Jenis Aki Kendaraan Beroda Empat Dan Motor Lengkap

Mengenal jenis jenis aki kendaraan - salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah mesin kendaraan yaitu baterai atau aki, lantaran dikala ini hampir seluruh jenis mesin kendaraan sudah mengaplikasikan baterai penyimpan daya cadangan ini untuk menyalakan mesin pertama kali.
Tanpa adanya baterai atau aki tentu kita akan kerepotan sekali untuk sekedar menyalakan mesin kendaraan. Rata rata mesin kendaraan baik itu kendaraan beroda empat atau motor memakai aki dengan tegangan berkapasitas 12 Volt serta besar lengan berkuasa arus atau ampere yang berguaka ragam, mulai dari 2 ampere hingga 8 ampere.

 salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah mesin kendaraan yaitu baterai atau Jenis Aki Mobil Dan Motor Lengkap


Dipamasukan sendiri banyak sekali type type aki yang dijual dengan aneka macam kapasitas yang tidak sama beda serta materi pembuat yang berguaka ragam pilihannya. melaluiataubersamaini banyaknya jenis aki ini pula lah banyak yang memperdebatkan untuk menentukan jenis aki yang manakah yang manis untuk digunakan.
Nah semoga anda tidak salah pilih dan tergoda info "katanya" alangkah lebih baiknya anda mempelajari jenis jenis aki yang beredar di pamasukan.

1. Aki Basah

Jenis aki yang pertama yang akan kita bahas yaitu aki basah, aki ini yaitu jenis aki yang paling banyak di jual di pamasukan dan paling mudah ditemukan di aneka macam toko bengkel otomotif. Aki berair ini yaitu salah satu jenis aki standar kendaraan bermotor dengan ciri yang didalamnya terdapat cairan elektrolit H2SO4 ( asam sulfat ).

#Kelebihan Aki Basah

Kelebihan yang dimiliki oleh aki berair ini diantaranya yaitu harganya yang lebih murah dari jenis aki lainnya, kemudian aki berair ini juga lebih mudah ditemukan di toko aki dan juga sanggup digunakan berulang kali bila anda bisa merawat aki berair ini dengan terbaik.

#Kekurangan Aki Basah

Adapun belum sempurnanya dari jenis aki yang satu ini yaitu sangat gampangnya cairan elektrolit didalam aki menguap sehingga sesekali anda harus melaksanakan pengecekan terencana ketinggian elektrolit didalam aki. Selain itu perawatan yang salah bisa membuat cairan aki ini tumpah dan terkena komponen lain, sedangkan cairan aki ini sangat korosif dan bisa merusak komponen yang terkena khususnya besi.


2. Aki Jenis Kalsium

Jenis aki kedua yaitu aki jenis kalsium yang ialah jenis aki menyerupai dengan aki basah, yang menjadi pembedanya spesialuntuklah pada kutub baterai aki yang terbuat dari materi kalsium. Aki kalsium yaitu jenis aki yang kurang begitu terkenal di indonesia lantaran aki type ini jarang yang menjualnya dikarenakan yang diketahui dan dipahami oleh lebih banyak didominasi masyarakat indonesia yaitu jenis aki cuma ada dua, aki jenis berair dan kering saja.

#Kelebihan Aki Kalsium

Kelebihan utama dari aki kalsium ini yaitu kemampuan baterai ini lebih baik dibandingkan dengan aki berair dalam hal menyimpan arus listrik.

#Kekurangan Aki Kalsium

Seperti yang sudah disebutkan diatas belum sempurnanya dari aki kalsium ini yaitu kurang terkenal dan jarang toko aki yang menjual aki kalsium, meskipun ada mungkin stok nya terbatas.


3. Aki Hybrid

Jenis aki yang selanjutnya adalaj aki hybrid dimana teknologi aki hybrid ini intinya yaitu penggabungan antara aki berair biasa dan aki kalsium. Perbedaan yang paling fundamental pada aki jenis hybrid ini terdapat pada kutub baterainya, dimana kutub nyata memakai materi low antimonial layaknya milik aki basah, dan pengunaan materi kalsium untuk kutub negatif nya. Aki hybrid ini masih kalah pamor dengan jenis aki kering meski berdasarkan beberapa orang aki hybrid ini mempunyai ketahanan yang lebih manis dibandingkan aki basah.

#Kelebihan Aki Hybrid

Aki hybrid mempunyai usia pemakaian yang lebih baik ketimbang aki jenis berair biasa. Serta penguapan cairan elektrolit yang lebih minim.

#Kekurangan aki hybrid

Lebih susah ditemukan di toko aki berskala kecil. Meskipun ada stoknya juga terbatas. Selain itu cairan yang ada didalam aki bersifat lebih korosif dan sangat berbahaya bila hingga tumpah dan terkena penggalan badan kita.


