Penyebab Mesin Kendaraan Beroda Empat Pincang Dikala Di Rem

Mesin pincang ketika injak rem - didalam sistem pengereman kendaraan beroda empat terdiri dari berbagai komponen yang satu dan lainnya saling bekerjasama / berkaitan, dan urutan dari proses pengereman ini dimulai dari menginjak pedal rem, kemudian diteruskan ke boster rem / rem boster, selanjutnya dari boster ini dilanjutkan ke master rem. Nantinya master rem akan mendorong minyak rem menuju ke rem yang terpasang di ke empat roda mobil.

 didalam sistem pengereman kendaraan beroda empat terdiri dari berbagai komponen yang satu dan lainnya Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat Di Rem

Untuk persoalan yang sering terjadi pada sistem rem juga banyak sekali, diantaranya ibarat rem kendaraan beroda empat blong, rem kendaraan beroda empat kurang pakem, rem kendaraan beroda empat suara berdecit, rem kendaraan beroda empat bergetar hingga dengan persoalan yang sedikit rumit, yakni mesin kendaraan beroda empat jadi bergetar alias pincang ketika pedal rem di injak. Lalu apa sih hubungan pedal rem yang sanggup mempengaruhi kinerja mesin kendaraan beroda empat ? Nah pada peluang kali ini penulis akan menunjukan kenapa ketika pedal rem di injak sanggup membuat mesin kendaraan beroda empat menjadi pincang.

Baca menarikdanunik lainnya : Penyebab pedal rem terasa keras ketika di injak

Penyebab mesin bergetar ketika di rem

Dari sekian banyak komponen yang disebutkan diatas, ada salah satu komponen yang mempunyai hubungan dengan mesin kendaraan beroda empat ialah boster rem / rem boster, dimana komponen rem boster ini memanfatkan kevakuman udara didalam akses intake sistem engine untuk dimanfaatkan sebagai penambah daya ( boster ) rem sehingga pedal rem menjadi lebih enteng ketika di injak. melaluiataubersamaini begitu maka semoga memperoleh kinerja yang manis maka akses vakum ini dihentikan ada kebocoran, untuk lebih jelasnya silahkan lihat bagan gambar dibawah ini.

 didalam sistem pengereman kendaraan beroda empat terdiri dari berbagai komponen yang satu dan lainnya Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat Di Rem

Dari gambar diatas terlihat didalam tabung boster ini terdapat dua buah ruangan yang di sekat dengan sebuah membran karet, pada ruangan yang berwarna hijau yaitu ruangan yang terdapat kevakuman udara dimana tekanan udara didalamnya lebih rendah dibandingkan tekanan udara atmosfir, sehingga ketika pedal rem diinjak, maka udara yang divakumkan ini akan ikut menarikdanunik membran dan juga batang pushrod yang selanjutnya daya drong ini dilanjutkan ke master rem sehingga pedal rem akan terasa enteng.

Nah bila terdapat kebocoran baik melalui sekat membran / diafragma ataupun keretakan pada selang vacum, akan membuat udara dari luar sistem masuk kedalam ruang vacum dan selanjutnya akan ikut tersedot dari ruang vacum kedalam selang menuju intake, sedangkan selang vacum ini sendiri didalam intake posisinya berada dibawah katup throttle sehingga udara yang bocor tadi akan ikut masuk kedalam ruang bakar tanpa melewati throttle ( terjadi bypass udara ) sehingga nantinya komposisi udara didalam ruang bakar menjadi jauh lebih banyak ketimbang jumlah materi bakar yang masuk. Dan hal ini kemudian sanggup menimbulkan mesin menjadi pincang ketika pedal rem di injak.

Selain membuat mesin kendaraan beroda empat menjadi pincang an bergetar tidak beraturan, kebocoran didalam sistem kevakuman ini juga mengakibatkan pedal rem terasa lebih keras dari kondisi normal biasanya akhir hilangnya tenaga hisap dari ruang vakum yang memmenolong menarikdanunik pushrod.

Baca juga : Berbagai penyebab kerusakan pada booster rem mobil

Nah bila kalian pernah mengalami mesin pincang atau bergetar ketika pedal rem di injak, silahkan lakukan investigasi pada komponen rem boster ini, dan bila dijumpai adanya kebocoran silahkan lakukan perbaikan jikalau masih sanggup diperbaiki, dan lakukan penggantian jikalau kerusakan tidak memungkinkan untuk di repair. Semoga bermanfaa.



Tag : sistem rem
0 Komentar untuk "Penyebab Mesin Kendaraan Beroda Empat Pincang Dikala Di Rem"

Back To Top