yang mempunyai peranan yang sangat penting untuk menggerakkan Tips Teknik Merawat Fan Belt
contoh fan belt yang sebaiknya harus segera diganti


Baca juga : Alasan anda harus memasang turbo timer pada kendaraan beroda empat diesel keakungan

Untuk lebih anggun lagi anda melaksanakan perawatan rutin terpola di bengkel resmi untuk lebih meminimalisir kerusakan pada kendaraan keakungan anda. Semoga bermanfaa dan silahkan dibagikan.


Tag : tips mobil
0 Komentar untuk "Tips Cara Merawat Fan Belt"

Back To Top