Kelebihan Dan Kekurangan Elektrik Power Steering Mobil

EPS Electric Power Steering - salah satu teknologi yang sudah banyak diadopsi oleh kendaraan beroda empat mobil keluaran terbaru yaitu penerapan elektrik power steering atau yang biasa di sebut dengan akronim EPS.

Teknologi terbaru dari sistem powersteering menggantikan versi konvensionalnya yang masih memakai powersteering hidroulik yang memakai minyak atau pelumas yang harus selalu diganti tiap kilometer tertentu. Berbeda sekali dengan power steering elektrik yang rangkaiannya ibarat mirip dinamo, dan untuk mengatur fungsinya memakai sebuah modul yang di integrasikan kedalam ECU mobil.

Baca juga : Teknik merawat powersteering hidrolik semoga tidak simpel rusak

 salah satu teknologi yang sudah banyak diadopsi oleh kendaraan beroda empat mobil keluaran terbaru yaitu  Kelebihan Dan Kekurangan Elektrik Power Steering Mobil


Tentu saja ada kelebihan dan juga belum sempurnanya dari penerapan powersteering elektrik ini yang diantaranya yaitu sebagai diberikut.

Kelebihan elektrik powersteering


  • Tidak memerlukan perawatan khusus atau free maintenance.
  • Fungsinya sama saja dengan powersteering konvensional yakni mempeenteng setir kemudi dikala dibelokkan.
  • Lebih irit materi bakar alasannya yaitu yang memutar powersteering yaitu listrik, tidak sama dengan model hidrolik yang memakai putaran mesin sehingga beban mesin menjadi lebih berat.
  • Bebas dari penggantian oli powersteering alasannya yaitu memang tidak membutuhkan oli dalam penerapannya.
  • Membuat kendaraan lebih stabil dikala melaju dengan kecepatan tinggi alasannya yaitu fungsi powersteering ini akan sedikit diperberat sehingga setir tidak simpel goyah.


Kekurangan elektrik powersteering


  • Setir terasa sedikit lebih berat ketimbang powersteering hidrolik.
  • Ongkos perbaikan mahal dan prosesnya rumit alasannya yaitu harus membongkar batang kemudi terlebih lampau.
  • Ketika terjadi kerusakan datang tiba di jalan biasanya setir akan mengunci, hal ini sangat berbahaya jikalau kendaraan beroda empat yang anda kendarai melaju dengan kencang. Namun tidakboleh khawatir alasannya yaitu kerusakan powersteering elektrik ini sangat jarang terjadi.
  • Jika komponen ini hingga rusak maka biaya penggantian sangat besar sekali.


Nah untuk menjaga semoga elektrik powersteering kendaraan beroda empat anda semoga tidak simpel rusak, maka anda perlu memperhatikan cara mengemudi anda alasannya yaitu kerusakan EPS ini jawaban kelalaian pengguna atau ketidak tahuan mereka dalam memakai teknologi canggih ini. Salah satunya yaitu tidakboleh suka ngebut di jalanan yang tidak bagus, berlubang dan jalanan bergelombang alasannya yaitu sanggup merusak komponen motor EPS.

Baca juga : Mobil anda terasa limbung dikala belok ? stabilkan dengan alat ini

Semoga bermanfaa.


0 Komentar untuk "Kelebihan Dan Kekurangan Elektrik Power Steering Mobil"

Back To Top