Berapa Usang Usia Aki Kering Motor ?

Usia aki motor standar - problem yang banyak dikeluhkan oleh para biker salah satunya ialah kondisi aki motornya yang suka sekali ngedrop, bahkan belum ada satu tahun diganti aki sudah ngedrop kembali.

Selain menambah biaya pengeluaran berupa pembelian aki baru, seringnya aki motor sowak ini juga membuat kita kerepotan dikala menyalakan motornya. Pasalnya starter elektrik tidak sanggup berfungsi sebagaimana menstinya, satu satunya jalan untuk menyalakan mesin motor jikalau aki sudah melempem ibarat ini ialah dengan menggunakan kick starter.

 problem yang banyak dikeluhkan oleh para biker salah satunya ialah kondisi aki motornya  Berapa Lama Usia Aki Kering Motor ?
Ilustrasi aki kering motor GS, image by tokopedia,com


Nah kemudian bagaimana nih dengan motor yang tidak dilengkapi dengan kick starter ? ya harus starter dorong.

Sebenarnya dalam keadaan normal berapa sih usia aki sepeda motor ini ?

Pada umumnya aki sepeda motor normalnya sanggup bertahan antara 1.5 sampai 2 tahun, atau jarak tempuh motor yang sudah melewati 20.000km gres aki akan terasa menurun performanya. Namun bila masih dalam hitungan bulan dengan jarak tempuh spesialuntuk beberapa ribu km, contohnya gres 2 bulan dengan jarak tempuh gres 2000km aki gres diganti sudah tujung lagi, niscaya ada problem pada sistem elektrikal motor yang kalian miliki.

Hal yang sanggup menjadikan aki praktis tujung biasanya lantaran regulator / kiprok motor yang berfungsi sebagai penyearah dan pembatas tegangan mengalami kerusakan, sehingga pengisian aki pun menjadi terganggu. Rusaknya kiprok ini biasanya dikarenakan faktor kualitas kiprok itu sendiri maupun lantaran faktor usia.

Penyebab aki motor praktis tujung selanjutnya disebabkan adanya kebocoran didalam rangkaian kelistrikan motor. Hal ini biasanya lantaran adanya modifikasi di pecahan kelistrikan yang dilakukan secara sembarangan, Sehingga walaupun kondisi motor sudah dimatikan, energi listrik yang tersimpan didalam aki tetap terpakai.

Selain itu penerapan alat kelistrikan yang diluar standar juga sanggup membuat aki motor jadi praktis tujung, contohnya bohlam yang seharusnya 25 watt diganti dengan bohlam 35 watt.

Baca mekarik lainnya : Bisakah aki kering di cas ? cari tahu disini yuk . . .

Nah jikalau ada diantara kalian yang mengalami problem aki motor yang gres beberapa bulan diganti sudah ngedrop lagi, siapa tahu ada problem baik dibagian sistem pengisian aki, adanya modifikasi di pecahan sistem elektrikal, atau anda menggunakan komponen yang diluar standar pabrikan. Untuk perbaikan anda sanggup mengecek ulang modifikasi kelistrikan yang pernah kalian lakukan, serta menyelidiki apakah kiprok dalam keadaan manis atau sudah rusak. Semoga bermanfaa.



Tag : aki
0 Komentar untuk "Berapa Usang Usia Aki Kering Motor ?"

Back To Top