Tips Supaya Bearing Roda Motor Tidak Cepat Rusak

Teknik merawat bearing roda motor supaya awet - bearing ialah komponen yang mempunyai peranan sangat penting terhadap benda yang berputar pada porosnya, selain untuk menjaga kestabilan putaran juga memperhalus putaran itu sendiri.

Bearing didunia industri otomotif sudah tidak abnormal lagi untuk didengar alasannya hampir dipastikan setiap kendaraan baik itu kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat niscaya memakai bearing. Salah satu pola yang paling praktis ialah bearing roda.

Teknik merawat bearing roda motor supaya infinit Tips Agar Bearing Roda Motor Tidak Cepat Rusak


Kerusakan yang terjadi pada bearing roda tentu akan besar lengan berkuasa terhadap handling atau pengendalian laju kendaraan. Sehingga kita sebagai pemilik kendaraan wajib tahu bagaimana cara merawat bearing yang benar. Nah pada peluang kali ini kita akan serius mengulas persoalan bearing roda motor khususnya persoalan perawatannya.

Kerusakan bearing biasanya disebabkan lantaran 4 faktor yang diantaranya ialah faktor kualitas bearing, faktor berat beban yang di pikul oleh motor, faktor cara berkendara yang kurang baik, dan yang terakhir ialah lantaran faktor usia.

Bearing cepat rusak lantaran kualitas jelek
Agar bearing roda motor tidak cepat rusak maka salah satu cara yang sempurna jikalau bearing bawaan motor sudah rusak, gantilah dengan bearing yang kualitasnya minimal sama, atau lebih anggun lagi dari bearing orisinil bawaan motor. Jangan beli bearing murahan alasannya harga memilih kualitas.

Bearing cepat rusak lantaran mengangkut beban berlebih
Selanjutnya untuk persoalan beban, pastikan anda tidak terlalu banyak mengangkut beban di atas sepeda motor, contohnya anda berbelanja berbagai sayur mayur dan mengangkutnya dengan sepeda motor. Atau berboncengan lebih dari 3 orang setiap harinya. Semakin berat beban yang diangkut oleh motor, semakin besar pula gaya gesek yang terjadi didalam komponen bearing sehingga keausan bearing semakin cepat terjadi.

Bearing rusak lantaran berkendara ugal ugalan
Faktor yang ketiga ialah cara berkendara yang kurang baik. Kurang baik disini ialah sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, tingginya kecepatan motor tentu akan diberimbas pada tingginya putaran di belahan bearing roda. Nah semakin cepat putarannya akan membuat bearing menjadi cepat gerah dan hasilnya ialah bearing menjadi lebih cepat aus. Begitupun dengan kondisi jalanan yang kurang baik, bergelombang dan berlubang sebaiknya tidam asal dikibas. Pelankan laju kendaraan alasannya jikalau kita tetap nekat melibas jalanan yang kurang anggun akan membuat getaran berlebih dan bearing akan mendapatkan beban bentur yang tinggi. Selain sanggup merusak bearing, sering melibas jalanan yang kurang anggun kondisinya juga akan mempercepat kerusakan shockbreaker atau shock absorber sepeda motor.

Bearing rusak lantaran faktor usia
Faktor ke empat ialah disebabkan lantaran faktor usia pemakaian setiap produk pastilah mempunyai masa pakai yang tidak sama beda tergantung kualitas produk itu sendiri. Barang murahan biasanya mempunyai masa pakai yang singkat, sedang produk berkarakter tinggi mempunyai masa pakai yang relatif lama. Jika bearing roda motor sudah usang tidak diganti contohnya sudah 4 tahun dan mengalamj kerusakan, mungkin memang sebatas itu usia pakainya dan alangkah baiknya segera diganti jikalau ditemukan indikasi rusak, misaknya sedikit kocak.

Teknik merawat bearing roda motor supaya infinit Tips Agar Bearing Roda Motor Tidak Cepat Rusak


Pastikan anda segera mengganti bearing roda motor yang rusak supaya tidak was was bearing roda motor ambrol ketika menempuh perjalanan yang malah akan mengganggu kenyamanan berkendara. Semoga bermanfaa dan monggo silahkan dimenolong share :).


Tag : understeel
0 Komentar untuk "Tips Supaya Bearing Roda Motor Tidak Cepat Rusak"

Back To Top