Fungsi Thermostat Dan Cara Kerja Thermostat

Fungsi thermostat cara kerja thermostat / termostat - salah satu komponen yang sangat fital didalam sistem engine cooling atau pendinginan mesin yakni thermostat. Komponen ini yakni berupa katup yang terbuat dari dua buah jenis logam tidak sama yang mana kalau dilalui oleh suhu diatas suhu kerja maka katup ini akan membuka, dan menutup kembali saat suhu sudah kembali masbodoh ( kembali ke suhu kerja ).

Hampir niscaya tiruana kendaraan beroda empat dilengkapi dengan komponen mungil ini untuk menjaga suhu kerja mesin tetap optimal, alasannya kalau suhu mesin tidak dalam bulat suhu kerja yang derajat suhunya antara 85 hingga 90 derajat celcius akan membuat kinerja mesin itu sendiri menjadi tidak bagus.

Fungsi thermostat cara kerja thermostat  Fungsi Thermostat Dan Teknik Kerja Thermostat
foto by : fandi guritno

Baca juga : Teknik mengatasi sendiri tali kipas suara mencicit biaya murah

Fungsi thermostat pada mesin mobil

Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa fungsi dari thermostat yakni sebagai katup buka dan tutup secara otomatis ( kran air otomatis ) yang mengatur sirkulasi antara air gerah yang ada di ruang mesin dengan air masbodoh yang ada didalam kisi kisi radiator sesuai dengan suhu mesin sehingga temperatur kerja mesin tetap stabil supaya tenaga mesin yang dihasilkan menjadi besar dan yang pastinya mesin kendaraan beroda empat tidak akan overheat.

Teknik kerja thermostat

Thermostat ini akan bekerja membuka katupnya saat suhu air pendingin atau water coolant pada mesin sudah mencapai suhu kerja yang besarnya antara 85 hingga 90 derajat celcius. Dan valve thermostat akan menutup kembali saat suhu mesin sudah menurun.

Bahaya kalau thermostat dilepas / tidak dipasang

Banyak sekali orang yang mengalami overheat dan mendapat masukan dari rekan rekan mereka untuk melepas thermostat nya saja supaya tidak overhead lagi. Padahal pernyataan ini yakni salah, dan kesalahan fatal bagi mereka yang tidak tahu menahu justru mengikuti saja masukan yang didiberikan oleh rekan mereka. Melepas thermostat ini akan membuat temperatur kerja mesin menjadi tidak akan tercapai sehingga membuat proses pendinginan mesin menjadi berkurang.

Dan saat kendaraan beroda empat digeber dengan kecepatan tinggi akan membuat mesin malah eksklusif overhead. Selain itu lamanya temperatur kerja mesin yang tidak akan pernah tercapai ini akan menyebabkan tenaga mesin menjadi loyo serta membuat materi bakar menjadi boros. Makara tidakboleh sekali kali anda melepas komponen ini kalau mengalami overhead ya ?. Cukup anda matikan mesin kendaraan beroda empat kemudian derek ke bengkel terdekat guna mengatasi hal ini.

Baca juga : Bahaya melepas thermostat mesin dapat overheat

Proses Sirkulasi pendinginan mesin

Pada pertama mesin dihidupkan maka suhu atau temperatur kerja mesin ini masih rendah alasannya suhunya masih masbodoh ibarat suhu ruangan yang besarnya kira kira 23 hingga 25 derajat celcius. Dan air pendingin didalam mesin akan bersirkulasi dengan menolongan pompa air dan terus berputar putar dari mesin melalui selang bypass kemudian ke pompa air begitu seterusnya hingga suhunya benar benar mencapai temperatur kerja.

Sesudah temperatur kerja mesin tercapai dan supaya mesin tidak overheating maka katup thermostat ini akan otomatis terbuka dan membebaskan air bersuhu gerah didalam blog mesin menuju radiator untuk didinginkan, sedangkan air masbodoh dari radiator akan dimasukkan kedalam blog mesin guna mendinginkan mesin. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar dibawah ini.

Fungsi thermostat cara kerja thermostat  Fungsi Thermostat Dan Teknik Kerja Thermostat
Baca juga artikel bermanfaa diberikut :



Nah itulah tadi artikel terkena fungsi dan cara kerja dari thermostat pada mobil, semoga bermanfaa dan silahkan tidakboleh lupa untuk dibagikan.


Tag : tips mobil
0 Komentar untuk "Fungsi Thermostat Dan Cara Kerja Thermostat"

Back To Top