Cara Meningkatkan Kompresi Mesin

Teknik menaikkan kompresi mesin - semakin tinggi nilai dari rasio kompresi mesin maka akan berdampak pada tingginya tekanan serta suhu yang ada pada ruang bakar mesin yang selanjutnya ketika proses pembakaran terjadi, membuat ledakan tenaga mesin menjadi lebih besar yang tentunya diikuti dengan penerapan materi bakar yang tepat, lantaran kompresi mesin yang tinggi kalau menggunakan materi bakar sekelas premium resiko terjadinya knocking piston menjadi tinggi.

Knocking yaitu kondisi dimana materi bakar terbakar doloean sebelum dinyalakan oleh busi, sehingga seolah olah gerakan piston ini tidak eksklusif lurus naik turun, melainkan bergetar yakni naik-turun dan goyang ke kiri dan kekanan sehingga malah membuat tenaga mesin menjadi loyo dan resiko kerusakan mesin menjadi lebih besar lagi.

 semakin tinggi nilai dari rasio kompresi mesin maka akan berdampak pada tingginya tekanan Teknik Meningkatkan Kompresi Mesin

Itulah sebabnya beberapa motor yang memang dipakai untuk ajang balapan, khususnya balapan jarak pendek atau drag akan memodifikasi sektor dapur pacu dengan meningkatkan rasio kompresi dari yang tiruanla standar bawaan motor menjadi lebih tinggi lagi. Lalu cara apa saja yang sanggup dilakukan untuk meningkatkan rasio kompresi mesin ? silahkan disimak cara caranya dibawah ini.

Teknik menaikkan rasio kompresi mesin


1. Papas silinder head atau blok mesin


 semakin tinggi nilai dari rasio kompresi mesin maka akan berdampak pada tingginya tekanan Teknik Meningkatkan Kompresi Mesin

Teknik yang pertama yaitu dengan memperpendek ruang ruang bakar, untuk memperpendek ruang bakar ini anda sanggup memapas blok mesin dan boring pecahan atas atau silinder headnya sehingga yang tiruanla panjang menjadi pendek. melaluiataubersamaini melaksanakan pemapasan ini anda akan mendapat ruang kompresi yang jauh lebih rapat lagi sehingga rasio kompresi pun menjadi naik.

2. Merubah piston standar dengan dome piston


 semakin tinggi nilai dari rasio kompresi mesin maka akan berdampak pada tingginya tekanan Teknik Meningkatkan Kompresi Mesin
misal model bentuk dome piston


Teknik diberikutnya untuk meningkatkan kompresi mesin yaitu dengan mengganti piston standar bawaan motor dengan piston aftermarket type dome atau kubah. Piston dome ini mempunyai bentuk kubah atau tonjolan lebih pada permukaannya, sehingga kubah atau tonjolan yang ada pada ujung piston ini membuat ruang kompresi menjadi lebih rapat dan rasio nya naik.

3. Memperbanyak pasokan udara kedalam ruang bakar


 semakin tinggi nilai dari rasio kompresi mesin maka akan berdampak pada tingginya tekanan Teknik Meningkatkan Kompresi Mesin
misal pengaplikasi an turbo pada mesin motor


Langkah diberikutnya agar kompresi mesin sanggup meningkat yaitu dengan memasok udara lebih banyak kedalam ruang bakar. Secara umum udara yang masuk kedalam ruang bakar ini volumenya sama dengan jumlah udara ketika langkah hisap dimana piston berada pada titik mati bawah yang kemudian dikompresi. Untuk menaikkan kompresi mesin anda juga sanggup memasok jumlah udara yang jauh lebih banyak kedalam ruang bakar sehingga kompresinya menjadi meningkat. Salah satu caranya yaitu dengan memasang perangkat turbocharger pada mesin.

Selain mengaplikasikan mesin turbo kedalam mesin, anda juga sanggup mengaplikasikan teknologi NOS kedalam mesin baik itu mesin kendaraan beroda empat maupun mesin motor untuk meningkatkan kompresi sehingga tenaga menjadi lebih powerfull.

Sebagai gosip pemanis kapasitas ruang mesin yang biasa kita sebut dengan cc mesin yaitu sebuah kapasitas atau ruang volume dimana 1 cc sama dengan 1cm kubik ( 1cm x 1cm x 1cm ). Jika anda ingin menaikkan cc mesin dari yang standar ke cc tertentu juga harus mengerti cara melaksanakan perhitungannya.

Untuk goresan pena kami yang lain yang berkaitan dengan tenaga mesin silahkan baca baca dibawah ini :



Semoga artikel diatas sanggup bermanfaa.


0 Komentar untuk "Cara Meningkatkan Kompresi Mesin"

Back To Top