Fungsi Oil Cooler Pada Kendaraan Beroda Empat Atau Motor

Pendingin oli oil cooler - aneka macam sistem pendinginan yang ada didalam sebuah kendaraan beroda empat yakni pendinginan ruang mesin dengan komponennya radiator, pendinginan udara mesin turbo dengan intercolernya, ada juga pendinginan oli yang biasa disebut dengan oil cooler.

Untuk kali ini kami akan membagikan sebuah artikel singkat terkena fungsi dari oil cooler pada kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat, meskipun pada kendaraan roda dua ini juga ada namun pembahasan kami kali ini akan terserius pada oil cooler mobil.

 aneka macam sistem pendinginan yang ada didalam sebuah kendaraan beroda empat yakni pendinginan ruang me Fungsi Oil Cooler Pada Mobil Atau Motor

Fungsi dari oil cooler

Sesuai dengan penamaannya yakni oil = minyak dan cooler = pendingin / pendinginan, jadi fungsi utama dari komponen ini ialah untuk mendinginkan suhu oli yang mungkin saja terlalu gerah sehingga membuat viskositas atau kekentalan dan daya rekat oli terhadap komponen mesin menjadi kurang bagus. melaluiataubersamaini adanya oil cooler ini, suhu dari oli pelumas sanggup diatur atau dinormalkan kembali sehingga tidak terjadi overheating pada suhu pelumas.

Teknik kerja oil cooler

Sistem pendinginan oli dengan memakai oil cooler ini bervariasi tergantung pabrik pembuat kendaraan beroda empat tersebut. Biasanya pertama ialah ketika oli dipompa dengan memakai oil pump yang kemudian akan dialirkan kedalam oil cooler dan didinginkan dengan memakai baik anutan air pada selimut oil cooler ataupun dengan angin, selanjutnya oli yang sudah didinginkan ini dialirkan menuju oil filter, selanjutnya dari oil filter akan dialirkan ke seluruh komponen mesin bergerak, dan terakhir ketiruana oli tersebut akan jatuh kedalam oil pan.


Pengaplikasian oil cooler pada mobil

Untuk kendaraan modern ketika ini sudah meninggalkan komponen yang satu ini alasannya ialah ketika ini oli atau pelumas yang beredar dipamasukan dibentuk dengan sedemikian rupa dimana oli tersebut bisa bertahan pada suhu gerah yang tinggi tanpa kehilangan fungsinya, serta bisa bertahan pada suhu minus dibawah nol derajat celcius sehingga ketika suhu menurun drastis oli tidak akan membeku.

Beberapa kendaraan yang masih mempertahankan komponen oil cooler ini salah satunya ialah ISUZU PANTHER dimana kendaraan beroda empat ini masih memakai teknologi dan desain yang bisa dibilang masih model usang sehingga mempertahankan komponen yang satu ini.

Letak oil cooler pada mobil

Untuk posisi letak dari oil cooler ini pun juga bervariasi, bia berada di bab depan mesin, di bab atas mesin maupun di bab samping mesin. Dan dibawah ini ialah beberapa teladan macam macam bentuk dari Oil cooler.

 aneka macam sistem pendinginan yang ada didalam sebuah kendaraan beroda empat yakni pendinginan ruang me Fungsi Oil Cooler Pada Mobil Atau Motor
contoh bentul oil cooler mobil


Baca juga : Pengertian dan fungsi dari turbocharger pada mesin diesel

Nah itulah tadi sedikit pengetahuan fungsi oil cooler, jadi fungsi oil cooler ini tidak sama dengan fungsi intercooler yang mempunyai fungsi mendinginkan udara dari mesin turbo loh :). Semoga bermanfaa bagi anda yang ingin mencar ilmu terkena otomotif. Saya pun ketika ini juga masih dalam tahap belajar, sedikit Koreksi yang membangun akan sangat berkhasiat bagi saya untuk menyebarkan blog tercinta ini.


Tag : komponen, news
0 Komentar untuk "Fungsi Oil Cooler Pada Kendaraan Beroda Empat Atau Motor"

Back To Top