4. Aki MF ( Maintenance Free )

Jenis aki selanjutnya ialah aki jenis MF atau maintenance free atau lebih dikenal di masyarakat indonesia dengan istilah aki kering. Meskipun dikenal dengan istilah aki kering tidakboleh berfikir tidak ada larutan elektrolit didalam sel akinya lantaran tanpa adanya elektrolit mustahil sebuah baterai bisa menyimpan energi listrik. Aki jenis ini tetap mempunyai cairan elektrolit untuk aktifitas sel aki, namun pada penggalan atas sel aki di segel dengan besar lengan berkuasa sehingga aki ini bisa meminimalisir penguapan cairan elektrolitnya. Dan meskipun kalian goyang goyang tidak akan ada cairan yang tumpah, lha wong di segel. Dengaj begitu anda tidak perlu lagi repot repot melaksanakan pengecekan cairan aki nya. Bagi anda yang malas untuk mengecek ketingian cairan aki, maka aki jenis MF yaitu salah satu pilihan terbaik.

#Kelebihan Aki Maintenance Free

Kelebihan dari aki MF yang utama yaitu bebas dari perawatan ( free maintenance ) dan tidak perlu melaksanakan penggantian cairan aki lantaran penguapan yang terjadi didalam sel aki sangatlah minim. Karena hal inilah membuat penerapannya lebih praktis.

#Kekurangan Aki Maintenance Free

Karena kelebihannya ini membuat harga aki MF lebih mahal dari jenis aki diatas. Dan lantaran lubang cairan elektrolitnya di segel maka bila aki ini sudah kehilangan kemampuannya dalam menyimpan energi listrik ya harus di membuang dan diganti baru, kecuali anda mau repot2 membongkar / menggerpenghasilan segelnya, mengisi cairan elektrolit gres yang sesuai dan mengelem segelnya kembali. Dan umumnya waktu pemakaian aki MF ini lebih singkat dari jenis jenis aki sebelumnya.


5. Aki Jenis Gel

Jenis aki yang terakhir untuk kita bahas kali ini ialah aki jenis gel, yaitu aki berteknologi gres yang mengunakan gel sebagai materi pengganti cairan elektrolitnya. melaluiataubersamaini penerapan gel sebagai materi elektrolit membuat aki ini lebih ramah lingkungan, lantaran bila aki ini miring gel didalamnya tidak ikut tumpah menyerupai yang terjadi pada aki biasa.

#Kelebihan Aki Tipe Gel

Aki jenis gel ini mempunyai kelebihan yang hampir sama dengan aki MF dalam hal perawatan yakni bebas perawatan alias free maintenance. Selain itu beberapa produsen aki gel mengklaim produk mereka mempunyai usia yang panjang bahkan berdasarkan mereka aki jenis gel ini usianya 2 kali nya aki non gel. Dan yang menjadi nilai tambah dari aki ini yaitu tidak perlu kuatir cairan didalamnya tumbah lantaran dibolak balik, lha wong isinya gel :).

#Kekurangan Aki Tipe Gel

Kekurangan dari aki Gel ini yang berdasarkan saya masih bisa dimaafkan yaitu soal harga, harga aki ini tergolong mahal. Selain itu aki gel ini lebih susah ditemukan di bengkel aki biasa lantaran sedikitnya peminat membuat pertimbangan bengkel aki kecil untuk menyediakan stok aki jenis gek. Dan popularitas aki gel ini masih kalah pamor dengan aki MF atau kering.

Untuk informasi lain seputar aki kendaraan beroda empat atau aki motor bisa dibaca melalui list dibawah ini :

Perbedaan aki berair dan aki MF ( Maintenance Free )
Bisakah aki kering di cas ulang ? ketahui jawabannya disini
Oleskan grease atau gemuk ke kepala aki apakah manis ?
Ketahui penyebab air aki mendidih dan bergejolak
Teknik pasang aki tanpa perlu di cas terbaru
Penyebab munculnya kerak putih di kepala aki dan mengatasinya
Penyebab air aki cepat habis dan mengatasinya
Bagus mana aki kering VS aki berair ? Tentukan pilihanmu
Ketahui standar usia aki mobil
Tips merawat aki semoga kekal dan tahan lama



Nah itulah tadi beberapa jenis aki lengkap yang ada di pamasukan indonesia, untuk duduk perkara pilihan silahkan diadaptasi dengan budget dan kebutuhan anda. Semoga bermanfaa dan sediakan sedikit waktu untuk membagikan artikelnya :).

Tag : aki
0 Komentar untuk "Jenis Aki Kendaraan Beroda Empat Dan Motor Lengkap"

Back To Top