Kelebihan Dan Kekurangan Suspensi Double Wishbone

Mengenal suspensi double wishbone - desain suspensi sendiri pada kendaraan roda empat terdiri dari bermacam macam model yang salah satunya ialah suspensi jenis double wishbone.

Suspensi double wishbone ini termasuk suspensi independen yang sampai ketika ini mempunyai tingkat kenyamanan berkendara lebih baik dari sistem suspensi lainnya.

 desain suspensi sendiri pada kendaraan roda empat terdiri dari bermacam macam model yang  Kelebihan Dan Kekurangan Suspensi Double Wishbone


Karena alasan ini pula lah kebanyakan kendaraan beroda empat berbentuk bongsor ataupun kendaraan yang membutuhkan level kenyamanan berkendara yang tinggi kerap kali mengaplikasikan tehnologi suspensi ini dalam rancangan kendaraan mereka.

Bentuk suspensi double wishbone

Suspensi ini terdiri dari beberapa bab yang diantaranya ialah lower arm, upper arm, ball joint, link stabilizer, coil spring ( pegas keong ), shockbreaker dan dudukan poros roda.

Kelebihan suspensi double wishbone

  • Karena bentuknya yang sangat kokoh dengan adanya lengan bab atas ( upper arm ) serta lengan bab bawah ( lower arm ) ini maka sistem suspensi ini bisa mencengkeram posisi roda supaya tidak bergeser dari posisinya, serta bisa meredam daya tekan baik dari atas, depan maupun samping.
  • Posisi double wishbone ini bisa menahan posisi roda supaya tetap tegak lurus terhadap permukaan aspal jalan sehingga bisa meminimalisir pergerakan atau pergeseran roda sehingga sangat praktis dikendalikan dan terasa nyaman.
  • Memiliki control camber yang sangat sempurna.


Kekurangan suspensi double wishbone

  • Harga suspensi model ini tergolong mahal ketimbang sistem suspensi lainnya.
  • Harga per part dari suspensi ini juga sangat mahal melihat suspensi ini tersusun dari banyak bab yang sewaktu waktu terjadi kerusakan pada salah satu bagiannya.
  • Untuk rancangan double wishbone model usang akan membuat tingkat abrasi ban jauh lebih besar ( cepat aus ) alasannya untuk model usang antara upper arm dan lower arm dibentuk paralel dengan panjang yang sama misalnya pada jenis toyota kijang kapsul dan kijang innova. Namun untuk rancangan yang gres tidak demikian alasannya desain dari upper arm dibentuk lebih pendek dan tidak paralel guna meminimalisir keausannya, tumpuan pada upper arm milik toyota fortuner.
  • Tingkat kerusakan ball joint terutama ball joint atas lebih besar untuk jenis suspensi upper arm model lama, namun tidak untuk suspensi upper arm model baru.

Pengaplikasian suspensi double wishbone pada kendaraan.

Kebanyakan suspensi model ini diaplikasikan kedalam kendaraan yang membutuhkan tingkat kenyamanan berkendara tinggi menyerupai kijang innova, fortuner, pajero, dan beberapa kendaraan beroda empat sedan sport juga memakai teknologi suspensi double wishbone ini.


Nah demikianlah artikel terkena belum sempurnanya serta kelebihan suspensi double wishbone. Semoga bermanfaa buat anda dan tidakboleh lupa untuk dibagikan.


0 Komentar untuk "Kelebihan Dan Kekurangan Suspensi Double Wishbone"

Back To Top