Berapa Ukuran Tekanan Ideal Untuk Ban Serep ?

Pengetahuan ban - mungkin bagi kalian yang masih minim akan pengetahuan ban kendaraan beroda empat tentu akan kebingunkan dan bertanya tanya terkena seberapa besarkah tenakan ban serep yang akan kalian pompa nanti. Entah itu memompa lagi ataupun ditanya oleh tukang pompa yang sama sama ndak nggeh sama tekanan ideal ban serep.

Nah pada peluang yang baik ini kami akan mempersembahkan sedikit pengetahuan terkena ban serep pada mobil, khususnya terkena tekanan angin serta perawatan sederhananya.

Tekanan ideal untuk ban serep mobil

Untuk kendaraan beroda empat langsung sendiri biasanya pada ke empat rodanya memakai tekanan standar dari pabrik yang bervariasi, ada yang spesialuntuk 23psi, ada yang 29psi, bahkan ada yang hingga dengan 35psi untuk masing masing tekanan ban di ke empat rodanya. Khusus untuk tekanan ban serep sebaiknya di isi dengan angin yang lebih besar dari ukuran tekanan ban yang terpasang pada keempat roda.

 mungkin bagi kalian yang masih minim akan pengetahuan ban kendaraan beroda empat tentu akan kebingunkan da Berapa Ukuran Tekanan Ideal Untuk Ban Serep ?


Kenapa demikian ? Karena biasanya posisi untuk ban serep ini sangat susah untuk dijangkau, ada yang di bawah kolong mobil, ada yang dibawah jok bagasi belakang mobil, dan bila anda beruntung lokasi ban serep berada di serpihan belakang kendaraan beroda empat tepatnya di serpihan pintu belakang menyerupai isuzu panther touring atau kendaraan beroda empat jeep. Pemdiberian tekanan yang dilebihkan ini bertujuan semoga anda tidak perlu bolak balik mengecek tekanan angin, serta bila diharapkan sewaktu waktu tekanan udara didalam ban serep masih ada meskipun volumenya berkurang. Untuk jenis kendaraan beroda empat menyerupai avanza dan innova yang ukuran tekanan ban standardnya yakni 32 hingga 34 psi, untuk ban serepnya sanggup diisi dengan angin bertekanan diatasnya yakni 40 psi.

Ingat ban yang tidak pernah digunakan tekanan udara didalamnya sanggup menyusut bahkan sanggup habis, maka dari itulah melebihkan tekanan pada ban serep sangat penting, selain untuk menjaga udara yang ada didalamnya, juga membuat kalian tidak perlu bolak balik setiap ahad nya spesialuntuk untuk membongkar ban serep dan melaksanakan pengecekan tekanan angin. Karena lokasi ban serep yang susah dijangkau, pengecekan tekanan angin sanggup dilakukan setiap satu atau dua bulan sekali dengan syarat tadi, tekanannya dilebihkan.

Bagaimana dengan ban serep truk ?

Nah khusus untuk ban serep truk ini sanggup memakai tekanan terbaiknya yaitu diangka 110 hingga 120psi. Kemungkinan bila nanti menyusut niscaya jatuhnya ya diangka 100 an psi, cukup untuk dipasang di roda belakang dan mengangkut muatan berat, atau bila dipasang diroda depan masih sanggup dikurangi lagi hingga 70 atau 80 psi an.

Baca juga : Fungsi dari oil pan pada mesin mobil


Perawatan ban serep

Biasanya ban serep yang jarang atau tidak pernah digunakan akan mengalami retak atau getas dan bila sudah begitu mau tidak mau anda harus memmembuang dan menggantinya dengan yang baru. Bukankah sangat diakungkan kalau ternyata ban serep tersebut tidak pernah digunakan dan harua diganti ?. Untuk itu rawatlah sebaik mungkin ban serep walau tidak pernah dipakai. Anda sanggup memakai gel silikon untuk menjaga suhu dan kelembaban dari ban tersebut, atau melaksanakan rotasi secara periodik antara ban yang digunakan dengan ban serep.

Mungkin hingga disini sudah terang terkena tekanan angin ban serep dan perawatan sederhana nya semoga bermanfaa.




Tag : ban
0 Komentar untuk "Berapa Ukuran Tekanan Ideal Untuk Ban Serep ?"

Back To Top