Perbedaan Ban Jenis H/T A/T Dan M/T Pada Mobil

Perbedaan ban H/T A/T Dan M/T -  Tiap produsen ban tentu saja akan mengklasifikasikan ban produksi mereka dengan menerapkan banyak sekali arahan berupa angka dan juga huruf, salah satunya ialah ban yang mempunyai arahan H/T, A/T dan juga M/T yang biasanya tercetak pada dinding ban. Apakah arti dari ketiga arahan ini ? Dan untuk apa saja penerapannya ? Yuk kita simak klarifikasi dibawah ini.

Tiap produsen ban tentu saja akan mengklasifikasikan ban produksi mereka dengan menerapkan Perbedaan Ban Jenis H/T A/T Dan M/T Pada Mobil

Ban ialah pecahan yang tak akan pernah terpisahkan dari sebuah kendaraan, nah bagi para pengguna kendaraan beroda empat jenis SUV tentu saja ketiga arahan ban ini sudah tidak absurd lsgi ditelinga anda. Bahkan beberapa brand ban pun dikenal jua sebagai istilah HT, AT ataupun MT, yang biasanya tercetak di pecahan dinding ban dan dari ketiga arahan inipun mempunyai arti, penjabaran serta kegunaannya masing masing.

Baca juga : Waspada ketahui imbas negatif cairan penambal ban otomatis

1. Ban jenis H/T

Kode HT atau H/T ialah akronim dari "Highway Tread" beberapa menyebutnya sebagai"Highway Terrain". Ban berkode H/T ini idealnya diaplikasikan ke kendaraan yang biasa melewati jalanan dengan komposisi 75% jalanan biasa dan 25% nya medan off-road.
Ban berkode HT mempunyai desain tapak yang paling hapus dibandingkan ketiganya, sehingga ban ini tergolong kedalam ban senyap yang tidak menghasilkan bunyi bising ketika dipakai di jalanan beraspal.

Karena desainnya yang mempunyai kendala paling minim terhadap aspal jalanan, selain tidak menjadikan bunyi yang bising, ban ini Juga membuat kinerja mesin lebih optimal sehingga irit materi bakar. Ban jenis H/T lebih diperuntukkan anda yang sering berkendara di lintasan aspal ataupuh perkotaan.


2. Ban jenis A/T

Ban berkode A/T mempunyai kepantidakboleh "All Terrain" dan sesuai dengan penamaannya ban ini mempunyai kemampuan untuk menjelajah tiruana medan jalanan baik itu jalanan aspal biasa atau on road, maupun di jalananoff road.

Tapak ban berkode A/T ini dibentuk lebih bernafsu dari ban jenis H/T sehingga dengan desain telapak ban yang demikian, kendaraan beroda empat yang memakai ban jenis ini sanggup lebih baik melahap jalanan off road jikalau dibandingkan dengan ban jenis H/T. Ban A/T ini didesain dengan formula 50% penerapan di jalanan biasa atau on road, dan 50% untuk penerapan medan off road. Ban ini lebih diperuntukkan bagi anda yang sering keluar masuk medan aspal maupun medan off road.


3. Ban jenis M/T

Ban berkode M/T ialah kepantidakboleh darj Mud Terrain, ban model ini jikalau dibandingkan dengan kedua jenis ban yang sudah dijelaskan diatas, mempunyai desain telapak ban dengan contoh dan gap yang besar. melaluiataubersamaini tapak ban yang besar ini maka baik itu lumpur ataupun salju yang menempel pada telapak ban sanggup dengan simpel terlepas sehingga kondisi tapak ban tetap membersihkan. Disamping itu desain contoh tapak ban yang menyerupai ini akan lebih berpengaruh mencengkeram permukaan jalan berlumpur.

Ban model M/T ini didesain dengan komposisi 75% jalanan off road dab 25% nya jalanan on road atau lebih diperuntukkan untuk kendaraan yang lebih banyak melintasi jalanan off road ketimbang on road. Walaupun ban ini bergotong-royong bisa dipakai untuk medan aspal jalan, namun daya cengkeram ban ini kurang begitu baik dan rawan slip Saat melewati jalanan aspal yang berair terguyur air hujan.
Selain itu ban yang diciptakan lebih banyak melewati jalanan off road jikalau dipakai lebih banyak melenggang di jalanan aspal, membuat ban akan lebih simpel habis, dan ban model ini mengeluarkan bunyi yang bising ketika dipacu di jalanan beraspal dan boros materi bakar.

Baca juga : Ketahui penyebab bunyi pada ban kendaraan beroda empat ketika belok

Nah dari ketiganya bisa ditarik kesimpulan bahwa bila anda lebih banyak berkendara di jalanan perkotaan yang beraspal, pilihlah ban berkode H/T. Bila kendaraan yang kalian gunakan antara jalanan off road maupun on road sama porsi nya maka ban jenis A/T ialah pilihan yang tepat. Serta bagi kalian pecinta off road, pastikan memakai ban berkode M/T pada kendaraan beroda empat anda. Semoga bermanfaa dan silahkan dibagikan artikel ini.



Tag : ban
0 Komentar untuk "Perbedaan Ban Jenis H/T A/T Dan M/T Pada Mobil"

Back To Top