Apakah Aki Kering Dapat Di Cas ?

Apa bisa aki kering di cas - mungkin hal ini masih menjadi banyak perdebatan di kalangan pecinta otomotif khususnya otomotif roda dua terkena dilema aki motor type kering, apakah aki kering ini bisa di cas ataukah tidak. Beberapa orang menjawaban bisa dan beberapa lagi menjawaban tidak. Lalu jawabanan manakah yang benar terkena pertanyaan diatas apakah aki kering bisa di lakukan pengecasan.


Teknik kerja sistem pengisian aki

Salah satu komponen yang paling vital yang ada pada kendaraan atau mesin apapun yakni baterai sebab baterai disini mempunyai tugas sebagai penyuplai daya untuk menggerakkan dinamo starter, yang selanjutnya putaran dari dinamo starter ini akan memutar flywheel atau ring gear yang memicu proses terjadinya pembakaran didalam ruang mesin.

 mungkin hal ini masih menjadi banyak perdebatan di kalangan pecinta otomotif khususnya ot Apakah Aki Kering Bisa Di Cas ?


Sesudah mesin menyala maka baterai atau aki ini sudah tidak diharapkan lagi sebab kebutuhan energi listrik untuk proses pembakaran dan menyalakan lampu lampu akan disuplay oleh alternator atau pembangkit listrik pada mobil, atau spul pada sepeda motor. Dan sebab sering nya aki dipakai untuk starter maka usang kelabuaan energi didalamnya akan berkurang, sehingga kemudian aki ini akan di carger ulang secara otomatis hingga penuh yang nantinya bisa dipakai lagi untuk menstarter di lain waktu. Kaprikornus baik aki lembap mapun aki kering bisa di charger atau di cas.

#Aki kering type gel

namun khusus untuk aki kering type "gel"ini mempunyai kontruksi yang tidak sama dengan aki basah. Pada aki kering jenis gel, terdapat sebuah cairan kental menyerupai jelly yang fungsi nya sama dengan cairan zurr pada aki basah, yakni sebagai elektrolit untuk menyimpan energi listrik. Sesudah sekian usang dipakai maka gel dari aki kering ini akan benar benar mengering sehingga tidak bisa dipakai menyimpan energi listrik kembali dan satu satunya jalan yakni dengan melaksanakan penggantian aki yang sudah kehilangan kinerja nya ini dengan aki kering yang baru.

Hal ini tidak sama sekali dengan aki type lembap ataupun aki MF yang menggunakan cairan zurr sebagai elektrolitnya yang mana seiring penerapannya cairan elektrolit ini spesialuntuk akan menguap dan berkurang saja ( tidak mengering menyerupai aki type kering ), dan jikalau sudah ditambah oleh air penambah kinerja nya akan pulih menyerupai sedia kala begitu seterusnya.

Kaprikornus aki kering "gel" ini dikala terpasang di mesin motor ataupun kendaraan beroda empat tetap akan di cas secara otomatis oleh alternator atau spul hingga aki benar benar tidak bisa lagi menyimpan daya. Namun dikala jelly yang ada didalam aki ini sudah benar benar menjadi kering atau rusak maka anda cas pun tidak akan menyimpan tenaga lagi dan harus diganti aki baru.

#Aki MF Maintenance Free

Khusus untuk aki MF banyak orang yang salah mengidentifikasi sebagai aki kering padahal aki MF ini sama saja dengan aki basah, spesialuntuk saja teknologi yang diaplikasikan lebih modern, penggalan atas aki yang biasa terdapat lubang untuk menambahkan air aki akan di segel atau di seal dengan menggunakan lem perekat yang berpengaruh dari pabrikan.

Fungsi dari penyegelan ini dimaksudkan untuk lebih meminimalkan penguapan cairan elektrolit aki dan selain itu juga sebagai pengaman biar air aki didalamnya tidak akan tumpah walaupun aki ini di jungkir balikkan. Aki jenis MF ini juga sama sama bisa di cas, dan seiring penerapannya maka kinerja nya akan menurun dan aki tidak bisa lagi menyimpan energi listrik dari alternator atau spull. Untuk mengembalikan kinerja lagi maka anda perlu membongkar segel aki, kemudian mengisikan air Zur kedalamnya dan menutup kembali segel AKI dengan perekat yang kuat.

Untuk klarifikasi secara detail terkena jenis jenis aki biar kalian tiruana tahu perbedaannya silahkan baca ulasan jenis aki lengkap melalui tautan dibawah.

Mengenal jenis aki kendaraan beroda empat dan motor terlengkap
Pengetahuan otomotif : perbedaan aki lembap dan aki MF
Oleskan grease atau gemuk ke kepala aki apakah manis ?
Ketahui penyebab air aki mendidih dan bergejolak
Teknik pasang aki tanpa perlu di cas terbaru
Penyebab munculnya kerak putih di kepala aki dan mengatasinya
Penyebab air aki cepat habis dan mengatasinya
Bagus mana aki kering VS aki lembap ? Tentukan pilihanmu
Ketahui standar usia aki mobil
Tips merawat aki biar abadi dan tahan lama


Semoga bermanfaa dan tidakboleh lupa untuk di menolong share.


Tag : aki
0 Komentar untuk "Apakah Aki Kering Dapat Di Cas ?"

Back To Top