Jenis Rem Abs Anti Locking Brake System

Mengenal jenis rem ABS mobil - sehabis kemarin kita pernah mengulas beberapa hal wacana rem ABS ibarat fungsi dari rem ABS, mengetahui penyebab sensor ABS kendaraan beroda empat menyala, dan juga wacana tingkat keselamatan berkendara, pada peluang kali ini kita akan serius mengulas terkena jenis jenis dari rem ABS yang ada pada sebuah mobil.

 sehabis kemarin kita pernah mengulas beberapa hal wacana rem ABS ibarat fungsi dari rem Jenis Rem ABS Anti Locking Brake System



1. Rem ABS dengan 4 Sensor 4 dan Channel ( Independent Control )

Jenis ABS ini memiliki empat wheel sensor dan 4 hydraulic controlchannel dan masing-masing mengontrol secara tersendiri. Sistem ini memiliki tingkat keamanan dan jarak pemberhentian yang lebih pendek di aneka macam macam kondisi jalan. Namun apabila permukaan jalannya licin, besar gaya rem antara kanan dan kiri yang tidak rata akan menyebabkan terjadi gerakan Yawing pada bodi kendaraan sehingga dapat mengurangi kestabilan. Karena itulah, kebanyakan kendaraan beroda empat yang dilengkapi dengan tipe 4 channel ABS memasukkan satu select low logic pada roda belakang biar kendaraan beroda empat tetap stabil, di aneka macam macam kondisi jalan.

2. Rem ABS dengan 4 Sensor dan 3 Channel ( Roda depan : Independent, Roda belakang : Select low )

Dipakai untuk kendaraan beroda empat FF (Front Engine Front driving), kebanyakan berat kendaraan terpusat di roda depan dan berat titik tengah kendaraan ketika direm juga berpindah ke depan hampir 70%, gaya pengereman ini dikontol oleh roda depan. Artinya ialah kebanyakan tenaga pengereman dibangkitkan oleh roda depan, sehingga biar ABS dapat efektif, maka dibutuhkan pengaturan tersendiri ( independent control) pada roda depan. Namun demikian, roda belakang yang gaya pengeremannya lebih sedikit, juga sangat penting untuk memastikan kendaraan kondusif ketika dilakukan pengereman. Karena itulah apabila ketika ABS roda belakang bekerja di permukaan jalan yang licin, maka independent control pada roda belakang mengatur biar gaya pengereman roda-roda belakang tidak merata sehingga kendaraan beroda empat mengalami yawing. Untuk menhindari gerakan yawing ini dan untuk menjaga biar kendaraan beroda empat tetap kondusif ketika ABS bekerja di aneka macam kondisi jalan, maka tekanan rem roda belakang diatur menurut kecenderungan roda mana yang mengalami Lock-Up. Konsep pengaturan ini dikenal dengan ‘Select-low control’.

3. Rem ABS dengan 3 Sensor dan 3 Channel ( Roda depan:  Independent, Roda belakang : Select Control )

Mobil yang dilengkapi dengan H-brake line sistem memiliki sistem kontrol ABS jenis ini. 2 channel untuk roda depan dan satunya lagi untuk roda belakang. Roda belakang dikontrol bersama dengan select low control logic. Untuk X-brake line sistem, dibutuhkan 2 channels (2 brake port di dalam unit ABS) untuk mengatur roda belakang dikarenakan masing-masing roda belakang memiliki jalur rem yang tidak sama.

4. Rem ABS dengan 1 Sensor dan 1 Channel ( Roda belakang : Select Low Control )

Dipakai untuk kendaraan beroda empat yang dilengkapi dengan H-brake line sistem, spesialuntuk untuk mengontrol tekanan roda belakang. Pada rear differential dipasang satu wheel speed sensor yang berfungsi untuk mendeteksi kecepatan roda. Teknik kerjanya ialah ketika dilakukan pengereman mendadak roda depan akan terkunci, sehingga kestabilan kemudi kendaraan beroda empat akan hilang dan jarak henti pada permukaan jalan yang memiliki daya gesek rendah (low) juga akan bertambah jauh. Sistem ini spesialuntuk akan memmenolong untuk penghentian lurus.

Sumber : academia.edu

Nah itulah beberapa jenis rem ABS yang dapat kalian ketahui, semoga bermanfaa. Dan beberapa baris artikel kami terlampau ini silahkan juga dibaca siapa tahu lebih bermanfaa.






Tag : sistem rem
0 Komentar untuk "Jenis Rem Abs Anti Locking Brake System"

Back To Top