Cara Mengecek Apakah Alternator Sudah Rusak

Cek kerusakan alternator - beberapa komponen penting yang terdapat pada kendaraan bermotor roda empat yang mempunyai fungsi sebagai alat penyuplay energi listrik ( pembangkit listrik ) untuk mendukung komponen lain didalam kendaraan beroda empat yang membutuhkan listrik ibarat AC, lampu lampu, radiotape dll ialah alternator.

Bila alternator ini hingga rusak tentu akan mengakibatkan duduk kasus ibarat aki sering tbuntut walau sudah diganti baru, kendaraan beroda empat tidak berpengaruh distarter, dan yang paling parah yaitu mobip datang tiba eksklusif mogok lantaran listrik yang seharusnya disuplay oleh alternator diambil alih oleh AKI yang lambat laun akan habis energinya.

 beberapa komponen penting yang terdapat pada kendaraan bermotor roda empat yang mempunyai  Teknik Mengecek Apakah Alternator Sudah Rusak


Nah daripada anda kesal dan mengeluh kenapa aki yang gres diganti bisa tbuntut lagi dan lagi, mungkin disebabkan lantaran alternator tersebut sudah tidak bisa lagi melaksanakan tugasnya untuk mencharger AKI. Untuk itu anda perlu mengetahui kondisi alternator kendaraan beroda empat anda, apakah masih dalam kondisi elok ataukah sudah mengalami kerusakan yang caranya yaitu sebagai diberikut.

Pengecekan dengan memakai volmeter

  • Silahkan anda matikan kendaraan beroda empat dan buka kap mesin anda.
  • Pasang ujung ujung kabel volmeter pada kutub aki, warna merah untuk kutup nyata dan yang hitam untuk kutup negatif dan lihat berapa tegangan aki tersebut, jikalau tegangan berada pada kimasukan 12 V keatas maka kondisi aki bisa dipastikan bagus.
  • Selanjutnya mintalah menolongan orang untuk menstarter kendaraan anda dan menggeber mesin dengan rpm diatas 2000 lalu lihatlah jarum alat ukur volmeter tersebut, jikalau mengatakan angka 13,5V hingga 14V berarti menunjukan alternator dalam kondisi bagus  dan bila spesialuntuk mengatakan tegangan di angka 12 V atau kurang, hal ini menunjukan alternator sudah tidak bisa lagi melaksanakan tugasnya untuk melaksanakan pengisian ke aki.
  • Ketika melaksanakan pengetesan cobalah anda nyalakan tiruana sistem kelistrikan ibarat lampu besar, AC, radio tape dan lihatlah apakah beban kelistrikan menurun ataukah tetap.

Pengecekan dengan memakai baterry tester

Untuk cara yang lebih modern anda bisa memakai sebuah alat yang berjulukan baterry tester, untuk cara penerapannya bisa mengikuti panduan dari masing masing alat.
Alat baterry terter ini bisa mengukur apakah AKI dalam kondisi normal, dan juga mengetahui apakah pengisian berjalan normal ataukah tidak.



Nah begitulah tadi tips bagaimana cara mengecek kondisi alternator. Untuk menghindari alternator tidak simpel rusak pastikan anda tidak memasang sistem yang membutuhkan energi listrik yang over ibarat sistem audio dan lain sebagainya. Semoga bermanfaa.


0 Komentar untuk "Cara Mengecek Apakah Alternator Sudah Rusak"

Back To Top